Perawatan Wajah Tradisional Dengan Masker Kentang

DOKTERCANTIK.COM – Kentang termasuk ke dalam salah satu bahan tradisional yang banyak mengandung nilai gizi untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Kandungan zat – zat tersebut antara lain berupa mineral alami seperti kalium, fosfor, sulfur, dan masih banyak lagi. Selain mengandung mineral alami, kentang juga diketahui banyak mengandung vitamin C dalam jumlah cukup tinggi. Vitamin C berkhasiat sebagai antioksidan yang mampu menangkal beragam efek buruk radikal bebas yang banyak betebaran di udara bebas.

Ada banyak sekali khasiat kentang untuk kecantikan kulit anda jika anda rajin mempelajarinya dari buku atau internet. Saat ini kentang banyak dimanfaatkan sebagai masker wajah oleh para praktisi kecantikan. Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah untuk tujuan merawat kulit.

Perawatan Wajah Tradisional Dengan Masker Kentang

Beberapa kombinasi masker wajah dari kentang dengan bahan – bahan lainnya dapat anda pelajari di bawah ini untuk selanjutnya dipraktekkan di rumah :

1). Masker kentang dan putih telur

Resep masker alami untuk wajah yang bermasalah dengan penyakit kulit adalah dari bahan kentang yang dicampur dengan putih telur. Kombinasi antara kedua bahan tradisional ini sangat ampuh untuk mengobati masalah jerawat dan komedo di wajah. Sebab putih telur diketahui banyak mengandung senyawa antibakterial yang akan membuat kulitmu bersih dan bebas dari kuman penyebab jerawat.

Cara membuat masker kentang dan putih telur dengan mudah di rumah adalah :

Langkah pertama, siapkan 1 buah kentang dan 1 buah telur ayam kampung. Kupas kentang tersebut, cuci bersih dan haluskan dengan menggunakan blender (bisa juga diparut). Setelah halus, campurkan dengan putih telur. Gunakan masker alami wajah ini setelah anda mandi, baik itu pada waktu mandi pagi hari ataupun sore. Diamkan selama kira – kira 30 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

2). Masker kentang dan lemon

Sejak jaman dulu buah lemon sudah terkenal sebagai obat anti jerawat yang sangat ampuh dan kebanyakan diaplikasikan dengan cara – cara alami. Buah ini berasa kecut tetapi banyak mengandung senyawa yang bersifat sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk mencegah infeksi bakteri, mencegah radikal bebas, dan mengatasi peradangan pada kulit wajah anda.

manfaat kentang

Cara membuat masker kentang dan lemon adalah :

Pertama – tama siapkan 1 buah lemon segar dan 1 butir kentang. Lalu kupas kentang dan dicuci bersih, parut sampai halus, lalu campurkan parutan kentang dengan perasan air lemon segar dan aduk sampai merata. Sebelum menerapkannya, cucilah wajah dengan memakai sabun khusus muka yang berbahan lembut dengan tujuan agar kotoran tidak menghambat penyerapan nutrisi dari masker alami wajah yang akan dipakai untuk perawatan.

Setelah wajah bersih dan kering, oleskan masker tersebut secara merata dan tipis ke seluruh bagian muka dan leher. Hindari bagian bibir dan mata, sebab jika terkena bagian ini akan menyebabkan perih dan meradang.

Agar meresap secara sempurna, diamkan masker alami tersebut sekitar 30 menit supaya dapat bekerja secara efektif. Sambil menunggu kering, anda bisa tiduran agar kulit lebih rileks, juga pikiran dan badan harus dalam kodisi santai. Setelah itu mandilah dengan memakai air bersih yang dingin.

3). Masker kentang dan madu

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, madu juga ampuh digunakan untuk menjaga kecantikan dan keindahan kulit anda agar senantiasa tampil cantik secara alami dan bersih. Kandungan nutrisi vitamin dan mineral dalam madu dipercaya baik untuk meningkatkan regenerasi sel – sel kulit yang baru.

Cara mudah membuat masker kentang dan madu adalah :

Terlebih dahulu siapkan 1 butir kentang dan 3 sendok makan madu. Kupas, cuci bersih, dan haluskan kentang tersebut dengan menggunakan blender atau diparut. Setelah itu campur dengan 3 sendok makan madu sampai menjadi bubur.

Gunakan masker alami wajah ini setelah anda selesai mandi. Oleskan dengan rata dan tipis, apabila sudah terasa kaku, bilaslah dengan menggunakan air hangat sampai bersih dan susul dengan air dingin.

4). Masker kentang dan minyak zaitun

Ratu Mesir yakni Cleopatra sejak jaman dahulu selalu menggunakan minyak zaitun untuk merawat kulitnya. Hal ini terbukti dari penemuan – penemuan relief pada arsitektur Mesir terutama di kamar mandi mereka tentang cara perawatan kulit secara tradisional dengan memanfaatkan biji buah zaitun.

Kandungan vitamin E dan mineral essens dalam biji buah zaitun dan sangat baik untuk mencegah penuaan dini sehingga membuat hidup menjadi bersemangat dan lebih awet muda.

manfaat masker kentang

Cara membuat masker kentang dan minyak zaitun adalah :

Siapkan minyak zaitun sebanyak 3 sendok makan, serta jangan lupa 1 butir kentang segar yang sudah dicuci bersih setelah dikupas, kemudian diblender hingga menjadi pasta kentang. Campurkan pasta kentang dengan minyak zaitun, lalu diaduk rata hingga menjadi bubur. Aplikasikan masker dengan cara mengoleskan secara merata ke seluruh bagian wajah dan leher yang sudah dibersihkan.

Agar meresap secara sempurna, pijat lembut bagian wajah dengan menggunakan tangan. Pijatan lembut ini untuk meningkatkan sirkulasi darah di area kulit kepala, lalu diamkan masker tersebut selama 1 jam. Apabila sudah terasa cukup kaku dan mengencang/kering dengan sendirinya, bilas masker di wajah dengan air hangat sampai bersih.

5). Masker kentang, susu, dan baking powder/soda

Masker alami wajah dari kentang, susu, dan baking powder ini sangatlah efektif untuk melarutkan sel – sel kulit mati di bagian wajah yang menyebabkan wajah jadi kusam. Perawatan yang dilakukan secara rutin akan mampu mengurangi efek terburuk dari kondisi kulit bermasalah dengan penyakit seperti flek hitam, bintik hitam, bekas jerawat, dan kulit kusam bisa dengan mudah teratasi dengan masker alami yang satu ini.

5 Jenis Masker Susu Untuk Perawatan Kulit Wajah

Cara membuat masker kentang, susu, dan baking powder adalah :

Ambil 2 sendok makan bubuk susu, 1 sendok teh baking powder, dan 1 butir kentang yang sudah dikupas dan dicuci bersih lalu haluskan kentang tersebut dan campur dengan baking powder. Setelah itu masukan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk – aduk sampai membentuk semacam pasta. Jika terlalu pekat, silahkan tambah bubuk susunya hingga adonan kalis.

Bersihkan area wajah dan leher anda terlebih dahulu sebelum menggunakan masker ini. Disarankan untuk memakai air hangat agar mudah membuka pori – pori wajah. Keringkan dengan sempurna, barulah mulai mengoleskan masker alami tersebut secara merata ke seluruh bagian kulit wajah dan leher dengan memakai masker ini.

Diamkan sejenak selama 30 menit agar masker tersebut meresap secara sempurna. Sambil menunggu kering, potong bulat dan tipis – tipis buah mentimun dingin dan letakan di bagian mata anda. Barulah tidur atau rileks sejenak.

Perawatan terakhir adalah ambil air hangat dan bilas masker tersebut sampai bersih, lalu lanjutkan dengan membilas air dingin guna menutup pori – pori kulit secara sempurna.

**

Itulah beberapa cara membuat masker tradisional dari kentang untuk merawat kulit wajah. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk menggunakan masker tersebut di atas secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *