Mengenal Luka Bakar dan Cara Penanganannya

DOKTERCANTIK.COM – Pernahkah Anda terkena percikan minyak goreng saat menggoreng ikan (biasanya), atau tangan Anda tersenggol setrika panas, atau bahkan hal-hal tersebut menimpa anak-anak kecil Anda di rumah?

Sungguh sangat mengkhawatirkan, namun hal ini memangseringkali terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Apalagi jika luka bakar merusak penampilan wajah cantik Anda, tangan Anda, dan sulit dihilangkan sehingga selalu terlihat bekasnya, sangat disayangkan, dan sebaiknya Anda menghindari hal ini juga terjadi pada anak-anak Anda.

Mengenal Luka Bakar dan Cara Penanganannya

Jenis-jenis Luka Bakar

Beberapa jenis luka bakar yang sering dialami dalam kehidupan kita sehari-hari yaitu

1. Luka bakar api; disebabkan oleh kontak bagian tubuh dengan api atau benda-benda padat yang panas seperti penggorengan atau setrika.

2. Luka bakar air panas; disebabkan oleh air panas, minyak panas, dan cairan panas lainnya. Semakin kental cairan panas tersebut, maka akan semakin parah lukanya.

3. Luka bakar kimia; disebabkan bahan-bahan kimia yang bersifat keras, seperti basa keras dan asam keras.

4. Luka bakar listrik; disebabkan oleh aliran listrik, baik dari tegangan listrik bangunan ataupun tegangan tinggi seperti petir yang bisa menyebabkan kematian.

5. Luka bakar radiasi; disebabkan radiasi sinar atau gelombang yang bersifat panas, seperti matahari atau alat-alat yang memiliki radiasi tinggi seperti alat terapi kanker.

Tingkatan Luka Bakar

Adapun tingkat keparahan luka bakar berdasarkan efek yang ditimbulkan, yaitu:

  • Luka bakar tingkat I: hanya mengenai lapisan kulit ari, yaitu lapisan kulit terluar. Cirinya adalah kulit tampak kemerahan dan sedikit nyeri karena menyentuh ujung-ujung saraf di kulit. Dalam tingkatan ini, luka bakar tidak mengakibatkan lecet atau bekas luka
  • Luka bakar tingkat II: mengenai lapisan kulit ari dan lapisan kulit jangat yang berada di bawahnya. Biasanya terjadi akibat knalpot motor atau air mendidih. Kulit akan melepuh dan berbekas.
  • Luka bakar tingkat III: mengenai kulit, lemak subkutis (jaringan lemak yang berada di bawah kulit dan di atas otot), hingga ke otot dan tulang. Akibatnya kerusakan jaringan permanen hingga disfungsi ujung saraf dan pembuluh darah.

Cara Penanganan Luka Bakar

Mengatasi dan menyembuhkan luka bakar memang tidak mudah. Kepanikan saat luka itu terjadi, serta bekas yang ditimbulkan nantinya seperti keloid, cukup berpengaruh pada turunnya percaya diri.

Pertolongan pertama

Banyak yang mengatakan bahwa jika kita terkena luka bakar, seperti percikan minyak panas atau setrika panas, maka segera oleskan pasta gigi, minyak dingin atau kecap. Pendapat ini sungguh tidak benar, karena bisa menyebabkan infeksi dan panas berlebih pada luka.

Yang benar adalah, basahi luka dengan air mengalir (bukan air dingin atau air es) selama 20 – 30 menit agar kulit terasa lebih dingin.

Membersihkan luka

Kompres luka dengan obat kompres seperti NaCl, Rivanol atau Bethadine yang dicampur dengan air hangat.

Mengobati luka

Obati luka bakar dengan menggunakan salep antibiotik secara rutin. Untuk luka bakar yang cukup parah, Anda harus segera menghubungi dokter atau rumah sakit terdekat.

Menghilangkan bekas luka

Selain memakai salep kulit yang dijual secara bebas atau diberikan oleh dokter, juga bisa dengan cara tradisional, yaitu mengoleskan bekas luka bakar dengan parutan mentimun, parutan kentang, bawang putih atau madu, karena di samping bersifat mendinginkan, bahan-bahan tersebut akan menutrisi jaringan kulit agar terbentuk normal kembali.

***

Lamanya luka bakar tersebut akan sembuh, sangat tergantung pada tingkat keparahan, posisi luka (misal pada organ tubuh yang banyak bergerak atau tidak) serta ketepatan penanganan dan kerutinan perawatannya.

Semoga Anda dan buah hati terhindar dari luka bakar ya…

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Komentar Pembaca untuk “Mengenal Luka Bakar dan Cara Penanganannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *