Cara Membuat Masker Dari Bengkoang

Cara Membuat Masker Dari Bengkoang

Salah satu buah yang identik dengan produk kecantikan adalah bengkoang. Pasti sudah tak asing langi di telinga kita bahwa bengkoang memiliki khasiat yang sangat baik untuk kulit kita yaitu untuk mencerahkannya secara alami. DanĀ  salah satu yang paling populer produknya adalah masker dari umbi-umbian berwarna putih ini.

 

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa membuat masker bengkoang sendiri. Caran membuat masker dari bengkoang sangatlah mudah dan cukup ekonomis karena bengkoang mudah dijumpai dan harganya relatif murah.

Sebelum mengetahui detail cara membuat masker dari bengkoang, ada baiknya terlebih dulu kita mengenali buah bengkoang, kandungan dan manfaatnya untuk kulit kita.

Bengkoang adalah salah satu buah yang masuk dalam golongan umbi. Akar umbi yang kemudian disebut buah ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi, yaitu sekitar 86-90 persen.

Untuk kulit manusia terutama wajah, hal ini tentu saja dapat memberi efek yang sangat baik yakni melembabkan. Tak heran bila kemudian kandungan tanaman bengkoang ini sering dipakai untuk masker, sabun wajah, lotion, lulur hingga pelembab.

TERKAIT:  Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Seorang peneliti Indonesia, Endang Lukitaningsih, yang melakukan penelitian di Universitas Wurzburg di Jerman, menyebutkan bahwa selain kaya akan cairan, bengkoang juga tersusun atas vitamin C, saponin, dan flavonoid yang merupakan zat alami penngkal tabir surya.

Zat ini berfungsi untuk mencegah rusaknya sel-sel kulit akibat radikal bebas yang saat ini sangat tinggi di lingkungan kita.

Tunggu dulu, masih ada lagi kandunga lain dari bengkoang yang bermanfaat bagi kulit yaitu kandungan fenoliknya.

Kandungan inilah yang konon menghambat terbentuknya melanin yang membuat kulit lebih gelap akibat paparan langsung sinar matahari, bekas jerawat dan pigmentasi akibat hormon. Ternyata, inilah yang membuat bengkoang dikenal sebagai buah pencerah kulit.

Khasiat dan Manfaat Masker Bengkoang

Dari penjelasan kandungan diatas, ada beberapa manfaat bengkoang yang akan kita rasakan langsung kebaikannya untuk kulit kita yaitu:

TERKAIT:  Tips dan Cara Memilih Masker Wajah

Menghilangkan noda-noda hitam di wajah

Noda hitam di wajah akibat vlek ataupun bekas jerawat tentu saja akan sangat mengganggu penampilan dan berimbas pada berkurangnya rasa percaya diri.

Kandungan fenolik, pachyrhion, vitamin B1 dan C serta rotenon dalam bengkoang membantu menyamarkan dan menghilangkan noda-noda tersebut. Wajah jadi lebih bersih dan tidak kusam.

Memberikan efek dingin

Ekstrak bengkoang yang berupa bubuk di jaman kerajaan sudah dikenal sebagai bedak dingin dan banyak dipakai oleh putri-putri keraton.

Bedak dingin ini dipercaya mampu membuat wajah lebih segar dan menghilangkan ketegangan. Wajahpun menjadi lebih rileks dan lebih cantik.

Memutihkan wajah

Seperti yang sudah dijelasakna sebelumnya, bengkoang memiliki efek mencerahkan. Dengan pemakaian teratur, wajah akan tampak lebih putih dan bersinar.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dari manfaaat buah bengkoang, masker adalah salah satu jalan yang paling digemari.

Tips dan Cara Membuat Masker Bengkoang

Cara membuat masker dari bengkoang tidaklah sulit. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan bengkuang ukuran besar. Cucilah hingga bersih.
  2. Kupas dan kemudiat parut.
  3. peras parutan tersebut dan ambil airnya. Tampung di mangkuk atau gelas. Buang ampasnya.
  4. diamkan hasil perasan tadi beberapa saat. Biarkan mengendap pada dasar wadah.
  5. buang airnya dan ambil endapannya saja. Endapan itulah yang digunakan sebagai masker bengkoang. Bila endapan banyak, anda dapat menyimpannya dalam wadah kantong yang higienis setelah endapan kering dan menjadi serbuk.
  6. untuk yang disimpan, saat hendak dipakai Anda bisa menambahkan sedikit air dingin atau air mawar.
TERKAIT:  Manfaat Asam Jawa untuk Kecantikan

Cara Menggunakan Masker Bengkoang

  1. Bersihkan terlebih dahulu wajah Anda.
  2. Oleskan endapan bengkoang pada wajah dan leher menggunakan bantuan kuas masker hingga merata.
  3. Diamkan kurang lebih 30 menit atau hingga masker mengering.
  4. Setelah kering, bersihkan masker. Dan keringkan wajah Anda dengan handuk yang lembut.

Hasil dari masker yang Anda buat langsung lho. Wajah akan langsung terasa halus dan kencang dan tentu saja lebih putih. Tak percaya? Coba saja!