Diet dan Berat Badan

Mengenal Keunggulan dan Kekurangan Diet Atkins

DOKTERCANTIK.COM – Kelebihan berat badan selalu menjadi masalah bagi sebagian besar orang.  Selain tidak bagus dari segi kesehatan, kelebihan berat badan juga membuat rasa percaya diri turun karena penampilan yang kurang maksimal.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, melakukan diet merupakan salah satu usaha yang umum dilakukan. Meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk menurunkan berat badan, berbagai program diet pun bermunculan. Salah satu program diet yang cukup fenomenal dari zaman dahulu yaitu diet atkins.

Seperti diet lain pada umumnya, diet atkins pun memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Simak ulasan tentang mengenal keunggulan dan kekurangan diet atkins berikut ini.

Tips Diet Sehat dalam Sepekan

Sekilas Tentang Diet Atkins

Diet atkins merupakan salah satu program diet hadir di beberapa negara dalam bentuk waralaba. Pemilik diet ini adalah sebuah perusahaan di New York, Amerika yaitu Atkins Nutritionals of Ronkonkoma. Dinanamakan diet atkins karena awalnya dipopulerkan oleh seorang dokter bernama Robert Atkins.

Diet ini sempat mengalami kontroversi karena beberapa hal. Namun, Dr.Atkins masih bersikukuh mempertahankan karena bermanfaat untuk banyak orang. Dalam prakteknya, sang dokter telah membantu ribuan orang menurunkan berat badan. Sekitar 10 tahun yang lalu, perusahaan induk diet atkins sempat gulung tikar. Namun, tak lama kemudian waralaba diet atkins muncul lagi. Sekarang, diet atkins bisa ditemukan di banyak negara seperti Malaysia bahkan Indonesia.

Kelebihan Diet Atkins

Bagi kamu yang tertarik menggunakan diet atkins, sebaiknya meninjau terlebih dahulu sebelum memutuskan. Paling tidak kamu bisa menyesuaikan diri dan mengetahui berbagai hal sehingga bisa meminimalisir hal yang tidak diinginkan. Pada satu sisi, diet ini mempunyai banyak keunggulan. Di sisi lain juga memiliki kelemahan. Di antara kelebihan diet atkins yaitu :

Mengenal Keunggulan dan Kekurangan Diet Atkins

Tetap bisa makan dan tidak menahan rasa lapar

Sekarang banyak program diet yang ditawarkan. Namun, diet yang dilakukan dengan menahan rasa lapar tidak lagi menjadi pilihan yang bijak karena justru menganggu proses metabolisme tubuh. Diet atkins mendukung hal tersebut.

Mampu menurunkan berat badan lebih cepat

Melaksanakan program diet atkins sesuai dengan aturan umumnya menunjukkan hasil yang menggembirakan. Dalam beberapa minggu berat badan sudah mengalami penurunan. Ini disebabkan oleh porsi karbohidrat yang rendah dalam makanan.

Massa otot akan bertambah

Karena karbohidrat diturunkan dan protein serta lemak dinaikkan jumlah konsumsinya, hal ini mempengaruhi masaa otot. Protein yang tinggi dalam tubuh akan menambah massa otot. Kamu yang ingin berotot, bisa mempertimbangkan diet ini.

Tidak menganggu aktivitas

Diet atkins terbilang santai karena peserta program diet masih bisa beraktivitas seperti biasa. Diet atkins tidak menyebabkan seseorang kehilangan energi.

Kekurangan Diet Atkins

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, diet atkins sempat mengalami beberapa kritikan. Ini terkait dengan efek samping yang muncul setelah menggunakan program diet atkins. Memang Dr. Atkins sudah berusaha memperbaiki dan menyempurnakan tetapi tetap saja masih ada beberapa catatan penting yang harus diperhatikan terkait diet ini.  Di antaranya :

6 Tips Diet Sehat Dan Aman

Tidak cocok bagi yang tidak suka daging dan malas olahraga

Diet ini menekan konsumsi karbohidrat sehingga harus mengkonsumsi daging jika tidak akan rentan terkena resiko penyakit jantung. Selain harus banyak makan daging, diet ini juga harus dibarengi dengan aktivitas fisik untuk mendapatkan hasil sesuai harapan.

Harus disiplin makan karbohidrat dan protein seimbang

Kamu yang kurang sabaran, kurang cocok menggunakan program ini karena dalam diet ini menuntut kedisiplinan. Disamping itu, juga dibutuhkan ketelitian karena terdapat pembatasan jumlah makanan. Harus ditimbang terlebih dahulu berapa kalorinya.

Menimbulkan efek samping ringan hingga berat

Diet atkins menimbulkan beberapa efek samping ringan seperti nafas yang kurang segar dan masalah pencernaan. Namun, jika digunakan dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan resiko berat seperti penyakit jantung, kanker usus, stroke dan lainnya. Mengurangi karbohidrat terus menerus dan meningkatkan protein serta lemak akan menimbulkan ketosis.

**

Ciri khas utama dari diet atkins adalah sebuah asumsi bahwa berat badan terjadi karena adanya konsumsi karbohidrat secara berlebihan. Oleh karena itu, untuk menurunkan berat badan, jalannya adalah membatasi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lebih banyak memakan protein serta lemak.

Jika kamu merasa cocok, tidak ada salahnya mencoba tetapi tetap bijak dan dengan pertimbangan matang ya. Semoga bermanfaat.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»

1 Komentar

  1. Kelebihan berat badan memang menjadi masalah besar bagi sebagian orang, maka dari itu kita memerlukan obat herbal & cara yang tepat.

    View Comment

Berikan Komentar