Penyebab Utama Rambut Gatal dan Cara Mengatasinya

DOKTERCANTIK.COM – Pernahkah kamu mengalami  gatal pada rambut? Bagi sebagian orang, gatal pada rambut rupanya lebih menjengkelkan daripada gatal pada kulit. Kenapa? Karena seringkali tampilan rambut kita  rusak akibat menggaruk kepala.

Menggaruk kepala juga bukan merupakan sebuah hal yang baik jika dihubungkan dengan penampilan. Jika rambut gatal dan digaruk, otomatis penampilan kamu yang sebelumnya maksimal menjadi berantakan dan tidak enak dilihat. Tidak mau hal tersebut terjadi bukan?

Ada baiknya, mencegah dengan mengetahui penyebab rambut gatal. Secara umum ada dua penyebab utama yang membuat rambut gatal yaitu ketombe dan kutu rambut. Nah simak ulasan tentang penyebab rambut gatal dan cara mengatasinya, berikut ini:

Penyebab Utama Rambut Gatal dan Cara Mengatasinya

Pertama, ketombe

Faktor kebersihan merupakan faktor utama penyebab berseminya ketombe dikepala. Kurang memperhatian kebersihan rambut,  menutup kepala sepanjang waktu ataupun beraktivitas di matahari yang terik membuat rambut mengeluarkan minyak atau keringat.

Nah, minyak yang tidak dibersihkan tersebutlah yang akhirnya menjadi jamur dan berubah menjadi ketombe yang membuat rambut gatal. Tidak hanya gatalnya yang membuat jengkel, tapi serbuk-serbuk putihnya yang  bermunculan di kepala bahkan sampai di pakaian tentunya bukanlah sebuah pemandangan yang bagus.

Untuk mengatasi serpihan-serpihan  putih biangnya gatal ini, kita bisa mencoba ramuan-ramuan masker alami untuk mengatasi ketombe berikut :

Masker rambut dari pisang dan lidah buaya

Ramuan bahan alami pertama yang bisa kita gunakan adalah  masker pisang dan lidah buaya.Bahan alami yang  kita butuhkan adalah buah pisang dan lidah buaya.  Pisang dan buaya  memiliki kandunga antioksidan sehingga bisa menghentikan kerja jamur menyebab ketombe.

Pisang dan lidah buaya juga bisa melembabkan kulit kepala kita dengan baik sehingga tidak lagi rentang berketombe. Sebagaimana kita membuat masker, haluskan kedua bahan tersebut dengan blender lalu balurkan pada seluruh rambut. Tutup dengan menggunakan handuk dan dikeramaskan setelah 15 menit.

Menggosokan jeruk nipis

Cara kedua menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis juga mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan kekuatan membersihkan yang ampuh. Jeruk nipis bisa mengangkat ketombe yang ada pada rambut, juga yang menempel  pada rambut.

Caranya pun sangat praktis. Kamu tinggal membelah jeruk nipis menjadi dua dan menggosokkannya pada rambut dan kulit kepala.  Jangan lupa keramas setelahnya ya.

Menjaga kebersihan rambut

Hal yang paling penting dalam mencegah dan menghilangkan  ketombe tentunya adalah selalu menjaga kebersihan rambut  dengan cara keramas setidaknya  dua hari sekali. Hal ini untuk membersihkan kepala dari kotoran, debu dan minyak yang menempel di kepala agar tidak diinfeksi jamur dan menjadi jerawat.

Penyebab Utama Rambut Gatal dan Cara Mengatasinya

Kedua, kutu rambut

Penyebab rambut kedua yang juga sering dialami adalah adanya kutu rambut dikepala. Kutu merupakan binatang kecil parasit yang hidup dengan cara menghisap darah. Yang menyebabkan rasa gatal pada rambut adalah air liur kutu yang tertinggal sewaktu mereka menghisap darah.

Kutu biasanya didapatkan karena pindah dari orang lain tidur dengan kita. Tidak hanya menimbulkan gatal, keberadaan kutu dikepala juga sangat menjijikkan. Makanya mempunyai kutu rambut jauh lebih  membuat seseorang tertekan daripada mempunyai ketombe.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kutu tersebut?

Menyisirnya agar jatuh

Cara pertama yang banyak dilakuan nenek dan orang tua kita adalah dengan menyisirnya dengan menggunakan sisir khusus. Sisir kutu ini mempunyai gigi-gigi yang sangat rapat dengan maksud kutu yang ada di kepala  bisa jatuh saat menyisirkannya pada rambut.

Memakai obat kimia penghilang kutu

Jika kutu masih ada, maka jangan beri ampun kutu dengan membiarkannya terus berkembang dan semakin banyak. Saat ini ada obat tertentu untuk membasmi kutu. Kamu bisa menemukannya di apotik dan membasminya dengan obat tersebut.

**

Nah, kira-kira ketombe atau kutukah yang menyebabkan gatal di kepalamu? Kamu bisa mencoba tips-tips di atas untuk mengatasinya ya. Selamat mencoba.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *