Ragam Manfaat Kecantikan Minyak Cengkeh

DOKTERCANTIK.COM – Cengkeh adalah salah satu dari sekian banyak jenis rempah-rempah yang digunakan baik untuk memasak ataupun untuk masalah kecantikan. Cengkeh memiliki aroma dan rasa yang berbeda dari jenis rempah lainnya. Berbicara mengenai cengkeh dan masalah kecantikan tentunya tidak bisa dipisahkan. Cengkeh memberikan manfaat kecantikan yang ternyata baik untuk kulit Anda.

Untuk cengkeh, biasanya digunakan minyak cengkeh yang diekstrak langsung dari cengkeh yang kemudian disebut sebagai minyak cengkeh. Minyak cengkeh menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan seperti untuk perawatan rambut dan kulit. Minyak cengkeh kaya akan kandungan  antiseptik, anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus.

Minyak cengkeh merupakan minyak esensial alami yang memiliki sifat antioksidan yang tinggi dimana antioksidan diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Minyak cengkeh dikemas dengan mineral seperti kalium, natrium, fosfor, besi dan vitamin A dan minyak cengkeh C, sehingga dapat digunakan untuk mengobati beberapa masalah kulit yang menganggu.

Ragam Manfaat Kecantikan Minyak Cengkeh

Untuk menggunakan minyak ini, Anda harus melakukan pengenceran terlebih dahulu sebelum diaplikasi pada kulit. Minyak cengkeh digunakan karena dapat mengatasi beberapa masalah yang umumnya terjadi pada wajah seperti untuk mengobati jerawat, menyembuhkan peradangan, menyembuhkan luka luka dan luka bakar. Selain itu juga digunakan dalam pengobatan masalah rambut seperti rambut rontok, ketombe, kebotakan dan rambut bercabang.

Kebaikan minyak cengkeh jauh lebih dari yang dijelas di atas. Masih ada beberapa manfaat kecantikan dari minyak cengkeh seperti yang bisa Anda simak pada artikel di bawah ini.

Manfaat Minyak Cemgkeh Untuk Kulit

1. Mengobati Masalah Jerawat
Minyak cengkeh bermanfaat dalam mengobati jerawat. Sifat antiseptik dan antimikroba dari minyak cengkeh membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleskan minyak cengkeh topikal pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan semalam dan bilas keesokan harinya. Tidak hanya efektif mengobati jerawat, minyak cengkeh juga bisa membantu menghilangkan masalah komedo dan whiteheads.

2. Menghilangkan Bekas luka
Ramuan cengkeh juga efisien dalam menghilangkan tanda bekas luka yang disebabkan oleh cedera. Minyak cengkeh bekerja sebagai exfoliator yang sangat baik karena dapat membantu meringankan dan memudar bekas luka. Kulit akan tampak lebih cerah dan sehat.

3. Sumber Antioksidan
Minyak cengkeh kaya akan mineral yang bertindak sebagai antioksidan terbaik dalam menjaga kulit agar tetap indah dan sehat. Minyak esensial ini juga merupakan obat untuk mengatasi kulit wajah yang terbakar.

minyak cengkeh untuk kecantikan

Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Rambut

1. Sebagai Pelembab Rambut
Minyak cengkeh dapat digunakan sebagai kondisioner alami untuk rambut Anda. Minyak cengkeh membantu meringankan berbagai masalah yang berhubungan dengan rambut seperti rambut kering, perubahan warna rambut dan rambut bercabang. Selain itu juga membantu memelihara folikel rambut dengan memberikan efek pendingin.

2. Mencegah Rambut Rontok
Minyak cengkeh dapat digunakan untuk mengobati kebotakan, seperti meningkatkan pertumbuhan rambut dengan mencegah rambut rontok. Campur minyak cengkeh dengan minyak kelapa. Oleskan pada rambut dan bilas setelah 2 jam didiamkan. Lakukan dengan rutin kurang lebih selama sekali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut yang lebih tebal.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu