10 Masker Alami untuk Mengatasi Kulit Wajah Kusam

DOKTERCANTIK.COM – Semua orang ingin kulit yang cerah dan bersinar yang membuat Anda terlihat muda, sehat dan penuh dengan energi dan vitalitas. Kadang-kadang, karena pekerjaan, lelah, stres, atau makan makanan yang salah, kulit Anda dapat telihat kusam dan lesu yang membuat Anda pucat dan tidak bersemangat.

Beberapa solusi yang dapat Anda lakukan di antaranya tidur malam yang baik, minum lebih banyak air dan makan lebih sehat. Jika Anda sudah mencoba semua itu dan kulit Anda masih tidak tampil bersinar seperti yang Anda inginkan, coba terapkan secara rutin beberapa masker wajah yang akan mencerahkan kulit kusam dengan cepat.

 

Masker Tomat Untuk Perawatan Wajah

1. Tomat dan yoghurt

Ini adalah resep masker wajah yang sangat sederhana yang akan mengelupaskan sel kulit mati, meringankan bekas luka dan noda yang mungkin Anda miliki. Pengelupasan merupakan langkah pertama yang baik untuk mencerahkan kulit, karena menghilangkan sel-sel kulit mati yang bisa menjadi penyebab kulit Anda terlihat kusam.

Ambil satu sendok teh pasta tomat segar (yang dibuat dari beberapa buah tomat yang diblender) dan campur dengan dua sendok teh yoghurt plain. Oleskan campuran tersebut ke wajah Anda dan biarkan selama sekitar 10 menit.

TERKAIT:  Manfaat Menakjubkan Lemon Untuk Perawatan Kulit dan Kecantikan

2. Madu dan lemon

Madu dan lemon bekerja bersama-sama untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit dan sangat baik untuk orang yang menderita jerawat. Lemon mencerahkan dan mengelupas kulit, sedangkan madu akan melawan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan.

Campur satu sendok makan jus lemon dengan dua sendok makan madu. Oleskan ke kulit Anda dan biarkan selama sekitar 10 menit. (Jika Anda memiliki kulit sensitif, yang terbaik adalah menghindari perawatan ini, karena mungkin terlalu keras untuk kulit sensitif).

3. Pepaya dan yoghurt

Pepaya mengandung bahan alami yang disebut papain, yang merupakan zat pemutih kulit alami dan mampu mencerahkan bercak-bercak hitam dan noda.

Campur setengah cangkir pepaya menjadi pasta dan kemudian aduk dalam satu sendok makan yoghurt tawar. Oleskan ke wajah Anda dan biarkan selama sepuluh menit sebelum Anda mencucinya lagi dengan air hangat. Kombinasi pepaya dan yoghurt akan mencerahkan kulit Anda.

10 Masker Alami untuk Mengatasi Kulit Kusam

4. Tepung Gram

Tepung gram telah digunakan selama berabad-abad untuk mencerahkan kulit dan juga mengandung nutrisi yang akan menutrisi kulit dan membuatnya terlihat lebih sehat.

Hanya campur tepung gram dan air menjadi pasta halus dan kemudian terapkan ke wajah Anda. Tinggalkan hingga tepung mengering dan kemudian cucilah dengan air hangat. Masker ini sangat baik jika Anda memiliki kulit berminyak, karena akan menyerap kelebihan minyak juga.

TERKAIT:  Masker Anti-Aging Berbahan Dasar Kuning Telur

5. Alpukat dan madu

Alpukat memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit dan bagus untuk menyegarkan kembali kulit kusam Anda. Alpukat melembabkan kulit dan juga mengandung bahan anti-inflamasi yang akan mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit. Madu dalam resep ini akan melawan infeksi dan membawa kembali cahaya untuk kulit Anda.

Campur daging dari setengah buah alpukat dengan satu sendok teh madu, kemudian terapkan pada kulit, dan biarkan selama sekitar sepuluh menit. Bersihka wajah dengan air hangat.

4 Khasiat Masker Kunyit Untuk Kecantikan

6. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu dari bahan-bahan kecantikan kuno yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan tampilan kulit. Kunyit memiliki sifat pemutihan alami dan juga mengandung bahan-bahan antiseptik yang kuat dan antioksidan.

Tambahkan bubuk kunyit pada susu sampai menjadi pasta halus. Kemudian, oleskan pada kulit, biarkan sampai mengering (sekitar 10 menit), dan kemudian bilas dengan air hangat.

7. Santan dan madu

Santan memiliki zat gizi yang baik untuk kulit Anda yang akan membuat kulit Anda terlihat cerah dan bersinar lagi.

Campur dua sendok teh santan kelapa dengan satu sendok teh madu dan satu sendok teh jus lemon segar. Pijat campuran dengan lembut ke wajah Anda dan kemudian biarkan selama sepuluh menit. Bilas dengan air hangat.

TERKAIT:  6 Tips Masker Perawatan Wajah Alami dan Tidak Ribet

5 Manfaat Oatmeal Untuk Kecantikan

8. Oatmeal dan tomat

Cara terbaik untuk membawa kembali cahaya ke wajah adalah dengan mendorong sel-sel kulit baru untuk tumbuh, dengan menghapus sel-sel yang mati. Jika Anda mencampur tomat dengan oatmeal Anda akan memiliki kombinasi ideal masker pengelupasan kulit yang bergizi.

Campur oatmeal dengan jus tomat segar sampai membentuk pasta dan kemudian terapkan ke wajah Anda dan biarkan selama dua puluh menit.

9. Jeruk

Jeruk dikenal akan kandungan Vitamin C yang tinggi, dan vitamin C merupakan salah satu bahan yang paling penting dalam perawatan kulit. Jeruk juga memiliki efek pemutihan ringan, sehingga akan mencerahkan kulit dan mengurangi munculnya noda.

Anda dapat menggabungkan kekuatan kunyit dan jeruk dengan mencampurkan dua sendok makan jus jeruk dan sejumput bubuk kunyit. Oleskan campuran tersebut ke kulit Anda dan cuci setelah sekitar 10 menit.

10. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki kemampuan untuk mengembalikan warna alami kulit dan juga akan melembabkan dan menyehatkan kulit juga. Oleskan gel lidah buaya segar ke kulit dan biarkan selama sekitar sepuluh menit sebelum Anda mencucinya.

**

Mudah ya pembuatannya dan bahan-bahan yang digunakanpun gampang diperoleh. Pastikan Anda tidak alergi terhadap bahan-bahan dari perawatan ini sebelum menerapkannya ke wajah Anda. Bye bye kulit kusam!

Selamat mencoba ya.