Obat Tradisional untuk Mata Perih dan Gatal

Obat Tradisional untuk Mata Perih dan GatalMata adalah jendela jiwa. Setiap orang mendambakan memiliki sepasang mata yang indah untuk diperlihatkan kepada siapapun yang memandang.

Mata juga merupakan salah satu panca indera kita, keindahan dunia hanya bisa kita lihat dengan sepasang mata yang diciptakan Tuhan pada kita. Untuk itu, penting bagi siapapun untuk menjaga kesehatan mata.

Namun kadangkala, disebabkan oleh aktivitas dari kesibukan kerja, kita tidak menyadari hal-hal yang dapat membuat mata lelah, perih dan gatal. Tentu dari pembaca juga pernah atau malah sering mengalaminya, bukan?

Mata perih dan gatal sering disebabkan oleh efek samping obat, perubahan hormon akibat menopause, penggunaan lensa kontak, penyakit autoimun seperti artritis rematik, lupus, lelah menonton televisi, melihat komputer, dan faktor lingkungan.

Lalu kira-kira apa obat tradisional untuk mata perih dan gatal?

Daun Sirih

Daun sirih sering digunakan sebagai obat sakit mata. Daun ini dikategorikan sebagai obat herbal sebab dalam pembuatannya tidak memakai bahan kimia apapun, semua murni dari alam bahkan sampai peramuannya. Obat ini disebut-sebut sebagai obat yang paling efektif dalam mengobati sakit mata.

Berikut langkah-langkah meramu daun sirih menjadi obat tradisonal:

  1. Cuci daun sirih terlebih dahulu, kemudian rebus dengan sedikit garam sampai mendidih.
  2. Jika telah mendidih, angkat dan tunggu hingga dingin
  3. Saringlah air rebusan daun sirih tadi ke dalam wadah bersih.
  4. Kemudian cuci mata Anda yang sakit dengan air tadi. Usahakan cuci mata 3 kali sehari agar mata lekas sembuh.

Selain untuk mata merah, daun sirih ini juga sangat efektif buat untuk mengatasi mata yang gatal dan perih.

Herba Bilberry 

Ekstrak buah bilberry dapat mengobati mata sebab mengandung anthocyanin yang dapat memberikan efek antioksidan, melancarkan sirkulasi darah pada mata dan melindungi sel saraf mata.

Bilberry digunakan khususnya untuk mempertajam pengelihatan malam hari. Namun, herba ini umumnya tersedia dalam bentuk tablet, dengan kandungan anthocyanin yang dianjurkan 10 – 15 mg dikonsumsi tiga kali sehari.

Irisan Ketimun

Jika mata Anda gatal, coba iris beberapa ketimun dingin dan taruh di mata Anda untuk membuat mata lebih rileks dan segar. Sebagai informasi, ketimun mengandung anti-iritasi yang dapat mengurangi gatal pada mata.

Susu Murni

Mungkin Anda pernah melihat seorang Ibu yang sedang menyusui, memberikan beberapa tetes susu pada bayinya yang sedang sakit mata. Itu karena susu merupakan salah satu obat alami untuk menyembuhkan mata merah dan gatal. Tapi untuk kita, cukup ambil sedikit susu dengan kapas dan taruh di atas mata, hal itu cukup untuk menyembuhkan mata bila dilakukan secara rutin.

**********

Nah, itulah tadi beberapa obat tradisional untuk mata perih dan gatal. Semoga bermanfaat bagi pembaca.




  • Pingback: Cara Mengatasi Mata Perih dan Berair()

  • eca rafifi

    mataku suka merah dan gatal

  • http://www.facebook.com/muhtar.setthya Muhtar Setthya

    berguna banget ni. kebetulan lagi ga’enak mata nii…

  • Elma

    Thanks infonya..

  • Nasrul makdis

    terima kasih infonya, karena saya saat ini sakit mata yang kata dokter saya mata saya kena virus herpes

  • Budy Iput

    terimakasih infonya, mau dicoba ne daun sirih

  • andhyy

    mata aku sering tiba tiba gatal setelah kena debu, semakin di garuk semakin gatal pula .
    apakah obatnya ? ?