6 Langkah Untuk Mengatasi Gatal di Area Miss V

DOKTERCANTIK.COM – Miss V yang sehat akan membuat wanita nyaman beraktivitas. Sebaliknya, kalau miss V bermasalah seperti gatal dan perih, kegiatan juga akan terganggu. Produktivitas bisa saja menurun karena disibukkan oleh urusan miss V.

Organ intim yang gatal hampir dialami oleh setiap wanita. Ini merupakan masalah yang bisa terjadi pada siapa saja. Banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa miss V gatal. Penyebab utama adalah penyakit yang menyerang miss V atau juga kelainan tertentu. Jika kamu sudah memeriksa dan tidak ditemukan penyakit yang serius, mungkin gatal tersebut disebabkan hal lain atau faktor luar.

Untuk menjaga kenyamanan dan mengatasi miss V yang gatal, kamu bisa memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

6 Langkah Untuk Mengatasi Gatal di Area Miss V

Hindari menyentuh miss V

Jika tidak ada yang penting, jangan menyentuh miss V terutama kalau tangan tidak bersih. Kalau tangan kotor dan berdebu bisa saja bakteri terbawa dan hinggap di vagina.

Jika kamu merasakan gatal di sekitar miss V, lebih baik membersihkan atau menyiramnya dengan air. Mana tahu ada zat tertentu yang menempel dan memicu rasa gatal. Hindari menggaruk miss V karena akan menyebabkan iritasi dan terluka parah.

Cukur rambut organ intim minimal sekali seminggu

Rasa gatal di daerah miss V juga bisa dipicu oleh rambut yang begitu lebat dan tebal. Akibatnya, mungkin bersarang atau tersangkut zat tertentu dan menyentuh hingga ke miss V. Cukurlah rambut miss V setiap 3 hari atau minimal sekali dalam seminggu.

Memakai pakaian dalam yang bersih dan longgar

Celana dalam yang ketat dan pas membuat angin tidak masuk ke daerah organ intim. Selain terasa panas karena udara terkurung, mungkin juga akan membuat organ intim bergesekan dengan bahan celana. Ini akan memicu rasa gatal apalagi kalau celana yang digunakan tidak bersih. Jangan memakai celana yang sudah lama tersimpan dan ganti celana minimal 2 kali dalam sehari.

Hati-hati dalam menggunakan zat kimia

Kadang sebagian orang menggunakan zat kimia untuk merontokkan rambut miss V. Selain itu, untuk membersihkan dan menjaga keharuman organ intim juga menggunakan sabun dan cairan tertentu. Jika bahan yang digunakan berasal dari zat kimia, sebaiknya lebih berhati-hati dan teliti.

Bersihkan miss V secara wajar

Selalulah membersihkan miss V secara teratur tapi jangan berlebihan. Bersihkan sewajarnya saja. Hindari penggunaan sabun khusus untuk organ intim karena akan mempegaruhi keseimbangan pH di area kewanitaan dan juga membunuh bakteri baik. Sebaiknya gunakan bahan herbal alami.

Selektif dalam menggunakan tisu dan pembalut

Akhir-akhir ini semakin banyak beredar produk tisu yang digunakan untuk membersihkan organ intim. Namun, penggunaan tisu tersebut tidak sepenuhnya aman dan sebagiannya malah membahayakan. Jadi, sebagai konsumen harus lebih selektif. Begitu juga, dalam menggunakan pembalut.

Sebagian orang malah merasa gatal dan mengalami iritasi setelah memakai pembalut tertentu. Jika kamu tidak tahan memakai pembalut dalam jangka waktu lama, ada alternatif pembalut dari kain. Apapun pembalut yang digunakan, sebaiknya jaga tetap bersih dan ganti minimal 3 kali dalam sehari.

**

Miss V yang gatal, pasti menganggu penampilan. Selain itu, juga tidak terlihat bagus dan etis karena setiap saat harus menyentuh atau menggaruk organ intim. Apalagi kalau tiba-tiba dilihat oleh orang lain di tempat kerja. Pasti menjadi malu dan kurang percaya diri.

Wibawa dan harga diri juga bisa turun kalau tangan tidak bisa stop memegang organ intim. Nah, sebaiknya perhatikan beberapa hal di atas agar kamu tidak mengalami masalah serius karena organ intim yang gatal.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu