Manfaat Susu Mentah Untuk Kecantikan Dan Cara Menggunakannya

DOKTERCANTIK.COM – Susu mentah, atau yang biasa disebut dengan raw milk, kaya akan kandungan nutrisi dan berbagai jenis vtamin seperti vitamin B, asam alpha hydroxy, kalsium dan antioksidan lainnya.

Berbeda dengan susu yang digunakan pada produk perawatan kecantikan, menggunakan susu mentah langsung memberikan manfaat kecantikan yang sangat baik untuk kulit Anda. Susu mentah membantu memelihara sel-sel kulit dari dalam dan menjaga kulit tetap lembab sepanjang hari.

Jika Anda punya kulit yang rawan terserang jerawat, menggunakan susu mentah akan membantu pengelupasan pada kulit Anda dan secara bertahap menyembuhkan jerawat. Untuk kulit berminyak, pemakaian susu mentah akan mengurangi kelebihan minyak dari dalam pori-pori kulit dan mengencangkan pori-pori besar.

Manfaat Susu Mentah Untuk Kecantikan Dan Cara Menggunakannya

Selain memberikan manfaat, Anda juga bisa menggunakan susu mentah untuk melakukan perawatan wajah. Tanpa panjang lebar lagi, yuk simak manfaat dan tips perawatan wajah dengan menggunakan susu mentah atau raw milk ini!

1. Pembersih Wajah

Susu mentah adalah pembersih wajah alami yang akan memberikan hasil menakjubkan untuk wajah Anda. Membantu mengangkat semua kotoran yang tersumbat dalam pori-pori , mencegah komedo, mengobati jerawat dan mengatasi masalah kulit lainnya.

Oleskan susu pada seluruh wajah yang sudah dibersihkan dengan menggunakan bola kapas bersih atau kain. Gosok dengan lembut dalam gerakan melingkar. Anda akan terkejut melihat berapa banyak kotoran wajah yang terangkat pada bola kapas. Lakukan setiap hari untuk wajah bersih dan kenyal.

2. Pelembab

Untuk Anda yang punya masalah kulit kering, celupkan bola kapas dalam susu mentah dingin dan oleskan ke seluruh kulit dengan merata. Diamkan kurang lebih selama 15 sampai 20 menit. Ketika mengering, bersihkan dengan air dingin. Kulit Anda akan lembab dan lembut sepanjang hari.

5 Jenis Masker Susu Untuk Perawatan Kulit Wajah

3. Mengurangi Tan pada Kulit

Terlalu lama berjemur sering kali menyebabkan kulit menjadi gosong atau warnanya tidak merata. Untuk mengurangi perbedaan warna tersebut, Anda bisa menggunakan susu mentah. Kandungan asam laktat yang tinggi dalam susu tidak hanya dapat mengatasi masalah kulit kering tetapi juga membantu mengatasi perbedaan warna kulit Anda dan mengganti sel-sel kulit mati pada permukaan kulit dengan yang baru.

Tuang susu mentah segar dalam mangkuk dan gunakan kain lap lembut peras, lalu letakkan pada bagian kulit yang kecoklatan. Lakukan setidaknya tiga kali seminggu sebelum mandi untuk hasil terbaik.

4. Eksfoliasi Kulit

Hidroksi beta adalah asam laktat dan bentuk alpha hydroxy acid yang ditemukan dalam susu mentah. Alpha hydroxy acid ampuh mengganti sel kulit mati berlebih dari permukaan kulit dan menggantinya dengan yang baru.

5 Jenis Masker Susu Untuk Perawatan Kulit Wajah

Tips Perawatan Kecantikan dengan Susu Mentah

Sebelum menggunakan susu mentah untuk kulit Anda, pastikan bahwa Anda tidak alergi terhadap susu. Gunakan susu organik mentah dari sapi yang makan rumput untuk hasil terbaik dan untuk menghindari iritasi dan kulit yang berjerawat.

1. Mandi Susu Untuk Pengelupasan Kulit

Cleopatra, ratu Mesir kuno diketahui selalu menggunakan susu mnetah saat mandi untuk mendapatkan kulit yang kenyal dan lembut. Mandi susu tidak hanya akan melembutkan dan berfungsi untuk pengelupasan kulit tetapi juga melindungi kulit dan menenangkan kondisi kulit yang mengalami peradangan termasuk eksim.

Asam laktat membantu melarutkan protein aktif dan kerusakan sel-sel mati sehingga terjadi pengelupasan sel-sel kulit. Protein dan lemak akan melumasi dan melembutkan kulit kasar.

Tambahkan ke bak yang berisi air hangat sekitar 5 cangkir susu mentah, 1/2 cangkir madu dan 5 tetes minyak esensial favorit Anda.

2. Jerawat

Susu mentah tidak hanya membersihkan kulit dari minyak yang berlebihan dan kotoran yang menyumbat pori-pori, tetapi juga menghambat pembentukan jerawat karena mengandung asam laktat yang akan melawan mikroba yang menjadi penyebab dari jerawat.

Oleskan susu mentah ke wajah terutama pada daerah yang terinfeksi jerawat. Penggunaan masker susu ini akan membantu mengatasi jerawat menbandel.

3. Scrub Wajah

Gunakan susu dan oatmeal untuk diolah menjadi scrub wajah alami yang akan mengangkat semua kotoran pada wajah, sel kulit mati dan minyak apda wajah. Kombinasikan 1 sendok makan oatmeal dan 1 sendok makan susu mentah. Oleskan pada wajah dengan menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin dan keringkan.

4. Tumit Kering

Untuk tumit yang pecah-pecah dan kering, cukup rendam kaki Anda dalam 4 gelas air hangat yang sudah dan 2 cangkir susu. Gosok tumit yang pecah dengan batu apung dan keringkan dengan handuk.

Selamat mencoba!

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Komentar Pembaca untuk “Manfaat Susu Mentah Untuk Kecantikan Dan Cara Menggunakannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *