6 Tips Perawatan Wajah Untuk Kulit Sensitif

DOKTERCANTIK.COM – Wanita dengan segala ritual kecantikan dan perawatan wajahnya terkadang memerlukan biaya yang cukup besar. Padahal dengan melakukan perawatan kulit wajah harian secara rutin, biaya perawatan untuk ke salon atau klinik kecantikan dan membeli produk kecantikan dengan harga mahal jadi bisa diminimalisir.

Salah satu jenis kulit yang cukup ribet dalam perawatan adalah jenis kulit yang sensitif. Biasanya tipe kulit sensitif cenderung tidak cocok dengan beberapa jenis kosmetik. Apabila salah memakai produk kosmetik, maka wajah menjadi kemerahan dan muncul jerawat.

Meskipun demikian, bukan berarti seseorang yang memiliki kulit sensitif tidak boleh menggunakan kosmetik. Mereka bisa memakai kosmetik, asalkan memilih produk yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit.

Nah, berikut beberapa tips perawatan wajah untuk kulit sensitif yang bisa anda terapkan:

6 Tips Perawatan Wajah Untuk Kulit Sensitif

Jangan gunakan scrub wajah terlalu sering

Mencuci wajah terlalu sering dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Terlebih lagi jika kamu menggunakan scrub. Scrub memang diperlukan untuk pengelupasan sel-sel kulit mati dan mengangkat kotoran. Namun untuk seseorang yang memiliki tipe kulit sensitif, pemakaian scrub terlalu sering dapat menyebabkan iritasi.

Sebaiknya lakukan scrubbing tidak lebih dari 1-2 kali dalam seminggu. Saat mencuci muka dengan scrub, basulah muka dengan lembut. Apabila kamu menggunakan scrub bersamaan dengan sabun, maka jangan lupa memakai pelembab untuk menghidrasi kulit.

Gunakan pelembab

Salah satu perawatan untuk kulit sensitif adalah penggunaan pelembab. Tujuan pemakaian pelembab ini untuk menghidrasi kulit, melindungi kulit sensitif dari infeksi dan peradangan, dan mencegah kulit kering.

Sebelum anda menerapkan pelembab pada wajah, basuh muka terlebih dahulu. Kemudian keringkan secara perlahan dengan handuk. Setelah 3 menit, terapkan pelembab pada wajah. Untuk memilih pelembab bagi kulit sensitif, sebaiknya hindari pelembab yang berbau menyengat karena dapat menyebabkan alergi dan iritasi pada kulit.

Gunakan sabun khusus kecantikan dengan kandungan pH sesuai kulit

Sebagian besar sabun yang beredar di masyarakat memiliki kandungan PH yang tinggi dan tidak sesuai kulit. Hal ini dapat merusak kandungan minyak alami pada kulit sehingga kulit menjadi kering.

Selain itu, kandungan detergen di dalam sabun juga menyebabkan iritasi kulit. Sebaiknya hindari pemakaian sabun yang terlalu wangi dan mengandung asam. Jika kamu memiliki tipe kulit yang sensitif, maka gunakanlah sabun khusus kecantikan yang sesuai untuk kulit sensitif.

Gunakan krim tabir surya saat berpergian

Cara efektif merawat kulit sensitif adalah menggunakan sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Perlu anda ketahui, paparan sinar UV sangat berbahaya dan berdampak negatif terhadap kulit. Apabila kulit terpapar sinar UV secara terus-menerus, maka akan memicu terjadinya iritasi, penuaan dini, dan kanker kulit.

Jenis sinar UV sendiri ada 2 jenis, yaitu sinar UV A dan UV B. Sebagian besar krim tabir surya melindungi kulit dari sinar UV B saja. Untuk mencari jenis krim tabir surya yang melindungi kulit secara total, periksalah komposisinya. Bahan-bahan yang melindungi kulit dari sinar UV A meliputi titanium dioksida, Parsol 1789, dan zinc oksida.

Selain itu, sebaiknya pilihlah jenis tabir surya yang mengandung SPF 15+, sehingga lebih optimal dalam melindungi kulit. Hindari krim tabir surya yang berbau menyengat atau terlalu wangi, berbahan asam, dan mengandung minyak.

**

Demikianlah tips cara perawatan wajah untuk kulit sensitif. Semoga dapat bermanfaat.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu