Ramuan Alami Mengatasi Siklus Menstruasi yang Tidak Lancar

DOKTERCANTIK.COM – Siklus menstruasi datang bersama dengan begitu banyak masalah yang umum terjadi pada sebagian besar wanita. Periode yang tidak teratur umum dihadapi oleh sejumlah besar perempuan. Periode tersebut secara medis disebut sebagai oligomenore. Perempuan memiliki 11 sampai 13 periode per tahun, namun mereka yang menderita oligomenore mungkin memiliki kurang dari 6 atau 7 periode.

Berbagai faktor dapat mempengaruhi menstruasi Anda. Beberapa disebabkan karena menggunakan obat-obatan tertentu, olahraga berat, penurunan atau kenaikan signifikan berat badan, kehamilan atau menyusui, keguguran atau melahirkan, penggunaan alkohol yang berlebihan, obat-obatan atau merokok, dan lain-lain.

Selain itu, gizi buruk, stres yang meningkat, ovarium polikistik, hipertiroidisme, fibroid rahim, ketidakseimbangan hormon, menopause, anemia, penyakit hati, kelainan rahim dan TBC juga dapat menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur. Sindrom iritasi usus dan penebalan atau polip pada lapisan rahim dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur juga.

Ramuan Alami Mengatasi Siklus Menstruasi yang Tidak Lancar

Berikut adalah daftar dari beberapa pengobatan alami sederhana yang dapat membantu Anda mengatasi menstruasi yang tidak teratur dan menjaga keseimbangan hormonal.

1. Jahe

Jahe sangat membantu mengatur periode bulanan pada wanita. Jahe membantu memperlancar menstruasi dan juga mengurangi rasa sakit. Rebus ½ sdt jahe dalam satu cangkir air selama 5-10 menit. Kemudian tambahkan sedikit gula atau madu untuk meningkatkan rasa. Saring campuran ini dan minum tiga kali sehari setelah makan selama sekitar satu bulan.

2. Kunyit

Sifat pemanasan dari kunyit menyeimbangkan hormon dan mengatur siklus menstruasi. Sifat anti-inflamasi dan antispasmodic yang mengurangi kram. Ambil ¼ sendok teh bubuk kunyit dan menambahkannya ke susu suam-suam kuku. Minum setiap hari, sampai Anda melihat adanya perbaikan.

3. Biji Ketumbar

Ambil dua cangkir air dan tambahkan satu sendok teh biji ketumbar. Rebus sampai kuantitas air berkurang setengah. Saring dan minum tiga kali sehari selama beberapa hari sebelum periode menstruasi Anda. Ikuti pengobatan ini selama satu atau dua bulan. Atau, Anda juga bisa minum jus ketumbar setiap hari.

4. Wortel

Wortel adalah sumber zat besi yang baik dan mengatur fungsi hormon. Minum segelas jus wortel secara teratur selama tiga bulan untuk menormalkan siklus menstruasi yang tidak teratur.

5. Adas

Adas sangat efektif dalam memperlancar menstruasi. Terlepas dari ini, adas memiliki sifat antispasmodic yang meringankan kram terkait dengan sindrom pramenstruasi. Ambil dua sendok makan biji adas dan rendam dalam segelas air selama semalam. Saring di pagi hari dan minum. Lakukan setiap hari ini selama satu bulan untuk melihat hasil yang efektif.

Atau, giling satu sendok teh biji adas untuk membuat bubuk halus. Masukkan ke satu cangkir air mendidih dan seduh selama lima menit. Kemudian, saring campuran ini dan meminumnya.

6. Biji wijen

Ambil segenggam biji wijen dan panggang. Kemudian, giling dengan satu sendok teh gula jawa untuk membentuk bubuk halus. Konsumsi satu sendok teh bubuk ini setiap hari pada waktu perut kosong, dua minggu sebelum periode Anda dimulai. Ikuti pengobatan ini selama beberapa bulan.

7. Kayu Manis

Efek pemanasan dari kayu manis mengurangi kram dari menstruasi, dan elemen hydroxychalcone yang membantu mengatur tingkat insulin. Ambil ½ sendok teh bubuk kayu manis dan menambahkannya ke segelas susu. Minum setiap hari selama beberapa minggu.

Selain itu, Anda juga bisa minum teh kayu manis, taburi bubuk kayu manis pada roti bakar Anda, atau mengunyah kayu manis kering.

8. Pepaya Muda

Pepaya muda sangat berguna untuk haid yang tidak teratur karena stres dan menopause. Minum jus pepaya mentah atau makan pepaya cincang selama beberapa bulan. Jangan konsumsi pepaya selama periode menstruasi Anda.

9. Anggur

Minumlah jus anggur setiap hari untuk mencegah ketidakteraturan dalam periode menstruasi. Atau, gabungkan anggur mentah dalam menu harian Anda dalam jumlah sedang.

10. Peterseli

Jus peterseli dianggap sebagai salah satu pengobatan alami yang paling efektif untuk masalah terkait menstruasi. Haluskan peterseli dalam blender bersama dengan air untuk membuat jus. Ini adalah pengganti yang sangat baik untuk obat.

11. Buah Ara

Ambil 5 buah ara dan didihkan dalam secangkir air. Kemudian saring ramuan ini dan mengkonsumsinya setiap hari. Ramuan ini akan membantu mengatur secara siklus menstruasi Anda.

12. Saffron

Rebus 1 sendok teh saffron dalam secangkir air. Didihkan sampai kuantitas air berkurang menjadi 1 sendok makan. Bagilah menjadi tiga bagian dengan jumlah yang sama, minum tiga kali sehari selama beberapa hari.

13. Labu Pahit

Labu pahit terbukti sangat efektif untuk pengobatan menstruasi yang tidak teratur. Minum jus ini sekali atau dua kali setiap hari selama beberapa minggu. Terlepas dari ini, jus labu pahit melindungi tubuh Anda dari penyakit diabetes.

14. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengurangi tingkat insulin dan gula darah yang membantu mengatur periode menstruasi alami. Ambil 1-2 sdm cuka sari apel dan campur dengan air sekali kemudian minum sekali sehari sebelum makan untuk mencegah menstruasi yang tidak teratur.

15. Jus Tebu

Minum air tebu selama seminggu sebelum masa menstruasi Anda untuk mengatur siklus menstruasi Anda.

16. Aloe Vera

Ambil beberapa gel lidah buaya dari daun dan campurkan dengan satu sendok teh madu di dalamnya. Konsumsi campuran ini setiap hari sebelum sarapan Anda selama sekitar tiga bulan. Jangan mengkonsumsi selama menstruasi Anda.

Atau, buat bubur segar dari tiga daun lidah buaya dan didihkan sampai warna gel berubah warna menjadi coklat. Setelah mendingin, ambil satu sendok teh dan minum dengan secangkir air.

17. Bunga Sepatu

Ambil lima bunga sepatu segar dan hancurkan dalam juicer untuk membentuk pasta halus. Konsumsi dengan air di pagi hari sebelum sarapan Anda. Ini harus dikonsumsi tujuh hari sebelum masa menstruasi Anda dimulai. Obat ini membantu menyeimbangkan estrogen dan progesteron dalam tubuh dan mengatur siklus bulanan.

Catatan: Sebelum Anda mengkonsumsi salah satu obat herbal di atas, hubungi dokter Anda terlebih dulu.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu