9 Tips Cara Menjaga Kecantikan Rambut Panjang

DOKTERCANTIK.COM – Rambut panjang bisa menjadi aset terbaik, namun juga dapat turut menyumbangkan masalah pada kepala, karena rambut panjang perlu perawatan yang lebih banyak dari rambut pendek. Semakin panjang rambut maka akan lebih rentan terhadap kerusakan, tapi itu tidak berarti bahwa Anda harus segera memotongnya.

Cukup ikuti tips sederhana yang akan membantu menjaga rambut panjang tetap indah dan cantik. Ini dia ulasannya.

1. Jangan berlebihan menggunakan produk rambut

Salah satu cara untuk menjaga rambut panjang tetap sehat dan berkilau adalah jangan berlebihan menggunakan produk rambut. Rambut panjang lebih berat dari rambut pendek dan jika Anda menambahkan banyak produk kimia di rambut, maka akan semakin membuat rambut lebih berat dan membuatnya terlihat datar dan tak bernyawa.

Berhati-hatilah pada produk perawatan rambut yang mengandung silikon. Produk ini memang dapat membuat rambut terlihat lebih bersinar saat pertama kali digunakan, tetapi dapat mengeringkan rambut Anda dari waktu ke waktu.

9 Tips Cara Menjaga Kecantikan Rambut Panjang

2. Gunakan sikat rambut yang baik

Anda harus membeli sikat rambut berkualitas untuk rambut. Jenis terbaik untuk dibeli adalah sikat bulu alami dengan bentuk bulat dan cukup lembut sehingga tidak akan menarik rambut Anda terlalu banyak. Anda juga wajib memiliki sisir bergigi lebar untuk mengurangi rasa sakit atau rambut kusut.

3. Keringkan dengan alami

Cara terbaik untuk mengeringkan rambut adalah untuk membiarkannya kering secara alami. Terlalu banyak panas dapat merusak semua jenis rambut. Memang menggunakan pengering rambut akan lebih cepat mengeringkan rambut, namun intensitas panas yang digunakan akan jauh lebih banyak sehingga lebih cepat merusak rambut. Akan jauh lebih baik jika mengeringkan rambut dengan handuk dan biarkan udara segar melakukan sisanya.

4. Potong rambut secara teratur

Meskipun mitos bahwa memotong rambut akan membuatnya tumbuh lebih cepat tidak benar, hal ini akan membantu untuk menjaga rambut panjang  terlihat rapi. Anda harus memotongnya setiap enam sampai delapan minggu untuk memangkas setiap ujung rambut terutama ujung bercabang dan menjaga rambut tampak rapi.

5. Jangan mengikat rambut terlalu ketat

Gaya ikatan ketat seperti ekor kuda atau kepang dapat merusak rambut panjang dan gaya paling aman untuk rambut panjang adalah membiarkannya terurai. Anda dapat menjaga rambut tetap rapi dengan menggunakan ikat rambut, tetapi ingat terlalu sering mengikat rambut akan merusaknya.

5 Trik Jitu Mempercepat Pertumbuhan Rambut

6. Pilih produk rambut dengan bijak

Pilih rambut produk yang sesuai dengan jenis rambut dan pilih produk yang mengandung bahan-bahan alami. Periksa bersama penata rambut Anda untuk rekomendasi produk terbaik, dan hindari bahan-bahan yang keras, seperti sulfat.

7. Jangan mewarnai rambut terlalu sering

Pewarna rambut mengandung banyak bahan kimia yang dapat merusak rambut, sehingga saran terbaik adalah tetap dengan warna alaminya. Jika Anda mewarnai rambut, maka hanya gunakan ketika benar-benar membutuhkannya, dan hindari mengubah warna rambut terlalu sering, hanya karena Anda bosan, terutama hindari warna-warna yang perlu pemutih.

8. Jangan terlalu sering keramas

Keramas setiap hari akan menghilangkan semua minyak alami dari rambut dan membuat rambut kering dan ringan. Coba cuci rambut hanya dua kali seminggu. Gunakan kondisioner terbaik dan ingat untuk menyikat rambut dengan baik dan lembut.

9. Makan sehat dan banyak minum air putih

Anda harus memiliki pola makan yang sehat untuk menjaga rambut panjang tampak cantik. Anda perlu protein untuk pertumbuhan rambut, dan banyak vitamin A, C dan E untuk menjaga rambut tetap berkilau. Jangan lupa untuk minum banyak air untuk menghidrasi rambut Anda.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

5 Komentar Pembaca untuk “9 Tips Cara Menjaga Kecantikan Rambut Panjang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *