10 Hal yang Harus Dihindari Jika Memiliki Kulit Berminyak

DOKTERCANTIK.COM – Siapapun, dari segala usia, dapat berurusan dengan masalah kelebihan minyak yang dihasilkan kulit. Blotting dan menggunakan bedak tentu akan menjaga kulit berminyak terkontrol untuk sementara waktu, tetapi Anda bisa membuat kesalahan yang dapat memperparah masalah.

Berikut ini sepuluh hal yang harus dihindari jika memiliki kulit berminyak. Hal-hal yang Anda mungkin tidak terpikirkan sebelumnya, yang dapat membuat kulit berminyak Anda menjadi lebih buruk. Simak ulasannya.

10 Hal yang Harus Dihindari Jika Memiliki Kulit Berminyak

1. Pengelupasan kulit berlebihan

Pengelupasan sel kulit mati tentunya merupakan salah satu tips kecantikan yang baik untuk kulit berminyak. Semua ahli sepakat bahwa pengelupasan kulit mati secara teratur akan menjaga kulit terlihat lebih segar dan lebih cerah, tetapi jika Anda berpikir bahwa pengelupasan akan menghentikan kulit berminyak, Anda salah.

Jika Anda terlalu sering melakukan pengelupasan, kulit bisa mengering dan kemudian akan menyebabkan lebih banyak minyak yang diproduksi. Anda hanya perlu melakukan pengelupasan sekali atau dua kali seminggu, jika Anda memiliki kulit berminyak.

2. Menggunakan jenis pembersih yang salah

Jenis terbaik dari pembersih untuk digunakan pada kulit berminyak adalah pembersih yang berbasis busa, yang akan menghilangkan minyak tapi tidak mengeringkan kulit. Yang harus Anda hindari adalah pembersih berbasis minyak yang hanya akan membuat masalah lebih buruk.

Salah satu tips kecantikan terbaik untuk kulit berminyak adalah dengan menggunakan pembersih wajah yang lembut yang dirancang khusus untuk kulit berminyak.

3. Memakai terlalu banyak make up

Berusaha untuk menutupi kulit mengkilap dengan lapisan tebal makeup tidak akan membantu dengan baik. Hal ini akan memperberat kulit dan akan menutup pori-pori kulit. Gunakan makeup bebas minyak dengan penerapan yang sangat ringan. Ini akan terlihat lebih baik pada kulit dan menyerap kelebihan minyak.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

4. Mencuci wajah terlalu sering

Anda mungkin merasa bahwa Anda perlu mencuci wajah beberapa kali sehari, tapi Anda harus menghindari hal ini. Mencuci akan menyingkirkan kesan berminyak secara langsung, tapi hal ini justru memicu produksi minyak yang lebih banyak untuk menggantikan minyak yang hilang. Kulit membutuhkan sedikit minyak untuk tetap sehat, jika Anda menghilangkan semuanya, maka kulit akan bekerja lebih keras untuk menggantinya.

5. Tidak menggunakan pelembab

Jika Anda melewatkan pelembab, Anda akan membuat masalah kulit berminyak menjadi lebih buruk. Jika Anda tidak menggunakan pelembab sama sekali, kulit akan memproduksi lebih banyak sebum, jadi gunakan produk yang dirancang untuk kulit berminyak, dan gunakan setiap hari.

6. Menggunakan toner bersifat kering

Anda mungkin juga akan tergoda untuk menggunakan toner penyerap minyak untuk membersihkan minyak pada wajah, tetapi ini juga akan menghapus terlalu banyak minyak dan meningkatkan produksi minyak alami wajah.

Jadi salah satu dari tips kecantikan untuk kulit berminyak adalah hindari menggunakan toner alkohol yang kuat, dan direkomendasikan untuk penggunaan astringent seperti jus mentimun atau witch hazel. Astringent berbasis tanaman jauh lebih lembut dan akan jauh lebih efektif pada kulit berminyak.

7. Menggunakan strip pori-pori terlalu sering

Ini adalah kesalahan umum yang menyebabkan lebih banyak komedo dan jerawat. Hanya karena Anda memiliki kulit berminyak tidak berarti bahwa Anda harus menggunakan strip pori-pori lebih sering daripada orang lain, atau kulit akan menghasilkan lebih banyak sebum daripada sebelumnya.

Perawatan Tradisional untuk Kulit Berminyak

8. Mengganti produk terlalu sering

Mengganti produk perawatan wajah terlalu sering akan menyebabkan paparan banyak bahan kimia terhadap kulit. Hal ini tentunya akan memperburuk masalah kulit berminyak, yang tentunya akan menangkap banyak kotoran lebih banyak daripada jenis kulit lain sehingga jerawat akan lebih mudah tumbuh.

9. Menggunakan terlalu banyak air pada kulit

Penggunaan terlalu banyak air akan memperburuk masalah kulit berminyak. Air memiliki efek pengeringan pada kulit, jadi ketika membilas kulit setelah pembersihan, hanya bilas dua atau tiga kali saja. Salah satu tips kecantikan yang baik untuk kulit berminyak adalah hindari menggunakan air panas terlalu lama, karena akan mengeringkan kulit dan membuatnya memproduksi lebih banyak minyak.

10. Tidak menggunakan bahan-bahan terbaik untuk jenis kulit

Penggunaan produk yang salah akan memperburuk masalah kulit berminyak. Ada banyak produk dan solusi alami untuk kulit berminyak. Salah satu produk alam yang dapat Anda gunakan adalah masker tanah liat, yang dapat membantu mengencangkan pori-pori, mengurangi kotoran, memperbaiki tekstur kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati.

Untuk mempersiapkan masker tanah liat sederhana, Anda hanya perlu mencampur satu sendok makan tanah liat kaolin (atau tanah liat kosmetik putih) dengan air, oleskan ke wajah selama sepuluh menit sebelum mencucinya. Tips lain adalah dengan mencampur tanah liat kosmetik putih dengan air, tambahkan madu dan menggunakannya dengan cara yang sama.

Masker lain untuk mengendalikan kulit berminyak adalah oatmeal, madu dan lidah buaya. Anda dapat membuatnya dengan mencampur satu sendok makan oatmeal dengan satu sendok teh madu dan satu sendok teh gel lidah buaya segar, oleskan pasta ke wajah Anda selama sekitar sepuluh menit dan mencucinya dengan air hangat.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu