DOKTERCANTIK.COM – Memiliki payudara yang kencang merupakan idaman setiap wanita. Bentuk payudara yang padat berisi dan tidak kendor meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Bagi sebagian wanita, payudara sangat penting dijaga dan mempengaruhi penampilan. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, payudara bisa berubah bentuk menjadi kendor dan tidak lagi padat.

Selain usia, juga ada beberapa hal yang menyebabkan payudara menjadi melorot. Jika penyebab tersebut tidak diperhatikan, payudara bisa kendor sebelum waktunya. Dalam beberapa kasus, payudara yang kendor tidak hanya dialami oleh mereka yang sudah dewasa karena faktor menyusui tapi remaja pun bisa mengalaminya.

Untuk menjaga keindahan payudara, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar payudara tidak kendor dan melorot, yaitu:

5 Tips Agar Payudara Tidak Kendor dan Melorot

Menjaga keseimbangan berat badan

Ketika berat badan seseorang ideal, payudara akan berbentuk indah. Sebaliknya, ketika berat badan tidak seimbang, bentuk payudara juga akan berubah. Badan yang bertambah kurus akan membuat payudara sedikit berkurang ukuran dan kepadatannya.

Bertambahnya berat badan secara drastis juga akan membuat payudara lebih besar dan menonjol. Baik ukuran payudara berkurang karena kurus atau menonjol karena gemuk, keduanya berpotensi membuat payudara melorot karena terjadi ketidakseimbangan berat badan. Jika kamu sedang berusaha untuk diet, lakukanlah dengan cara yang benar. Kalau tidak, kesehatan dan bentuk anggota tubuh akan terganggu.

Hindari olahraga yang berat dan sering

Payudara bukanlah semacam benda padat yang tahan terhadap guncangan dan gerakan yang kuat. Sebagian wanita kadang kurang menyadari bahwa aktivitas dan gerakan tertentu bisa membuat payudara melorot.

Olahraga yang terlalu berat dan sering dilakukan secara tidak langsung akan membuat payudara mengalami guncangan. Jika kamu orang yang memiliki passion dalam bidang olah raga baik itu menari, pemain badminton, angkat berat, renang dan sebagainya, kamu harus lebih ekstra dalam memperhatikan payudara.

Kebiasaan yang sehat

Meskipun berat badan seimbang dan melakukan gerakan aktif secara normal, payudara tetap akan mengendor kalau masih memelihara kebiasaan yang kurang sehat. Beberapa pakar kecantikan dan kesehatan menemukan fakta bahwa kebiasaan duduk dan tidur bisa mempengaruhi bentuk payudara. Hindari tidur menelungkup yang membuat payudara terhimpit. Setiap hari, duduklah sesuai dengan standar kesehatan.

Terkait penggunaan bra

Payudara melorot juga dipengaruhi oleh penggunaan bra. Bra tidak hanya berfungsi untuk menutup payudara tetapi secara tidak langsung juga akan mempengaruhi keindahan payudara. Beberapa pakar kesehatan menyarankan agar tidak memakai bra setiap saat atau full setiap hari. Melepas bra pada saat tidur juga dipercaya memiliki pengaruh yang baik untuk kesehatan payudara.

Beberapa wanita kadang juga merasa lebih leluasa dan nyaman tanpa bra di rumah. Namun, harus diperhatikan, jangan melepas bra saat bepergian. Kalau di rumah mungkin tidak terlalu banyak aktivitas dan gerakan. Tetapi kalau bepergian otomatis akan ada gerakan yang membuat payudara terguncang.

Selain itu, pilihlah bra yang sesuai dengan ukuran payudara. Bra yang terlalu sempit akan membuat payudara terkekang. Sementara bra yang longgar akan membuat payudara tidak bisa terjaga kepadatannya.

Penuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Untuk mendapatkan payudara yang indah dan kencang, jangan lupa memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalau nutrisi makanan tidak dijaga, kesehatan dan kecantikan akan terganggu.

**

Beberapa hal di atas tidak hanya perlu diperhatikan oleh wanita dewasa. Wanita remaja sebaiknya lebih memperhatikan hal tersebut agar payudara tidak kendor sebelum waktunya. Semoga tipsnya bermanfaat ya.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»