Khasiat Kunyit Untuk Mengatasi Keputihan

DOKTERCANTIK.COM – Kunyit merupakan salah satu rempah alami yang identik dengan warna kuning. Dengan warna kuningnya tersebut, kunyit tidak hanya dijadikan sebagai rempah penambah cita rasa makanan tetapi juga dimanfaatkan sebagai pewarna alami makanan. Secara ilmiah, kunyit tergolong pada jenis zingberacacae. Banyak hidup  di kawasan Asia Selatan termasuk Indonesia, Cina dan Taiwan.

Sebagai rempah alami, kunyit tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap makanan, tetapi juga sering dijadikan sebagai obat herbal alami untuk berbagai penyakit. Hal tersebut disebabkan kandungan-kandungan berkhasiat yang terdapat pada kunyit.

Berbagai masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan kunyit antara lain demam, rematik, batuk, haid tidak teratur, dan berbagai masalah yang berhubungan dengan organ reproduksi. Secara khusus, kunyit digunakan sebagai salah satu herbal alami yang ampuh untuk mengatasi keputihan.

Bagaimana Dengan Cairan Pembersih Miss V?

Masalah organ reproduksi yang bisa diatasi dengan kunyit adalah keputihan. Keputihan merupakan hal umum yang sering dialami para wanita. Pada dasarnya, keputihan merupakan hal yang wajar  karena merupakan aktifitas hormon. Tetapi jika sudah berlebihan akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Loading...

READ:  Keputihan dan Cara Mengatasinya

Bau pada miss V bukanlah hal yang bisa dianggap remeh. Hal tersebut bisa saja menjurus pada hal yang lebih berbahaya seperti kanker servik dan iritasi pada organ intim wanita.

Untuk mengatasi masalah keputihan, para wanita biasanya menggunakan cairan pencuci miss V sebagai solusi. Alasan penggunaan cairan pembersih miss V ini sebab lebih praktis dan wangi.

Memang, cairan pencuci Miss V tersebut mempunyai kemampuan untuk mengurangi keputihan, namun, penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan miss V menjadi kering. Selain itu, bahan kimia yang terdapat pada pembersih miss V juga bisa menyebabkan masalah terhadap miss V.

Kenapa Kunyit Lebih Baik?

Nah, daripada niat menghilangkan keputihan malah berefek buruk terhadap kesehatan miss V, lebih baik mencoba manfaat kunyit untuk mengurangi keputihan. Kunyit mengandung zat bernama curcuminoid.

Zat curcuminoid ini merupakan zat yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dan mengontrol cairan pada miss V. Dengan adanya kandungan inilah maka kunyit direkomendasikan sebagai bahan alami untuk mengurangi keputihan.

Cara Mengatasi Keputihan Dengan Kunyit

Untuk membuat ramuan ini, ladies bisa  mencoba resep jamu kunyit berikut ini :

READ:  8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan

Siapkan beberapa kunyit

Siapkan kunyit secukupnya. Pilihlah kunyit yang masih segar dan warnanya kuning cerah. Kupas kulitnya, lalu bersihkan.

Parut kunyit

Setelah dibersihkan parut kunyit hingga menjadi halus. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, bisa menggunakan parutan keju.

Saring airnya

Setelah diparut, remas-remas kunyit tersebut agar keluar airnya. Lalu tambahkan sedikit air panas.

Tambahkan air asam dan gula aren

Selanjutnya tambahkan air asam dan gula aren ke ramuan kunyit. Hal ini bertujuan untuk menyamarkan rasa pahit pada ramuan kunyit tersebut.  Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur dengan baik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ladies bisa meminum ramuan kunyit ini setidaknya dua kali sehari.

**

Selain  dengan meminum ramuan ini, ladies juga harus memperhatikan kebersihan miss V agar bakteri tidak mudah muncul dan mengiritasi miss V. Pastikan memakai celana dalam yang bersih dan kering sebab bakteri sangat menyukai tempat yang lembab.

Selamat mencoba ya.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

READ:  7 Manfaat Kunyit untuk Perawatan Kecantikan

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Khasiat Kunyit Untuk Mengatasi Keputihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *