5 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah

Loading...

Ketika mendengar kata hipertensi atau tekanan darah tinggi mungkin banyak orang akan ketakutan karena berasosiasi dengan penyakit yang mematikan. Benar, hipertensi adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia.

Kini, penyakit tersebut tak hanya dialami oleh orang-orang berusia lanjut saja. Anak-anak muda juga sudah banyak yang mengalaminya. Penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat.

Padahal sesungguhnya penyakit ini dapat dicegah dan dikontrol tanpa obat-obatan alias dengan cara alamiah. Hal ini tentu saja merupakan kabar baik karena selain ekonomis juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Kuncinya satu, memperbaiki gaya hidup.

Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah

Berikut adalah beberapa cara alami menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Batasi Konsumsi Garam

Asupan garam dapat menaikkan tekanan darah. Oleh  sebab itu, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa mengurangi konsumsi garam adalah salah satu hal yang wajib dilakukan untuk mengontrol tekanan darah. Sebaiknya, konsumsi garam tidak lebih dari 1500 mg sehari.

Agar dapat menekan konsumsi garam, Anda perlu menghindari makanan olahan karena biasanya kandungan garamnya cukup banyak. Perlu juga memperbanyak konsumsi buah-buahan, biji-bijan ataupun sayur-sayuran agar kalium dan magnesium tubuh tetap seimbang. Jika Anda penggemar rasa asin, maka Anda perlu berkomitmen untuk menguranginya perlahan-lahan. Biasakan membumbui makanan dengan rempah-rempah dan lemon tanpa menambahkan terlalu banyak garam.

2. Bawang Putih

bawang putih dipercaya dapat menurunkan kolesterol serta meningkatkan sirkulasi darah. beberapa penelitain menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih dapat membantu menurunkan hipertensi ringan pada pasien.

3. Kurangi Kafein

Kafein yang terkandung dalam kopi terbukti dapat membuat tekanan darah melonjak dalam jangka waktu yang pendek. Jim Lane, professor dari Duke University menyatakan bahwa kafein dapat  membuat tekanan darah meningkat stress dengan cara mengencangkan pembuluh darah manusia. Saat stress semakin besar, jantung kita  memompa darah jauh lebih banyak dan lebih cepat sehingga tekanan darah meningkat.

Jadi, bila Anda tidak ingin tekanan darah tinggi kambuh, Anda juga perlu mengurangi konsumsi kopi atau Anda bisa mencari kopi tanpa kafein.

4. Olahraga Teratur

Olahraga sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Demikian pula untuk membantu menjaga keseimbangan tekanan darah. Anda bisa memilih olahraga apa saja sesuai dengan kegemaran Anda. Yang perlu diingat, Anda harus melakukannya secara rutin, 30 menit dalam sehari selama satu minggu penuh.

Salah satu aktivitas fisik yang paling direkomendasi untuk menurunkan tekanan darah adalah jalan kaki. Dengan berjalan kaki,penggunaan oksigen akan lebih efisien sehingga kerja jantung dalam memompa darah akan semakin ringan.

Selain tubuh menjadi bugar dan membantu menurunkan tekanan darah, olahraga juga dapat menjaga tubuh tetap langsing dan ideal. Berat badan yang berlebih juga membuat jantung harus bekerja lebih keras sehingga dapat meyebabkan hipertensi. Jagalah tubuh Anda tetap ideal karena selain semakin sehat, nilai tambahnya, Anda juga akan lebih percaya diri.

5. Hindari Stress

Mulai saat ini Anda harus percaya pikiran memiliki pengaruh sangat besar pada fisik kita. Salah satunya adalah keterkaitan stress dengan berbagai macam penyakit termasuk hipertensi. Stres berperan sangat besar dalam menaikkan tekanan darah karena berhubungan dengan denyut jantung, pencernaan, sistem saraf otonom, serta organ-organ penting tubuh lainnya .

Ada beberapa cara yang digunakan untuk mengurangi stress seperti berikut ini.

  1. Liburan cukup
  2. Mendengarkan musik, menonton film, melakukan kegiatan yang disukai
  3. Hindari terlalu sering lembur. Selain dapat meningkatkan stress, kerja lembur disinyalr membuat seseorang makan seenaknya dan jarang berolahraga.
  4. Yoga dan meditasi.
  5. Hindari konflik dengan orang-orang.
  6. Coklat hitam. Coklat hitam yang kaya flavanol dapat membuat pembuluh darah kita jadi elastis dan efeknya dapan menurunkan tekanan darah. Coklat juga dipercaya dapat membuat kita lebih nyaman saat stress.

**********

Dengan cara alami menurunkan tekanan darah di atas, diharapkan Anda dapat mengurangi penggunaan obat dan memulai hidup yang lebih sehat dari sekarang. Selamat mencoba.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *