4 Manfaat Rimpang Jahe Untuk Perawatan Kulit

DOKTERCANTIK.COM – Rimpang jahe selama ini populer sebagai bahan alami yang penggunaannya hanya untuk bumbu masakan atau sebagai obat herbal. Tapi ternyata, rimpang jahe juga bisa digunakan dalam merawat kecantikan dan menjaga kesehatan kulit anda. Khasiat utama jahe untuk perawatan kulit adalah ampuh dalam menghilangkan jerawat dan kadar minyak yang berlebih pada pori – pori kulit wajah.

Salah satu manfaat utama dari jahe adalah untuk perawatan kulit wajah yaitu ampuh buat menghilangkan jerawat dan kadar minyak pada pori – pori kulit wajah anda. Jahe kaya akan kandungan mineral yang sangat baik untuk mengurangi roduksi minyak berlebih pada wajah. Selain untuk perawatan kulit berminyak, ada beberapa manfaat lain dari rimpang jahe, seperti yang kami ulas berikut ini.

4 Manfaat Rimpang Jahe Untuk Perawatan Kulit

1). Menghilangkan sel – sel kulit mati

Rimpang jahe dapat dimanfaatkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah dan tubuh dengan cara membuatnya menjadi semacam lulur alami. Penggunaan secara rutin lulur alami ini akan menjadikan kulit jadi lebih putih dan bersih alami.

  • Parut jahe secukupnya dan diperas hingga diperoleh 3 sendok makan air perasan jahe, Tempatkan dalam sebuah wadah bersih kemudian tambahkan sedikit garam halus dan dua sendok makan kulit lemon yang diiris tipis-tipis. Aduk merata hingga membentuk cairan kental. Oleskan campuran ini ke area tubuh dan wajah sambil memijat-mijat kulit dengan lembut. Setelah selesai, bilas wajah dan tubuh dengan air bersih.

2). Menghindari penuaan dini

Salah satu manfaat dari rimpang jahe yang sangat disukai para wanita adalah kemampuannya untuk mengencangkan kulit wajah, menghindari masalah keriput di wajah, sekaligus menjaga agar anda tetap awet muda. Penuaan dini memang merupakan salah satu momok yang ditakuti para wanita. Nah, anda bisa memanfaatkan rimpang jahe ini agar kulit wajah tetap kencang dan awet muda.

  • Bersihkan rimpang jahe dengan mengupas kulitnya lalu dicuci hingga bersih. Parut jahe tersebut dan tempatkan dalam sebuah wadah yang bersih. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun dan madu, lalu aduk rata hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta jahe pada wajah sambil dipijit lembut. Biarkan pasta di wajah sekitar 20-30 menit hingga mengering dan bilas dengan air es.

7 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

3). Mengatasi wajah berminyak

Wajah berminyak menjadi salah satu masalah kulit yang cukuo serius bagi wanita. Tipe wajah berminyak sangat rentan untuk berjerawat dan tampak kusam karena debu yang terperangkap di dalam pori-pori wajah dan didukung oleh produksi berlebih dari kelenjar minyak pada kulit wajah. Nah, terapkan masker jahe di kulit wajah untuk membantu mengurangi kadar minyak di wajah cantik anda.

  • Siapkan jahe secukupnya kemudian parut hingga halus. Campur dengan garam halus, pala bubuk, kayu manis bubuk dan air secukupnya hingga berbentuk pasta. Bersihkan wajah dan terapkan pasta jahe tadi ke area wajah yang berminyak. Agar masker jahe meresap ke dalam pori-pori wajah dan bekerja lebih efektif, diamkan selama 20 hingga 30 menit. Basuh wajah hingga bersih.

4). Menjaga kesehatan kulit dari dalam

Selain perawatan kulit dari luar dengan menggunakan rimpang jahe, sebaiknya juga dibarengi dengan perawatan kulit dari dalam tubuh. Minumlah jus jahe secara rutin setiap pagi atau setiap malam sebelum tidur, untuk menjaga kulit tetap terawat sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  • Siapkan rimpang jahe sebesar ibu jari, kupas dan cuci hingga bersih. Geprek rimpang kahe tersebut kemudian seduh dengan secangkir air panas dan tambahkan madu secukupnya. Aduk hingga tercampur rata lalu diminum.

**

Nah, 4 manfaat rimpang jahe untuk perawatan kulit ini bisa anda dapatkan secara maksimal jika melakukannya secara rutin. Seperti biasa, bilamana menggunakan bahan alami untuk merawat kulit, biasakan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengoleskan jahe pada punggung tangan dan diamkan beberapa menit. Jika tidak terjadi reaksi apapun berupa gatal, iritasi atau ruam kemerahan berarti aman untuk dilanjutkan.

Selamat mencoba ya Cantikers

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu