Kesehatan Umum

6 Alternatif Pasta Gigi Alami Yang Lebih Aman

DOKTERCANTIK.COM – Di era seperti sekarang, banyak orang yang lebih suka menggunakan produk-produk serba praktis, salah satunya adalah pasta gigi yang banyak dijual di pasaran. Lalu, apa yang salah dengan penggunaan pasta gigi bermerk komersial yang selama ini sudah kita gunakan bertahun-tahun?

Perlu anda tahu, bahwa beberapa kandungan dalam pasta gigi bermerk yang biasa kita pakai bisa saja ada yang membahayakan kesehatan tanpa disadari. Misalnya saja, fluoride yang selalu ada dalam kandungan pasta gigi. Ada yang menilai, fluoride mungkin tidak sebaik yang dipikirkan untuk mencegah karang gigi, tetapi bisa saja menjadi sumber racun bagi manusia. Kandungan lainnya, adalah glycerin yang dinilai juga berbahaya.

Lalu, apa saja alternatif pasta untuk membersihkan gigi kita secara alami yang dilansir beautyandtips. Mungkin inilah, yang banyak dilakukan nenek moyang kita di masa lampau. Mari simak.

6 Alternatif Pasta Gigi Alami Yang Lebih Aman

Baking soda                                         

Baking soda sebagian menjadi kandungan dalam pasta gigi komersial, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai resep alami untuk membersihkan gigi anda. Inilah bahan alternatif yang cukup populer sebagai pengganti pasta gigi komersil, dan tentu saja berkhasiat tak kalah bagus.

Cara pakainya, anda bisa membasahi sikat gigi anda dengan sedikit baking soda, atau mencampurkan baking soda dan air untuk dijadikan obat kumur setiap hari.

Garam laut

Anda tak bisa mendapat garam senatural garam laut dan tahukah and ajika garam laut juga bisa dijadikan alternatif pasta gigi alami. Garam laut bisa membunuh bakteri di mulut dan mengandung banyak mineral yang juga memperkuat gigi.

Sikat gigi kering

Sebagian orang bahkan percaya jika anda tak perlu menggunakan apa-apa saat menyikat gigi, cukup dengan sikat lembut saja. Menyikat dengan cara ini juga sama-sama dapat membuang kotoran dan plak dalam gigi, namun tidak memberikan rasa mint segar seperti halnya jika anda menggunakan odol biasanya.

6 Alternatif Pasta Gigi Alami Yang Lebih Aman

Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami lainnya yang bisa anda manfaatkan untuk membersihkan gigi. Anda pun bisa mengombinasikannya dengan baking soda atau garam laut. Minyak kelapa mengandung zat anti bakteri dan anti jamur, jadi akan membuat bakteri dalam mulut tetap terkontrol.

Air biasa

Anda juga bisa menyikat gigi hanya dengan air biasa. Ya, tentu saja mungkin anda tak bisa merasakan kesegaran atau mengusir bau mulut, namun menyikat dengan air biasa bisa mengusir partikel bekas makanan dan plak dari mulut .

Minyak esensial

Minyak esensial tak hanya banyak dimanfaatkan untuk spa, tapi juga dapat digunakan sebagai pembersih gigi karena mengandung zat anti bakteri kuat, namun harus anda pastikan bahwa minyak esensial yang digunakan aman untuk kesehatan mulut.

**

Penggunaan pasta gigi alami ini sudah diterapkan oleh nenek moyang kita. Jika kita perhatikan, gigi para orang tua dahulu umumnya masih bagus hingga mereka tua, jarang sekali yang keropos. Mungkin ini juga ditunjang oleh kebiasaan orang tua dahulu yang suka nyirih, yaitu mengunyah daun sirih dan pinang.

Bagaimana, apakah anda punya pendapat lain? Mari berbagi di kolom komentar.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»

1 Komentar

  1. Informasi yang sangat bermanfaat, Yukk ladies bisa di coba neh tipsnya.
    Senang berkunjung di website anda

    View Comment

Berikan Komentar