DOKTERCANTIK.COM – Foundation adalah hal yang paling utama dari makeup untuk menciptakan dasar bagi makeup yang akan Anda gunakan selanjutnya. Memilih foundation yang tepat sama pentingnya dengan memilih elemen lain dari peralatan makeup Anda. Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, bisa sangat sulit untuk menemukan foundation yang tepat yang sesuai dengan jenis kulit dan warna kulit.

Jika Anda mendapatkan foundation yang tepat, maka makeup Anda akan tampak alami. Foundation yang tepat dapat memuluskan kulit Anda, menyembunyikan noda dan menyempurnakan wajah Anda. Dengan foundation yang salah akan membuat wajah Anda terlihat cakey dan tidak wajar.

Untuk membantu Anda memilih foundation yang sempurna untuk Anda, berikut ini sepuluh tips memilih dan membeli foundation yang tepat yang dapat Anda jadikan panduan.

10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Foundation

1. Carilah warna netral

Jika foundation memiliki warna lain selain netral, maka akan terlihat tidak alami. Hindari foundation, yang tampak terlalu kuning, oranye atau merah muda, dan pilih yang hanya memiliki nuansa warna kulit alami. Foundation harus menyediakan dasar untuk makeup dan tidak membuat makeup Anda terlihat berlebihan.

2. Beli foundation dengan tabir surya

Sinar matahari akan membuat kulit tampak menua dan dapat berbahaya, sehingga lindungi kulit Anda dengan foundation yang berisi tabir surya. Ming Dermatologists merekomendasikan bahwa untuk perlindungan yang maksimal, yang terbaik adalah untuk menggunakan lapisan perlindungan matahari.

Jadi jika Anda menggunakan pelembab dengan perlindungan matahari, saran terbaik adalah dengan menggunakan foundation dengan rating SPF yang sama, atau lebih tinggi.

3. Mintalah bantuan ahli

Setiap toko atau gerai kosmetik umumnya memiliki ahli atau staff yang dapat membantu dalam memilih warna terbaik dan jenis foundation untuk warna kulit Anda, dan jangan takut untuk meminta untuk menguji sebelum Anda membeli. Satu-satunya cara untuk melihat apakah foundation tertentu akan cocok untuk Anda adalah dengan mencobanya di wajah.

3 Jenis Foundation Makeup Yang Paling Banyak Dipakai

4. Foundation untuk kulit berminyak

Jika Anda memiliki kulit berminyak, maka kulit Anda akan memproduksi lebih banyak minyak, sehingga pilih sebuah foundation yang tidak berbasis minyak.

Foundation berbasis minyak, yang diaplikasikan pada kulit berminyak dapat menyebabkan makeup berantakan dan makeup wajah Anda bisa terlihat tidak rata. Carilah formula bebas minyak dan foundation yang matte yang merupakan pilihan terbaik untuk kulit berminyak.

5. Foundation untuk kulit kering

Untuk kulit kering, Anda dapat membeli foundation yang telah diperkaya dengan pelembab, dan ini akan memberikan perlindungan yang terbaik dan mencegah kulit Anda dehidrasi pada waktu yang sama.

Jika Anda ingin sesuatu yang sedikit lebih ringan pada kulit Anda, maka pelembab berwarna atau BB krim adalah pilihan terbaik bagi Anda. Untuk cakupan yang lebih berat, pilihlah foundation berbasis minyak atau krim.

6. Foundation untuk kulit normal

Jika Anda memiliki jenis kulit normal, maka Anda beruntung. Anda dapat memilih foundation secara bebas. Foundation ringan atau berat, pelembab berwarna, foundation mineral atau berbasis minyak. Pastikan foundation sesuai dengan warna kulit Anda dan terlihat alami pada Anda.

7 Tips Memilih dan Membeli Foundation

7. Jangan hanya punya satu foundation saja

Kebanyakan wanita akan membutuhkan setidaknya dua foundation yang berbeda, satu untuk udara dingin dan satu lagi untuk udara panas. Kulit Anda akan berubah seiring dengan musim dan Anda cenderung untuk terbakar sinar matahari, jika menggunakan foundation dalam jumlah yang kurang saat matahari bersinar terik.

8. Foundation harus terlihat alami

Jika Anda dapat melihat garis antara foundation dan leher Anda, maka berarti Anda tidak menggunakannya dengan benar, atau, lebih mungkin, Anda telah memilih warna foundation yang salah.

9. Meminta tester dan sampel

Cara terbaik untuk mengetahui apakah sebuah foundation akan benar-benar cocok dengan Anda adalah membawanya pulang dan mencobanya di rumah. Sebagian besar toko makeup yang baik akan memiliki sampel dan tester yang dapat Anda bawa pulang.

10. Tahu aturan dasar

Langkah pertama adalah mengetahui jenis kulit Anda: berminyak, normal atau kering. Kemudian putuskan ]jenis foundation yang dan sesuai dengan warna kulit alami Anda. Apa pun yang Anda pilih, foundation Anda harus terlihat alami dan halus, dan harus meningkatkan kecantikan alami Anda.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»