Cara Membuat Masker Wajah dari Mentimun

Cara Membuat Masker Wajah dari MentimunMentimun, timun atau ketimun atau apapun Anda menyebutnya adalah satu buah yang cukup ajaib. Mengapa? Karena manfaat dan khasiat dan manfaat buah berwarna hijau dan berbentuk lonjong dan panjang ini bagi kesehatan tubuh kita cukup banyak.

Menariknya lagi, Anda tak perlu repot-repot mencarinya. Buah yang bernama latin Cucumis sativus ini begitu mudah ditemukan di Indonesia.

Di pasar tradisional ataupun pasar modern, Anda tak akan kesulitan menemukannya. Harganya pun relatif cukup murah. Pun di setiap Anda makan, mungkin juga akan menemuinya, sebagai pemanis atau garnis, lalapan, salad, ataupun acar karena rasanya yang mudah diterima lidah.

Sebagai buah-buahan, mentimun ini bersifat menyejukkan berkat kandungan air di dalamnya yang relatif tinggi.

Menyehatkan

Secara ilmiah, sebuah mentimun segar biasanya mengandung 2,2% karbohidrat, 0,65% protein, dan 0,1% lemak. Selain itu, timun juga memuat zat-zat penting lainnya seperti magnesium, kalsium, vitamin A, B1, B2, dan C, fosfor, silikon, kalium, zat besi fluorin. Kandungan timun inilah yang kaya unsur penting inilah yang membuatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Timun juga bisa digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati sariawan hingga demam, menyehatkan ginjal karena membantu kerja organ tersebut membuang sisa-sisa metabolisme tubuh dan deposit lemak dalam tubuh kita.

Bahkan, biji mentimun, mengandung suatu racun alkoloid dari jenis hipoxanti yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit cacingan yang biasanya di derita anak-anak. Tak hanya kehebatan biji mentimun, ia juga sering digunakan untuk meredakan penyakit radang tenggorokan maupun batuk yang biasanya disertai hilangnya suara.

Caranya penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan biji mentimun dengan garam sedikit saja. Setelahnya, campuran itu dapat digunakan sebagai obat kumur. Gunakan 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Cantik Berkat Timun

Dari uraian diatas, manfaat ketimun untuk kesehatan jelas tak perlu diragukan lagi.  Yang mungkin juga sudah Anda ketahui, mentimun juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan kulit kita dan menjadi bagian yang sangat penting dalam merawat kulit.

Saat ini, banyak sekali muncul produk-produk kecantikan yang mengandung ekstrak mentimun didalamnya mulai dari masker, pembersih wajah hingga pelembab.

Ya, buah timun memang memiliki sifat diuretik, mampu membersihkan kotoran dan memberikan efek sejuk dan dingin. Ktiganya tentu saja sangat dibutuhkan oleh kulit wajah kita. Seorang ahli kulit asal Omaha, Nebraska, Joel Schlessinger, MD mengatakan bahwa  kandungan silika dalam timun merupakan kolagen yang sangat baik digunakan untuk mengusir dan mencegah munculnya keriput yang menjadi momok bagi kebanyakan perempuan.

Masih ada lagi, kandungan potasium dan vitamin C yang tinggi, membuat buah ini sangat efektif menangkal radikal bebas yang membuat manusia begitu cepat mengalami penuaan dini sekarang-sekarang ini.

Jadi, bila Anda punya kebiasaan menggunakan potongan mentimun hanya untuk masker yang mengurangi pembengkakan di sekitar mata, Anda perlu mengubahnya sekarang karena manfaat mentimun jelas lebih dari itu untuk kecantikan wajah.

Ada setidaknya dua cara membuat masker wajah dari mentimun. Anda tak perlu melulu harus datang ke salon atau membeli produk maskernya di toko kecantikan. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, kok. Hasil dari penggunaan masker timun ini adalah kulit wajah jadi awet muda, kencang, halus dan lebih mulus. Mentimun juga mengurangi minyak pada wajah dan membantu mengecilkan pori-pori.

Cara Membuat Masker Wajah dari Mentimun

Berikut ini adalah cara membuat masker wajah dari mentimun:

Cara Pertama: Membuat Masker Wajah dari Mentimun

  • Iris mentimun kecil-kecil kemudian haluskan menggunakan blender. Saringlah hasilnya. Taruh dalam sebuah mangkuk bersih.
  • Untuk memberikan efek melembutkan kulit, Anda perlu menambahkan dengan perasan jeruk lemon. Tak perlu banyak-banyak. Cukup kira-kira satu sendok teh.
  • Tambahan terakhir adalah 1 butir telur yang sebelumnya sudah dikocok terlebih dahulu. Campurkan dan aduklah hingga semua bahan tercampur merata.
  • Aplikasikan masker mentimun buatan Anda ke seluruh wajah hingga leher. Diamkan kurang lebih 30 menit. Bilaslah dengan air hangat hingga bersih.

Ada satu lagi cara membuat masker wajah dari mentimun yang perlu Anda coba berikut ini.

Cara Kedua: Membuat Masker Wajah dari Mentimun

  • Ambil ½ buah mentimun berukuran sedang. Potong kecil.
  • Siapkan pula 1 butir putih telur, 1 sdm perasan lemon, dan 1 sdt mint.
  • Haluskan dengan blender semua bahan tersebut. Jika sudah cukup halus, pindahkan dalam mangkuk dan dinginkan terlebih dahulu di lemari es sebelum digunakan.
  • Setelah cukup dingin, oleskan masker timun tersebut ke seluruh wajah dan leher. Diamkan kurang lebih 30 menit. Bilas lembut dengan air hangat.

Cara membuat masker wajah dari mentimun ini mudah dan aman. Rugi kalau tidak mencobanya. Selamat membuatnya dan rasakan manfaatnya.

Salam cantik!

10 Komentar

Berikan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *