7 Tips Merawat Bagian Kaki agar Tetap Indah

DOKTERCANTIK.COM – Kaki yang indah tentu menyenangkan untuk dipandang, terlebih lagi jika Anda menggunakan rok  yang menampakkan bagian kaki ataupun menggunakan high heels. Sayangnya, kaki merupakan bagian tubuh manusia paling bawah ini kerap kali tidak diperhatikan. Padahal, bukan tak mungkin jika bagian kaki merupakan yang paling rentan terpapar kotoran, kuman dan bakteri.

Entah apakah anda menggunakan sandal, atau sepatu, berbagai faktor pemicu, seperti keringat debu, atau jenis kotoran lainnya, dapat membuat kaki, terutama bagi pemilik kulit sensitif rentan terserang gatal, lecet bahkan penyakit yang lebih serius akibat kurangnya kesadaran menjaga kebersihan.

Berikut ini adalah beberapa tips dan kiat agar bisa merawat keindahan kaki anda, dan tentu saja bebas dari kuman dan penyakit.

7 Tips Merawat Bagian Kaki agar Tetap Indah

Exfoliasi

Seperti halnya anda merawat bagian tubuh utama, seperti wajah, leher, atau tangan, kebutuhan yang sama juga perlu dilakukan bagi kaki anda. Melakukan teknik exfoliasi alias pengelupasan secara rutin ditambah pemakaian losion yang tepat dapat membuat kulit kaki anda tetap lembut.

Cuci kaki setiap hari

Kaki anda sudah pasti selalu kotor tiap hari, jadi pastikan anda mencucinya dua kali sehari dengan air hangat dan sabun yang pas bagi kulit. Menjaga kaki tetap bersih tak hanya menghindarkan anda dari penyakit, tetapi juga bau kaki. Bakteri dapat berkembang cepat, terutama saat kaki anda tertutup begitu lama oleh kaos kaki dan sepatu.

Bebaskan kaki dari hak tinggi

Alas kaki dengan hak tinggi memang akan membuat kesan glamor dan seksi bagi penggunanya. Namun, ingatlah para wanita, tak akan bagus hak tinggi jika digunakan terlalu sering. Hal itu bisa menimbulkan dampak kesehatan serius, tak hanya bagi kaki, tapi juga punggung. Jadi, sesekali bebaskan kaki anda dari penggunaan hak tinggi.

Oleskan minyak kelapa bagi kaki kering

Bagi pemilik jenis kulit kering, anda bisa mencoba mengoleskan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk menjaga kelembutannya. Beri pijatan halus pada kaki anda, setiap habis mandi atau menjelang tidur di malam hari.

Perawatan Kulit Kaki yang Kering, Pecah-Pecah dan Bersisik

Coba bertelanjang kaki sesekali

Kaki anda membutuhkan untuk beristirahat sejenak dari kungkungan sepatu, jadi cobalah sering-sering bertelanjang kaki untuk memberi relaksasi pada kaki.

Periksa rutin kaki anda

Banyak orang yang terkadang harus memeriksa kondisi kaki mereka, misalnya tanpa disadari bahwa kaki mereka ternyata terserang infeksi jamur di bagian yang tak terlihat, seperti sela-sela kaki. Dengan pengcekan rutin seperti ini tentu akan memudahkan anda merawat kaki agar tetap indah dan sehat.

Pakai ukuran sepatu yang pas

Menggunakan sepatu yang pas di kaki tak hanya membuat anda merasa nyaman, namun juga menghindarkan kaki anda dari lecet atau luka karena ukuran yang sempit. Pilih sepatu dengan ujung yang lebar dan tidak terlalu runcing. Jika anda ingin membeli sepatu baru, cobalah di sore atau malam hari karena ukuran kaki sedang membesar.

**

Nah demikianlah tips cara perawatan kaki agar tetap indah dan sehat. Semoga bermanfaat untuk anda ya.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu