10 Tips Agar Riasan Bertahan Lama pada Kulit Berminyak

DOKTERCANTIK.COM – Kulit berminyak bukanlah sesuatu yang buruk. Pemilik kulit berminyak seharusnya bersyukur karena cenderung untuk tidak mengalami  keriput dan kulit selalu lembab dengan baik. Tapi sayangnya, kulit berminyak dapat membuat riasan tidak bertahan lama dan kesulitan terbesar adalah menjaga riasan Anda sepanjang hari terutama saat udara panas.

Berikut sepuluh tips tentang cara untuk membuat riasan bertahan sepanjang hari kulit berminyak. Simak ulasannya ya.

10 Tips Agar Riasan Bertahan Lama pada Kulit Berminyak

1. Bersihkan wajah dengan benar di pagi hari

Hal pertama yang mutlak harus Anda lakukan jika memiliki kulit berminyak, adalah memastikan bahwa Anda membersihkan wajah secara menyeluruh setiap pagi. Anda harus menggunakan pembersih yang memiliki setidaknya 2% asam salisilat.

Asam salisilat akan memecah dan menghilangkan minyak pada kulit, tapi tidak akan mengeringkan kulit. Anda juga harus memastikan mencuci tangan sebelum membersihkan wajah, atau Anda akan mentransfer minyak di tangan langsung ke kulit wajah.

2. Bersihkan T-zone Anda dengan alkohol

Jika Anda sangat rentan terhadap minyak pada T-zone, maka bersihkan cepat dengan alkohol setiap pagi. Gunakan satu tetes alkohol pada kapas dan usap dengan cepat dari atas dahi, hidung dan dagu. Anda hanya harus menggunakan jumlah yang sangat kecil dari alkohol, karena dapat mengeringkan kulit.

3. Hati-hati asupan makanan 

Jika memiliki kulit berminyak, maka hal terakhir yang tidak boleh Anda lakukan adalah membuat diri Anda berkeringat lebih banyak. Hindari makanan panas, makanan pedas, dan meminum alkohol. Anda bisa mencoba makan lebih banyak makanan yang mengandung Vitamin A, seperti wortel dan bayam. Vitamin A dapat membantu untuk memperlambat produksi minyak di kulit.

Tren Krim Walet Untuk Memutihkan Kulit Wajah

4. Lembabkan dengan pelembab bebas minyak

Kulit berminyak perlu pelembab, jika Anda tidak melembabkan kulit wajah sama sekali, kulit akan menghasilkan lebih banyak minyak. Gunakan pelembab tanpa krim dan tidak berbasis minyak dan, pastikan menggunakannya sebelum merias wajah di kulit berminyak.

5. Cobalah menggunakan bedak bubuk sebelum foundation

Menggunakan bedak bubuk sebelum foundation adalah cara yang baik untuk menjaga produksi minyak berlebihan. Bedak bubuk akan membantu untuk mengisi pori-pori di kulit dan menghentikan minyak yang keluar melaluinya. Hal ini bisa menjaga wajah bebas minyak sampai delapan jam.

6. Gunakan primer matte

Bedak primer baik untuk semua jenis kulit, tetapi untuk kulit berminyak itu adalah penting. Oleskan primer matte yang akan menghasilkan kanvas halus untuk menerapkan make up. Hal ini juga akan membuat riasan wajah bertahan selama berjam-jam. Jika memiliki kulit berminyak, Anda bisa menggunakan primer bebas minyak di dahi, hidung dan dagu, setelah membersihkan wajah tentu saja.

7. Hindari menggunakan concealer pada kelopak mata 

Cukup banyak wanita menggunakan concealer pada kelopak mata, tetapi jika Anda memiliki kulit berminyak, maka ini tidak begitu baik. Gunakan primer yang dirancang khusus untuk kelopak mata yang akan membantu untuk menyerap minyak pada siang hari. Sebuah concealer dirancang hanya untuk memberikan warna, sehingga tidak akan dengan efektif menjaga eyeshadow bertahan sepanjang hari.

Cara Mengaplikasikan Foundation yang Benar

8. Gunakan foundation yang tepat

Memilih foundation yang tepat untuk kulit berminyak adalah tips lain yang baik untuk membuat riasan wajah bertahan sepanjang hari. Untuk makeup tahan lama, pilih foundation matte berbasis mineral bebas minyak yang tidak memiliki aroma.

Yang terbaik adalah untuk mengaplikasikan foundation dengan kuas jika Anda memiliki kulit berminyak, yang akan membantu untuk mengisi pori-pori lebih baik dan menyerap minyak berlebih.

9. Cobalah masker tanah liat sekali seminggu

Menggunakan masker tanah liat seminggu sekali akan membantu menjaga kulit berminyak terkontrol dan yang akan membantu make up bertahan lebih lama. Salah satu tanah liat terbaik untuk digunakan jika Anda memiliki kulit berminyak, adalah Kaolin clay, yang sangat bagus untuk menyerap minyak.

Bila Anda menggunakan masker tanah liat, mungkin anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika Anda tidak meninggalkannya sampai kering sepenuhnya; cuci ketika masih agak basah. Jika Anda meninggalkannya mengering, mungkin akan menarik terlalu banyak minyak dari kulit Anda dan membuat kulit Anda terasa sangat kering.

10. Bawa blotter dan bedak bubuk

Banyak wanita menggunakan bedak di wajah mereka tanpa blotting. Bila Anda perlu untuk mengatasi kulit yang mengkilap, selalu hapus riasan pertama Anda dan menggunakan blotter kemudian menerapkan bedak bubuk.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu