DOKTERCANTIK.COM – Sebagian besar orang menderita obesitas dan kemudian mulai melakukan olahraga rutin untuk meluruhkan lemak berlebih dalam tubuh. Sebaliknya, beberapa orang berusaha untuk menambah berat badan. Sosok ramping adalah impian bagi sebagian orang, sementara orang lain yang memiliki penampilan yang terlalu kurus juga mendambakan tubuh yang ideal.

Ketika berat badan yang sebenarnya adalah 10 sampai 20 persen lebih rendah dari berat badan ideal, anda akan dianggap kekurangan berat badan. Beberapa penyebab umum seseorang kekurangan berat badan adalah stres emosional, melewatkan makan, faktor genetik, kurang tidur, aktivitas fisik yang berlebihan, sistem pencernaan lemah, kurang gizi, TBC, kanker, diabetes, hipertiroidisme, ketidakseimbangan hormon, atau anoreksia.

Selain itu, kurang nafsu makan, kelemahan dan kelelahan adalah gejala lain dari penurunan berat badan yang terus-menerus. Penurunan berat badan yang terjadi terus menerus merupakan masalah besar. Namun hal ini dapat diobati dengan beberapa perubahan pola makan dan menerapkan pengobatan alami untuk menambah berat badan tanpa khawatir dengan efek samping yang mungkin timbul, berikut ini ulasannya.

Resep Alami Menambah Berat Badan Tanpa Efek Samping

1. Susu Almond 

Dua gelas susu mengandung sekitar 14 gram protein sedangkan lemak tak jenuh ganda dalam almond menambahkan kalori ekstra ketika dimasukkan dalam pola makan sehari-hari.

Hancurkan segenggam almond dan tambahkan ke dalam susu mendidih. Didihkan selama lima menit. Anda dapat mempermanis dengan sedikit gula. Kemudian, tuangkan dalam gelas dan meminumnya perlahan-lahan. Untuk membuatnya lebih efektif, Anda dapat menambahkan kurma dan buah ara kering dalam susu mendidih. Minum dua kali sehari selama dua bulan.

2. Pisang

Pisang adalah penguat energi instan dengan banyak kalori. Oleh karena itu, Anda harus mengkonsumsi pisang untuk menambah berat badan. Makan satu buah pisang saat sarapan Anda diikuti dengan segelas susu hangat.

3. Peanut Butter

Jika Anda berusaha keras untuk menaikkan berat badan beberapa kilogram, maka konsumsilah peanut butter bersama dengan roti panggang atau sepotong roti gandum. Anda juga dapat mempersiapkan sandwich selai kacang atau menambahkannya ke milkshake untuk mendapatkan beberapa kalori ekstra.

4. Kentang

Kentang sarat dengan karbohidrat, kentang membantu dalam menambah berat badan. Konsumsi secara teratur dalam bentuk apapun menambah berat badan ekstra untuk tubuh. Misalnya, kentang panggang atau kentang bakar terbukti membantu.

Anda juga bisa makan kentang goreng dua kali seminggu. Atau, siapkan salad dari kentang rebus dan gabungkan dengan mayones, buttermilk, dan sayuran.

5. Kacang

Kacang mengandung serat, karbohidrat dan protein. Berbagai macam kacang yang tersedia; misalnya, kacang merah, kacang hitam, kacang kedelai, kacang lima, kacang merah, dan kacang hijau. Makan kacang dalam salad segar atau konsumsi sup kacang setiap hari selama dua bulan.Cara Cegah Penyakit dengan Mengukur Berat Badan

6. Mangga

Konsumsilah milkshake mangga. Minum dua kali sehari selama sekitar 30 hari. Anda pasti akan melihat hasil yang positif. Mangga adalah sumber yang kaya vitamin dan mineral, tetapi rendah kalori. Jadi, pertimbangkan meminum segelas susu setelah makan mangga.

7. Telur

Telur adalah paket lengkap yang mengandung kalori, protein, lemak, mineral dan vitamin yang membuatnya menjadi makanan yang sangat baik untuk ornag yang kekurangan berat badan. Ini membantu membangun otot tubuh dan memberikan energi ekstra. Bagian putih telur bisa dimakan tiga kali sehari. Putih telur orak-arik atau omelet dapat dimasukkan dalam sarapan Anda setiap hari.

8. Mentega dan Gula

Ambil jumlah yang sama dari gula dan mentega. Campur dengan baik dan makan 30 menit sebelum makan. Anda dapat menambahkan kacang untuk rasa. Lakukan ini selama satu bulan.

9. Kismis dan Buah Ara

Buah ara yang sarat dengan lemak tak jenuh ganda dan kismis mengandung asam lemak esensial yang tentu akan menambah kalori yang dibutuhkan untuk diet Anda. Rendam enam buah ara kering dan tiga puluh gram kismis dalam air. Tinggalkan semalam. Konsumsilah saat siang hari. Lakukan ini selama 30 hari untuk menambah berat badan.

10. Yogurt

Yogurt adalah bahan yang kaya protein sehingga yoghurt dapat meningkatkan berat badan. Konsumsilah semangkuk yogurt setiap hari dengan tambahan gula untuk menaikkan berat badan dengan cepat.

Panduan Menggunakan Obat Penurun Berat Badan

11. Unggas

Masak unggas dan daging dalam minyak yang sehat dan makan dalam menu harian Anda untuk meningkatkan berat badan. Namun, mengkonsumsi produk unggas dalam bentuk goreng dapat berbahaya bagi tubuh Anda.

12. Mie dan Pasta

Kedua makanan ini sarat dengan banyak karbohidrat dan lemak yang mengisi tubuh dengan nutrisi penting, mineral dan protein. Dengan demikian, bahan ini dapat meningkatkan jumlah kalori harian. Mie dan pasta bisa dimasak dengan mudah. Anda juga bisa menambahkan ayam dan sayuran untuk itu.

13. Kerupuk dan Bagel

Kedua kudapan ini sangat baik untuk menaikkan berat badan. Kerupuk dan bagel terbuat dari gandum, dedak dan wijen yang menambah karbohidrat untuk diet. Tambahkan madu, selai atau selai kacang untuk beberapa kalori ekstra.

14. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang sangat bergizi dan penuh kalori. Buah ini berisi lemak sehat yang baik untuk jantung dan vitamin E, asam folat, dan potasium. Anda dapat menyertakan alpukat dalam salad Anda, sandwich, atau memakannya begitu saja.

15. Jahe

Jahe dapat mengobati gangguan pencernaan apapun dan menyembuhkan sakit perut. Selain itu, jahe merangsang nafsu makan yang sangat efektif dan membantu menaikkan berat badan. Parut jahe saat memasak makanan Anda atau menyeduh secangkir teh jahe. Anda juga dapat memakan jahe dalam irisan yang kecil.

Diet Sehat

16. Keju

Keju dikemas dengan protein, kalsium, dan lemak, sehingga membantu Anda mendapatkan berat badan yang sehat. Satu porsi keju dapat memberikan cukup kalori untuk tubuh Anda. Pilih keju cottage karena mengandung protein kualitas tinggi dan kasein, yang membutuhkan waktu untuk dicerna, dan dengan demikian, menyebabkan kenaikan berat badan. Untuk hasil cepat, makanlah sebelum waktu tidur.

17. Asparagus

Ambil 2-5 gram bubuk asparagus dan tambahkan ke susu mendidih. Selanjutnya masukkan sesendok mentega. Minum ramuan ini dua kali sehari selama dua bulan untuk melihat hasil yang nyata.

18. Ginseng India (Withania somnifera)

Ramuan kuno ini digunakan dalam pengobatan Ayurveda dan dikemas dengan beberapa sifat penyembuhan. Isi gelas dengan susu hangat. Tambahkan satu sendok makan mentega dan dua sendok makan bubuk ginseng india. Aduk dengan baik dan minum sekali sehari selama 30 hari.

19. Akar Dandelion

Nutrisi dalam ramuan ini membantu menambah berat badan tubuh dan meningkatkan nafsu makan. Untuk mendapatkan manfaatnya, siapkan rebusan dalam secangkir air dan meminumnya. Tambahkan madu atau gula untuk mempermanis rasa pahit. Selain itu, ramuan ini mengobati sembelit, batu empedu, dyspepsia dan memperbaiki pencernaan.

20. Teh Chamomile

Ramuan ini secara efektif meningkatkan nafsu makan Anda dan mengatasi masalah kekurangan berat badan. Seduh secangkir teh dari ekstrak chamomile dan lihat perubahan nyata dalam kenaikan berat badan Anda.

21. Licorice

Ambil 1-5 gram akar licorice kering dan rebus dalam air. Kemudian minum 3 kali sehari. Konsultasikan dengan dokter untuk dosis yang tepat.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»