8 Manfaat Kecantikan dari Teh Celup Bekas

DOKTERCANTIK.COM – Teh celup dikemas dengan tujuan untuk mempermudah menikmati secangkir teh lezat, baik teh hijau, teh hitam, teh chamomile, teh peppermint atau teh herbal lainnya. Minum beberapa cangkir teh sehari memberikan banyak manfaat kesehatan. Teh herbal memiliki antioksidan, anti-inflamasi, astringent dan antibiotik.

Tapi apakah Anda tahu bahwa Anda bisa mendapatkan banyak manfaat tambahan dari teh celup kecil setelah Anda meminum teh tersebut? Anda dapat menggunakan teh celup dalam perawatan kecantikan Anda.

manfaat kecantikan dari kantong teh celup

1. Mengatasi Jerawat Ringan

Teh celup hijau yang telah digunakan dapat membantu melindungi dan mempercantik kulit dalam beberapa cara. Teh hijau ini merupakan salah satu perawatan alami terbaik untuk jerawat ringan. Katekin dalam teh hijau memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Dermatology menunjukkan bahwa teh hijau dapat menjadi pengobatan yang efektif dan aman untuk jerawat ringan.

Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Investigative Dermatology pada tahun 2012, menyimpulkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dalam teh hijau membantu memodulasi target molekul intraseluler dan menghambat p. acnes, bakteri yang menyebabkan jerawat.

  • Seduh secangkir teh hijau dan biarkan selama 30 menit. Tempatkan teh celup yang telah digunakan langsung pada kulit selama 5 sampai 10 menit. Bilas kulit Anda dengan air dingin.
  • Lakukan ini dua kali sehari sampai Anda memiliki kulit bebas jerawat.

2. Melawan Tanda Penuaan

Teh hijau memiliki sifat anti-penuaan dan sifat antioksidan yang membantu memperbaiki kulit dan elastisitas kulit. Bahkan melawan tanda-tanda penuaan kulit, seperti kulit kendur, kerusakan akibat sinar matahari, bintik-bintik usia, garis-garis halus dan kerutan.

Sebuah studi tahun 2003 oleh Medical College of Georgia mencatat bahwa peremajaan kulit dapat menggunakan teh hijau. Hal ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan luka.

  • Keluarkan isi dari 2 teh celup hijau yang telah digunakan ke dalam mangkuk. Campur dalam 1 sampai 2 sendok teh madu mentah dan sedikit air jeruk. Oleskan pada wajah dan leher Anda.
  • Biarkan selama 5 sampai 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan masker wajah ini sekali atau dua kali seminggu.

Catatan: masker ini mungkin tidak cocok untuk orang dengan kulit sensitif.

3. Menghilangkan Bau Mulut

Anda dapat menikmati napas segar dengan menggunakan obat kumur menenangkan dan ringan yang dibuat dengan peppermint dan teh celup hijau. Sifat antiseptik dan antibakteri dalam teh ini membantu melawan bakteri jahat di dalam mulut yang menyebabkan bau mulut.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam International Journal of Mouth dan Maxillofacial Surgery mencatat bahwa teh hijau bisa menjadi pilihan yang tepat dan efektif untuk mengendalikan rasa sakit yang terkait dengan perikoronitis akut.

  • Seduh 2 atau 3 teh celup dalam secangkir air panas selama 10 sampai 15 menit. Biarkan teh dingin. Campur dengan beberapa tetes tea tree oil.
  • Gunakan sebagai obat kumur 2 kali sehari untuk melawan bau mulut.

Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Ampas Teh Hitam

4. Membuat Rambut Bersinar

Teh celup hitam atau teh celup hijau yang telah digunakan dapat menambahkan sinar pada rambut kering dan rambut kusam. Antioksidan dalam teh meningkatkan pertumbuhan rambut serta mencegah masalah umum seperti kulit kepala kering dan ketombe.

  • Seduh kembali 2 atau 3 teh celup yang digunakan dalam 2 gelas air dan biarkan hingga dingin. Setelah keramas, gunakan teh seduhan ini sebagai bilasan rambut akhir.
  • Pijat kulit kepala Anda selama 5 menit, kemudian bilas rambut Anda dengan air biasa. Gunakan perawatan rambut ini 2 kali seminggu.

5. Mengatasi Kantung Mata

Setiap jenis teh celup dapat membantu menenangkan mata bengkak dan iritasi mata. Teh memiliki sifat anti-iritasi dan sifat antioksidan yang membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata dan mengurangi kelelahan dan peradangan. Selanjutnya, hal ini membantu mengembalikan cahaya alami mata Anda.

  • Masukan 2 teh celup yang telah digunakan dalam lemari es selama 30 menit. Berbaringlah dan letakkan teh celup dingin pada kelopak mata yang tertutup. Biarkan selama 10 sampai 15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

6. Mengobati Luka Bakar Sinar Matahari dan Luka Pisau Cukur

Teh celup hijau lembab dapat menenangkan luka bakar matahari serta luka karena pisau cukur. Teh hijau mengandung tanin dengan sifat anestesi dan ringan yang dapat membantu memerangi gatal dan nyeri.

Sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology mencatat bahwa ekstrak polifenol dalam teh hijau membantu mengurangi jumlah sel kulit yang terbakar dan melindungi epidermis sel Langerhans dari kerusakan akibat sinar matahari atau ultraviolet.

  • Masukkan 10 sampai 12 teh celup hijau yang telah digunakan dalam air mandi Anda. Rendam dalam air penyembuhan ini selama sekitar 20 menit. Lakukan ini sekali sehari selama beberapa hari.
  • Anda juga dapat mencoba bekas teh celup chamomile untuk manfaat anti-inflamasi.

7. Melawan Jamur Kuku

Anda dapat menggunakan bekas teh celup untuk mengobati jamur kuku. Tanin dalam teh membantu membunuh jamur penyebab infeksi jamur, sedangkan sifat antibiotik mengurangi gejala seperti rasa terbakar, pembengkakan dan iritasi kulit.

  • Dinginkan beberapa teh celup yang telah digunakan dalam lemari es selama 20 sampai 30 menit. Tempatkan teh celup dingin pada kuku kaki yang terkena selama 15 menit.
  • Gunakan obat ini 2 atau 3 kali sehari sampai infeksi teratasi sepenuhnya.

8. Exfoliator Kulit

Tekstur kasar dari isi teh celup yang telah digunakan sangat bagus untuk pengelupasan sel kulit mati Anda. Ini membantu menyingkirkan sel kulit mati dan kotoran lainnya.

Selain itu antioksidan dan sifat anti-inflamasi akan membantu menenangkan kulit, menghaluskan dan mencerahkan kulit Anda.

  • Keluarkan isi dari 1 atau 2 teh celup hijau ke dalam mangkuk. Tambahkan sedikit minyak zaitun dan madu untuk membuat pasta. Oleskan pada wajah dan leher dan biarkan selama 10 menit.
  • Dengan lembut gosok pasta menggunakan gerakan melingkar. Bilas kulit Anda dengan air hangat. Gunakan scrub ini sekali atau dua kali seminggu.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Komentar Pembaca untuk “8 Manfaat Kecantikan dari Teh Celup Bekas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *