DOKTERCANTIK.COM – Mata adalah bagian paling lemah dari tubuh kita dan harus diperlakukan dengan hati-hati. Orang yang berkulit pucat dan memiliki kulit yang relatif lebih tipis di bawah mata mereka, mendapatkan bayangan mata yang lebih banyak daripada orang orang lainnya.

Ketika kita tumbuh lebih tua, tampilan bayangan gelap ini semakin terlihat karena kulit kehilangan kolagen dan akumulasi pembuluh darah di bawah mata. Ini diikuti dengan bengkak dan kelopak mata yang membesar.

Kurang tidur, kelelahan, penuaan, faktor keturunan, terlalu lama menangis, paparan sinar matahari, stres psikologis atau fisik, diet yang tidak sehat, dan menggosok mata adalah beberapa alasan munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Tidur yang baik dan diet yang sehat dapat membantu untuk mengatasinya.

Berikut ini beberapa pengobatan alami yang dapat Anda coba di rumah untuk menyingkirkan lingkaran hitam di bawah mata. Simak ulasannya.

Perawatan Alami untuk Mengatasi Lingkaran Gelap di Bawah Mata

1. Minyak Almond

Minyak almond kaya akan vitamin, asam lemak tak jenuh dan mineral yang baik untuk kulit lembut di bawah mata. Minyak almond bersifat ringan dan tidak berminyak. Oleskan di sekitar mata Anda dan memijat lembut kelopak mata, sebelum tidur. Di pagi hari, percikkan air dingin pada wajah Anda. Lakukan ini sampai lingkaran hitam hilang.

2. Minyak Kelapa

Dengan sifat pelembab dari minyak kelapa, keriput, garis-garis halus, dan lingkaran hitam di bawah mata dapat dicegah. Pijat ruang di bawah mata dengan minyak kelapa murni dua kali sehari. Biarkan selama 2 sampai 3 jam dan kemudian bilas dengan air. Ulangi proses, sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

3. Mentimun

Mentimun mengandung asam askorbat dan asam caffeic, yang mengurangi pigmentasi kulit dan mencerahkan warna di sekitar mata. Potong melingkar irisan mentimun dingin dan tempelkan pada mata selama 10 menit. Ulangi dua kali sehari selama seminggu, atau sampai masalah Anda sembuh.

manfaat masker kentang

4. Kentang

Sifat pemutihan yang ditemukan dalam kentang membantu meringankan warna gelap di bawah mata. Parut satu kentang, dan buat jus. Celupkan bola kapas dalam jus ini dan dengan lembut oleskan pada lingkaran hitam mata. Ikuti proses yang sama dua kali sehari selama beberapa minggu untuk melihat perbedaannya.

5. Air Mawar

Air mawar merupakan toner kulit yang sangat baik. Ini akan merevitalisasi kulit dan bertindak sebagai pembersih alami. Air mawar mencegah keriput dan penuaan dini pada kulit.

Untuk mata lelah, air mawar adalah obat alami yang terbaik. Ambil dua bola kapas dan rendam dalam air mawar. Tempatkan di atas mata tertutup selama sekitar 15 menit. Ulangi dua kali sehari sampai Anda menyingkirkan lingkaran hitam.

Mengatasi Jerawat Dengan Bahan Alami Tomat

6. Tomat

Tomat dianggap sebagai makanan super untuk banyak masalah kesehatan. Tomat mencegah perubahan warna kulit dan memiliki sifat astringent dan pendinginan yang membantu mengatasi lingkaran hitam.

Ambil satu sendok teh jus tomat dan mencampurnya dengan setengah sendok teh jus lemon. Oleskan pada lingkaran hitam dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan dua kali sehari selama beberapa minggu. Anda juga dapat menerapkan jus tomat murni .

7. Lemon

Kekayaan vitamin C di dalamnya membuat lemon menjadi pilihan terbaik untuk mengurangi lingkaran hitam pada mata. Oleskan jus lemon pada daerah lingkaran hitam dengan bantuan kapas. Diamkan selama 10 menit, dan kemudian bilas dengan air biasa.

Anda juga dapat menyiapkan paket perawatan wajah dengan mencampurkan 1 sdm ekstrak lemon, 2 sdm tomat puree, tepung gram secukupnya, dan bubuk kunyit. Terapkan pasta yang dihasilkan pada daerah sekitar mata untuk meringankan kulit gelap.

8. Teh Celup

Kantong teh dapat membantu Anda menyingkirkan lingkaran gelap di bawah mata. Antioksidan dan kafein yang hadir dalam teh memampatkan pembuluh darah. Tanin mengurangi pembengkakan dan perubahan warna.

Ambil dua kantong teh yang telah digunakan (teh hijau atau teh hitam) dan diamkan di dalam lemari es selama setengah jam. Kemudian tempatkan pada mata tertutup Anda.

Masker Kunyit Untuk Perawatan Rambut dan Kulit Wajah

9. Kunyit

Kunyit memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi. Kunyit juga memiliki antioksidan. Buat pasta untuk wajah dengan mencampur 2 sdt bubuk kunyit dalam jus nanas secukupnya. Oleskan pasta tebal di lingkaran hitam. Bersihkan dengan kain basah setelah 10 menit.

10. Susu Dingin

Susu, selain menjadi pembersih alami, juga meningkatkan warna kulit dan menyusutkan pori-pori kulit. Hal ini juga membantu mengatasi masalah, seperti iritasi kulit, garis-garis halus, dan kerutan. Hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi kantong di bawah mata.

Ambil bola kapas dan basahi dengan susu dingin. Tempatkan pada lingkaran mata untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, Anda juga bisa mencelupkan kapas bola dalam yogurt atau buttermilk.

11. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C, yang berfungsi sebagai agen pencerah kulit. Gunakan jus jeruk untuk mengurangi noda di bawah mata. Anda dapat mencampur beberapa tetes gliserin dalam jus. Oleskan larutan ini pada kulit gelap di bawah mata.

6 Manfaat Masker Telur Untuk Kecantikan

12. Telur

Putih telur membantu mengencangkan kulit di sekitar mata Anda untuk membuatnya terlihat cantik. Ambil beberapa putih telur dan dengan bantuan jari-jari Anda, oleskan pada lingkaran hitam. Biarkan kering dan bilas dengan air setelah itu.

13. Pisang

Pisang adalah salah satu solusi alami untuk lingkaran hitam. Pisang mengandung vitamin E yang diperlukan untuk mencegah tanda penuaan dan garis-garis halus. Ambil pisang, kupas dan hancurkan. Oleskan bubur pisang ini pada area gelap di bawah mata Anda.

14. Alpukat

Asam lemak dalam alpukat membantu Anda menyingkirkan lingkaran hitam. Vitamin K, E, dan B2 yang ditemukan dalam alpukat mengatasi masalah kulit kering yang mungkin menjadi alasan untuk munculnya lingkaran hitam. Alpukat juga melembabkan kulit dan merangsang sirkulasi darah.

Ambil dua irisan alpukat dan tempatkan pada kedua mata Anda. Atau, campur beberapa alpukat tumbuk dan minyak almond. Oleskan campuran tersebut pada daerah lingkaran gelap.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»