9 Tips Cara Perawatan Rambut Panjang

DOKTERCANTIK.COM – Rambut panjang yang sehat adalah idaman hampir sebagian besar wanita di dunia ini. Rambut adalah mahkota, yang senantiasa menambah kecantikan serta daya tarik tersendiri di mata kaum adam.

Namun demikian, menggunakan shampoo, conditioner, tonic atau jenis perawatan rambut lainnya agar rambut cepat panjang dan tetap sehat bukanlah hal yang mudah. Jenis rambut maupun kondisi kulit kepala setiap orang belum tentu sama, sehingga tidak selalu cocok dengan satu atau beberapa produk perawatan tertentu.

Bagi Anda yang sudah memiliki rambut panjang, sungguh merupakan anugerah yang patut dijaga dan dipertahankan agar tetap sehat dan indah.

9 Tips Cara Perawatan Rambut Panjang

Berikut adalah tips cara perawatan rambut panjang yang bisa Anda terapkan agar rambut makin sehat, kuat dan indah bercahaya, yaitu:

1. Mengikat atau mengepang rambut saat bepergian dan saat tidur

Ikat rambut Anda dengan karet yang lembut. Sinar matahari, angin, serta gesekan pada tempat tidur dapat membuat rambut berantakan, kaku dan kering sehingga mudah patah.

2. Mengurai rambut saat di rumah

Rambut yang terlalu sering diikat akan sulit bernafas, apalagi jika ikatan terlalu kencang. Beri kesempatan rambut terurai agar sirkulasi udara menyegarkan rambut Anda.

3. Menggunakan bantal sutera

Bantal sutra yang lembut akan mengurangi gesekan pada rambut saat Anda tidur.

Masker Rambut Alami untuk Perawatan Rambut Rusak

4. Mencuci rambut secara rutin

Keramasilah rambut Anda hanya jika terasa kotor. Keramas setiap hari dapat membuat rambut rapuh dan kering. Sebaiknya Anda mencuci rambut dua atau tiga kali seminggu dengan shampoo.

5. Mengeringkan rambut secara alami

Sebaiknya Anda jangan menyisir rambut saat sedang basah, karena dapat membuat rambut kering dan rapuh. Setelah dicuci, bungkus rambut Anda dengan handuk yang tidak terlalu tebal. Pijat-pijat rambut Anda, namun jangan menggosok-gosoknya dengan handuk.

Keringkan secara alami dengan kipas sebelum disisir dengan sisir jarang agar rambut tidak rontok. Hindari terlalu sering memakai hair dryer untuk menghindari kerusakan rambut.

6. Memberi nutrisi pada rambut

Untuk menjaga kelembaban rambut, gunakan serum rambut yang dapat melindungi dari batang hingga ujung rambut. Anda juga bisa menggunakan minyak rambut. Memijat rambut yang diminyaki akan memperlancar aliran darah sehingga merangsang kulit kepala dan rambut. Penggunaan kondisioner setelah shampoo juga berguna untuk menutrisi dan memelihara kesuburan rambut.

Manfaat Dry Shampoo Untuk Menambah Volume Rambut

Salah satu kondisioner alami yang bisa Anda gunakan yaitu campuran cuka dan minyak jarak. Anda juga bisa menggunakan jenis herbal lainnya seperti lidah buaya atau minyak kemiri. Melakukan perawatan rambut dengan menggunakan creambath dari bahan alami sangat berguna untuk menyegarkan dan menyuburkan rambut Anda.

7. Melindungi rambut

Lindungi rambut Anda dengan penutup rambut seperti hijab, topi, atau produk yang mengandung tabir surya. Hindari penggunaan semir, cat rambut atau catok agar rambut Anda terlindungi.

8. Memotong rambut secara teratur

Memotong rambut bermanfaat untuk menghilangkan bagian ujung rambut yang bercabang, serta meningkatkan pertumbuhan rambut Anda.

9. Pola makan seimbang

Perawatan dari dalam juga tidak kalah penting. Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan akan membuat rambut Anda tetap sehat alami. Nutrisi yang tepat akan menyehatkan kulit kepala, akar rambut serta ketebalan rambut Anda.

***

Nah, jika Anda tergolong orang yang menyukai rambut panjang, atau pasangan Anda lebih suka jika Anda berambut panjang, Anda wajib mencoba tips di atas yaa… Selamat mencoba!

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu