Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin D

Loading...

Calciferol atau yang lebih sering disebut dengan vitamin D memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita yang antara lain adalah menyembuhkan rakhitis pada anak-anak dan mengobati osteomalacia.

Selain itu, vitamin D juga berfungsi sebagai perlindungan terhadap PAD (peripheral arterial disease), menurunkan resiko terkenan penyakit kanker, mengurangi resiko patah tulang serta  mengobati rachitic rosary.

Vitamin D merupakan golongan vitamin pada lemak yang dapat larut dalam air. Vitamin ini juga sering disebut sebagai vitamin steroid yang dapat meningkatkan metabolisme dan penyerapan kalsium dan fosfor.

Sinar matahari pagi sudah cukup sebagai elemen untuk memproduksi vitamin D di kulit. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rakhitis pada anak-anak dan osteomalacia pada manusia dewasa.

Kekurangan Vitamin D

BIla kita kekurangan asupan vitamin D, kita akan rawan sekali untuk terkena gangguan rakhitis dan osteomalacia. Gejala awal pada gangguan osteomalacia adalah peningkatan kejadian patah tulang, sudah berjalan serta jaringan otot yang melemah.

Rakhitis adalah gangguan tulang yang jamak ditemukan pada anak-anak. Gejala rakhitis adalah tangan dan kaki yang melengkung baik ke dalam ataupun ke luar. Hal ini mungkin terjadi karena tulang pada anak-anak tersebut melembut.

Sumber Vitamin D

Sinar matahari adalah sumber utama untuk memproduksi vitamin D pada tubuh. Sinar Ultra violet pada matahari dapat meningkatkan produktivitas vitamin D pada jringan kulit. Pemaparan di bawah sinar matahari selama 15 menit sehari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D kita.

Vitamin ini juga bisa ditemui di beberapa bahan makanan seperti mackerel, sarden dan salmon. Mentega, susu, kuning telur, minyak hati ikan cod dan ikan yang banyak mengandung minyak juga merupakan sumber vitamin D yang sangat baik bagi tubuh.

Manfaat Vitamin D

Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari asupan vitamin D yang teratur:

Menyembuhkan Penyakit Rakhitis
Vitamin D dapat membantu tubuh untuk mengontrol kadar fosfat dan kalsium dalam tubuh manusia. Ketika tubuh kita kekurangan asupan vitamin D, maka secara otomatis dia tidak dapat mengontrol kadar pelepasan kalsium dan fosfat. Tubuh mungkin saja merangsang beberapa hormon untuk melepaskan kalsium dan fosfat dari tulang.

Jika kandungan fosfat dan kalsum dalam tulang semakin berkurang, maka tulang kita dapat melemah dan melunak. Rakhitis dapat diidentifikasi dengan pemeriksaan menggunakan X-Ray pada tulang kaki. Penyakit rakhitis dapat disembuhkan dengan sangat cepat hanya dengan bantuan suplemen vitamin D yang dimasukkan secara oral.

Ketika pemeriksaan Rakhitis, dokter akan memantau kadar 25-OH-D dalam plasma agar mereka dapat mengembalikannya ke keadaan normal.

Penyakit rakhitis juga dapat disebabkan oleh kekurangan kalsium walaupun anak tersebut telah terpapar di bawah sinar matahari secara cukup. Bila memang disebabkan oleh kurangnya kadar kalsium, maka anak tersebut perlu mengkonsumsi suplemen kalsium dibarengi dengan suplemen vitamin D.

Mengobati Osteomalacia
Osteomalacia adalah penyakit yang dapat ditemui pada jaringan tulang manusia. Osteomalacia sendiri berarti tulang lunak. Mineral, kalsium, fosfor dan matriks penyusun kolagen beserta osteoclasts dan osteoblasts adalah elemen-elemen penyusun tulang kita. Osteoclasts adalah sel yang dapat menyebabakan tulang kita keropos sedangkan osteoblasts adalah sel yang membangun tulang.

Serat kolagen dalam bentuk matriks terdiri atas berbagai macam mineral yang merupakan penentu seberapa kuatkah tulang anda. Lapisan mineral yang cukup pada tulang akan menjamin kekuatan tulang itu sendiri.

Osteoclasts berfungsi untuk menghilangkan tulang yang telah tua dan osteoblasts berfungsi untuk memproduksi matriks kolagen yang baru. Osteomalacia akan terjadi bila proses pembentukan lapisan mineral tidak terjadi sebagaimana mestinya.

Dalam hal ini, tulang baru terbentuk tanpa adanya lapisan mineral yang mendukung sehingga menyebabkan tulang tersebut menjadi lunak. Tulang yang lunak akan mudah retak dan patah. Satu-satunya cara untuk mengobati penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin D dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *