DOKTERCANTIK.COM – Bacne atau back acne merupakan istilah yang ditujukan pada jerawat yang tumbuh di bagian punggung. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menderita jerawat wajah yang paling mungkin untuk menderita bacne. Namun, bacne cukup sulit diobati karena tidak mudah terlihat dan sulit dijangkau.

Penyebab utama jerawat adalah ketidakseimbangan hormon. Jerawat muncul selama periode pubertas karena sekresi hormon berlebih, seperti estrogen dan testosteron. Stres, kurang tidur, gaya hidup yang tidak higienis, kebiasaan makan yang buruk dan jadwal sibuk adalah beberapa alasan lain yang dapat menyebabkan jerawat.

Berikut adalah beberapa pengobatan alami yang akan membantu Anda tahu bagaimana untuk menyingkirkan jerawat di punggung atau bacne. Kunjungi dokter kulit sebelum Anda mencoba salah satu obat yang disebutkan di bawah.

19 Solusi Alami dan Jitu Menyingkirkan Bacne

1. Baking Soda

Baking soda adalah exfoliator alami yang membuka pori-pori kulit dan menyeimbangkan kadar pH kulit. Selain itu, baking soda memberikan efek antiseptik dan anti-inflamasi.

Untuk menghilangkan bacne, cairkan baking soda dengan air dalam rasio 3: 1. Oleskan pasta pada punggung dan biarkan selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

Atau, campurkan dua sendok makan baking soda, air dari setengah lemon, satu sendok teh bubuk kayu manis dan lima sendok makan madu, dan oleskan pada daerah jerawat.

2. Lemon Juice

Lemon mengandung asam sitrat, yang sangat ideal untuk pengobatan jerawat. Ini membantu membuka pori-pori dan membersihkannya. Peras lemon dalam mangkuk dan oleskan dengan kapas pada daerah jerawat. Biarkan selama beberapa jam dan kemudian cuci dengan air hangat.

Selain itu, Anda dapat mengisi bak mandi dengan air dan tambahkan air mawar dan jus lemon dalam porsi yang sama. Berendamlah selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

3. Oatmeal

Ambil secangkir oatmeal masak. Tambahkan setengah sendok teh jus lemon dan satu sendok teh madu. Campuran dan gosok campuran pada daerah jerawat dengan menggunakan ujung jari Anda. Biarkan setengah jam dan kemudian mencucinya dengan air hangat. Lakukan ini setidaknya dua kali seminggu.

4. Tomat

Tomat bersifat asam dan mengandung sifat pemutihan alami. Potong tomat menjadi setengah dan buat pasta. Gosokkan pada jerawat. Biarkan selama 15 menit dan kemudian mencucinya dengan air hangat.

Masker Kunyit Untuk Perawatan Rambut dan Kulit Wajah

5. Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang kuat yang tidak hanya menambah rasa masakan, tapi meredakan beberapa masalah kulit. Kunyit memiliki sifat antiseptik dan exfoliating yang efektif menyembuhkan masalah jerawat.

Tambahkan dua sendok makan bubuk kunyit untuk satu sendok makan krim susu. Campur kedua bahan. Oleskan pada bacne dan biarkan sampai mengering. Lakukan ini setidaknya dua kali seminggu untuk hasil yang efektif.

6. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antijamur dan antibiotik yang mengurangi jerawat dan mengurangi bekas luka. Hancurkan beberapa siung bawang putih untuk membuat pasta. Oleskan pasta pada bagian punggung dan biarkan selama beberapa jam. Cuci dengan air hangat.

7. Minyak Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan di alam yang mengurangi bekas jerawat dan menjaga sel-sel kulit untuk melawan penuaan. Ambil minyak dari kapsul vitamin E dan oleskan pada bekas luka jerawat dengan menggunakan ujung jari Anda. Biarkan semalam dan mencucinya di pagi hari dengan air. Lakukan ini sekali dalam seminggu.

8. Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung retinol yang merevitalisasi kulit dan menghapuskan sel-sel mati. Kandungan vitamin C dalam jeruk membantu meringankan warna kulit.

Keringkan beberapa kulit jeruk di bawah sinar matahari. Kemudian, giling kulit kering di mixer untuk membuat bubuk halus. Tambahkan air atau gliserin untuk membuat pasta. Oleskan pada punggung dan biarkan kering sepenuhnya. Cuci dengan air biasa. Anda dapat melakukan ini setiap hari.

9. Mentimun

Mentimun melembabkan kulit dan mengembalikan lapisan alaminya. Selain itu, mentimun meringankan bekas luka bacne juga. Ekstrak jus dari dua ketimun dan bilas punggung Anda dengan jus ini dua kali sehari.

Atau, buat pasta tebal mentimun dan oleskan pada punggung Anda. Biarkan selama 15 menit. Cuci dengan air biasa. Ikuti obat ini setiap hari untuk hasil yang lebih baik.

6 Khasiat Madu untuk Kulit Wajah

10. Madu

Bakteri dan anti anti oksidan dalam madu membantu menyingkirkan bekas jerawat pada punggung. Oleskan madu mentah di daerah rawan jerawat dan biarkan kering. Bersihkan dengan air. Lakukan ini dua kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

11. Kentang

Vitamin C dalam kentang mengontrol produksi kolagen. Selain itu, kentang mengandung niacin dan vitamin B yang meregenerasi sel-sel kulit. Ambil kentang besar dan mengupasnya. Parut kentang dan pijat punggung dengan mash potato. Biarkan selama beberapa menit. Biarkan hingga kering dan kemudian cuci dengan air hangat.

12. Nanas

Nanas mengandung bromelain, suatu senyawa yang bekerja sebagai agen anti-inflamasi. Selain itu, asam askorbat dalam nanas mengurangi bekas luka. Cukup ekstrak jus dari irisan nanas. Oleskan jus di bagian punggung menggunakan bola kapas. Biarkan tinggal selama 25-30 menit dan kemudian mencucinya. Lakukan ini setiap hari untuk menyingkirkan bekas jerawat.

13. Pala

Pala digunakan untuk beberapa perawatan kulit, karena memiliki anti-jamur, anti-bakteri, dan anti-inflamasi. Ini membantu meringankan bekas jerawat dan membasmi jerawat. Ambil bubuk pala, madu dan kayu manis dan campuran semua bersama-sama. Oleskan pada bekas luka dan bersihkan setelah 30 menit.

14. Cuka sari apel

Encerkan satu sendok makan cuka sari apel dalam satu sendok makan air. Oleskan bola kapas dalam larutan dan menerapkannya pada jerawat. Biarkan selama beberapa jam dan kemudian mencucinya dengan air hangat.

Ampas Teh untuk Perawatan Kulit Wajah dan Kulit Kepala

15. Kantong Teh

Ini adalah obat yang sangat baik untuk menyingkirkan bekas jerawat punggung. Potong kantong teh yang mengandung teh hijau dan tuangkan ke dalam mangkuk. Tambahkan satu sendok teh kayu manis, garam laut dan gula.

Tuangkan sedikit minyak kelapa untuk membuat pasta. Oleskan pasta dan pijat dengan lembut selama beberapa menit. Cucinya dengan air hangat.

16. Garam Laut

Garam laut mengontrol penumpukan bakteri pada kulit. Isi setengah bak mandi dengan air hangat. Tambahkan 3 cangkir garam laut. Rendam tubuh Anda dalam air selama setengah jam.

Tergantung pada seberapa banyak adalah jerawat Anda, Anda dapat melakukan ini sekali atau dua kali dalam sehari.

Atau, Anda juga bisa menggunakan garam Epsom sebagai pengganti.

17. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh sangat baik untuk mencegah bacne. Bahan ini bersifat analgesik, anti-inflamasi, antiseptik, anti-bakteri dan anestesi untuk membunuh bakteri dan menghaluskan kulit.

Campurkan 1 sendok teh minyak cengkeh dan 10 sendok teh minyak esensial (seperti minyak bunga matahari). Celupkan bola kapas dalam minyak atau menggunakan ujung jari Anda untuk menerapkan minyak di bagian punggung.

18. Pasta gigi

Ini adalah salah satu cara termudah untuk menyingkirkan jerawat dalam semalam. Pasta gigi membantu mengeringkan jerawat dan juga mengurangi pembengkakan. Oleskan pada daerah rawan jerawat, sebelum Anda tidur dan bilas keesokan harinya.

19. Aloe Vera

Aloe Vera dapat menyembuhkan jerawat dalam beberapa hari. Ini juga menghilangkan bekas luka. Ekstrak gel dari daun lidah buaya atau beli gel dari toko obat. Oleskan gel pada bagian punggung dan biarkan selama beberapa menit. Cuci dengan air. Lakukan ini dua kali dalam sehari untuk hasil yang lebih baik.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»