DOKTERCANTIK.COM – Saat ingin melakukan perubahan gaya rambut, tetapi Anda tidak bisa menunggu rambut  tumbuh dengan alami, maka ekstensi rambut (hair extension) adalah cara mudah untuk segera menambah panjang dan volume pada rambut.

Dewasa ini, ekstensi rambut telah digunakan oleh hampir semua orang, bukan hanya selebriti, hair extension mudah digunakan, terjangkau, dan memiliki kualitas yang terjamin. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan ekstensi rambut. Berikut ini ulasannya.

10 Hal Penting Sebelum Hair Extension

1. Jenis rambut yang digunakan

Kunci untuk melakukan ekstensi rambut adalah bahwa hasilnya harus tampak wajar dan berbaur dengan rambut  sendiri.

Jenis terbaik untuk digunakan adalah membeli rambut alami, karena rambut sintetis tidak bertahan lama dan akan mudah rusak oleh panas ketika Anda melakukan hair styling. Rambut manusia lebih mahal dari rambut sintetis, tapi pasti akan terlihat jauh lebih baik dan bertahan lebih lama.

2. Metode ekstensi yang digunakan

Ada banyak jenis metode yang dilakukan untuk ekstensi rambut, dan yang Anda pilih akan tergantung pada preferensi pribadi, jenis rambut Anda dan berapa banyak Anda ingin tambahkan.

Metode clip-in akan bekerja dengan semua jenis rambut, metode tenun biasanya terbaik untuk rambut keriting. Metode fusion akan menghabiskan biaya paling banyak dan akan memakan paling banyak waktu, tapi metode ini akan bertahan hingga empat bulan.

3. Pertimbangkan biaya

Pastikan Anda benar-benar mendapatkan apa yang Anda bayar. Jika Anda hanya ingin mencoba gaya baru atau memakai ekstensi untuk acara khusus, maka rambut sintetis akan menjadi yang terbaik dan termurah.

Jika Anda ingin menggunakan ekstensi rambut untuk waktu yang lama dan dapat merawatnya seperti rambut  sendiri, maka Anda akan harus membayar ekstra untuk ekstensi rambut manusia.

4. Stylist berpengalaman dalam ekstensi rambut

Pastikan bahwa hair stylist (penata rambut) yang Anda pilih telah memiliki pengalaman melakukan ekstensi rambut. Tidak semua penata rambut dapat melakukan styling rambut ekstensi dan menyarankan jenis terbaik dari ekstensi rambut untuk Anda.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kusam

5. Ekstensi rambut permanen dapat merusak rambut

Bila memilih untuk ekstensi rambut permanen, perlu diingat bahwa hal ini berpotensi dapat merusak rambut, menyebabkan sakit kepala, rambut rontok, kebotakan atau pendarahan kulit kepala, terutama jika dibiarkan untuk waktu yang lama. Itulah mengapa sangat penting menindaklanjuti perawatan ekstensi rambut dengan penata rambut berpengalaman.

Ekstensi rambut harus diperlakukan dengan cara yang hati-hati sama seperti memperlakukan rambut sendiri. Jika  tidak ingin mengambil risiko merusak rambut, maka disarankan untuk mencoba ekstensi rambut clip-in yang dapat Anda pasang dan lepas sesuai kebutuhan.

6. Cutting dan styling rambut ekstensi

Rambut ekstensi yang terbaik harus berbaur sempurna dengan rambut alami, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah untuk memotong rambut setelah melakukan ekstensi. Anda juga dapat mewarnai ekstensi, mengikat, mencuci dan melakukan styling.

7. Remy Hair

Salah satu istilah yang akan ditemukan jika melakukan ekstensi rambut, adalah Remy Hair, yang dianggap sebagai jenis terbaik dari rambut manusia yang dapat Anda beli. Remy Hair dapat membuat rambut terlihat seratus persen alami dalam penampilan.

8. Jangan membeli rambut dari salon

Kebanyakan salon menambahkan banyak tambahan harga yang mereka tetapkan untuk rambut yang ditawarkan, sehingga akan jauh lebih baik membeli rambut dari pemasok wig atau toko kecantikan.

Anda dapat membeli rambut secara online, tetapi banyak orang lebih memilih untuk dapat melihat, menyentuh dan merasakan tekstur rambut sebelum membelinya. Membeli rambut secara online biasanya terbaik digunakan untuk metode clip-in, tapi jika ingin yang lebih permanen, Anda harus memilih untuk pergi sendiri ke toko.

9. Cobalah ekstensi clip-in

Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang tidak permanen, maka ekstensi clip-in adalah pilihan terbaik. Seperti namanya, rambut tambahan akan ditempelkan ke rambut alami Anda.

Anda akan merasa sedikit berat dan tidak bisa memakainya untuk tidur, tetapi jika merawat ekstensi clip-in dengan baik, maka akan dapat bertahan untuk waktu yang cukup lama.

10. Ekstensi fusion dan tenun

Untuk ekstensi rambut yang lebih tahan lama, cobalah ekstensi fusion atau tenun. Dengan ekstensi fusion, rambut baru terikat pada rambut alami dengan ujung keratin. Dengan ekstensi tenun, rambut dijahit menjadi jalinan tenunan erat dengan rambut Anda sendiri.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»