Waspadai 10 Hal yang Membuat Jerawat Sulit Diatasi

DOKTERCANTIK.COM – Jerawat bukan hanya masalah bagi remaja, namun itu dapat menjadi masalah bagi orang-orang dari segala usia. Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin tidak dapat mencegah jerawat dan alasan tersebut dapat berbeda dari tiap orang, yang harus Anda lakukan adalah mengenali penyebab timbulnya jerawat.

Berikut adalah sepuluh alasan paling umum mengapa Anda sulit untuk menyingkirkan jerawat.

1. Tekanan pada kulit 

Jika terus-menerus menggunakan ponsel, maka tekanan dari telepon pada kulit dikombinasikan dengan bakteri yang mungkin bersembunyi di sana bisa menjadi penyebab jerawat berulang. Bahkan menyanggah dagu dengan tangan pun dapat menyebabkan jerawat.

2. Mencuci wajah terlalu sering

Reaksi alami untuk kulit berminyak adalah terus mencuci wajah, padahal jika Anda mencuci muka terlalu sering, jutru mengeringkan semua minyak alami di kulit. Ini akan mengirimkan sinyal bagi kulit untuk menghasilkan minyak lebih banyak lagi.

Loading...

Cobalah untuk mengurangi frekuensi mencuci muka. Ini mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman untuk sementara waktu, tapi kulit akan beradaptasi setelah beberapa hari.

READ:  5 Tips Perawatan Kulit Wajah Setelah Facial

3. Aplikator makeup yang kotor

Ingatlah kapan terakhir kali Anda membersihkan kuas makeup Anda dan spons? Apa pun yang Anda gunakan untuk menyentuh wajah, pastikan untuk tetap bersih, atau bakteri akan menumpuk pada alat tersebut dan kemudian ditransfer langsung ke wajah Anda.

4. Pakaian 

Jika Anda mengalami masalah jerawat pada tubuh, mungkin disebabkan oleh pakaian yang Anda kenakan. Lihatlah label pada pakaian Anda.

Jika Anda mengenakan banyak kain sintetis, maka ada kemungkinan jenis kain ini menjebak sel kulit mati dan keringat, yang mungkin menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Kulit juga perlu bernapas, jadi coba untuk mengenakan pakaian longgar yang terbuat dari serat alami.

5. Terlalu banyak makanan berminyak

Pola makan memiliki peran besar dalam kesehatan kulit. Apabila Anda makan banyak makanan berminyak, ini juga akan membuat kulit jadi berminyak.

Coba mengurangi makanan gorengan dan makanan cepat saji seperti pizza dan konsumsilah makanan yang akan membantu mengurangi produksi berlebih minyak pada kulit dan menyingkirkan jerawat.

READ:  Tips Menghilangkan Jerawat

6. Tidak melakukan perawatan rutin 

Anda harus melakukan rutinitas pembersihan dan melembabkan kulit setiap pagi dan setiap malam dengan teratur. Jika melewatkan rutinitas ini beberapa kali maka akan memiliki efek buruk pada kulit seperti timbul jerawat dan kulit jadi kusam.

7. Produk rambut

Produk perawatan rambut yang mengandung plastik, silikon dan minyak dapat menyebabkan pori-pori di kulit menjadi tersumbat dan ini akan menyebabkan jerawat. Satu-satunya solusi untuk menyingkirkan jerawat dalam hal ini, adalah mengikat rambut ke atas, atau mengganti produk perawatan rambut.

8. Hormon

Jika jerawat selalu terjadi pada saat menstruasi, maka bisa jadi hormonlah yang menyebabkan masalah. Mengkonsumsi pil KB dapat menyebabkan perubahan hormon juga. Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa tidak ada masalah hormonal yang menjadi penyebab jerawat.

9. Kurang tidur

Stres dan kurang tidur juga bisa menjadi penyebab jerawat, jadi cobalah untuk bersantai lebih banyak dan pastikan Anda setidaknya tidur delapan jam setiap malam. Stres dapat mempengaruhi struktur kulit dan menyebabkan reaksi seperti jerawat dan kurang tidur hanya akan membuat Anda merasa lebih tertekan.

READ:  Makanan yang Baik Untuk Mencegah Jerawat

10. Tidak mengganti sarung bantal

Baik handuk wajah dan sarung bantal bisa menjadi perangkap untuk bakteri dan sel-sel kulit mati, sehingga keduanya harus diganti secara teratur. Idealnya, handuk wajah harus diganti setiap hari dan sarung bantal setidaknya dua kali seminggu.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *