7 Tanda Penuaan Dini Bagi Wanita

DOKTERCANTIK.COM – Seiring berjalannya waktu, dan perubahan zaman, begitu pula dengan penampilan fisik kita sebagai manusia biasa. Meski, banyak produk perawatan kecantikan yang diklaim anti penuaan bisa diperoleh saat ini dengan mudah, seperti krim, peel, atau botox yang membantu mengurangi penuaan, tetapi hukum alam tidak akan bisa dilawan.

Menjaga gaya hidup sehat seperti tidur berkualitas dan teratur, olahraga secara rutin, menjauhi rokok dan alkohol serta cukup minum air putih sangat menunjang agar jauh dari penuaan dini. Selain itu, menggunakan berbagai perawatan kecantikan yang alami tentu akan jauh lebih baik demi mengurangi efek samping yang mungkin timbul di kemudian hari.

Nah, kami berbagi tanda dan gejala penuaan dini yang kerap dialami para wanita. Mari tengok, tanda-tanda penuaan apa saja saja yang sudah anda alami, seperti dilansir magforwomen;

7 Tanda Penuaan Dini Bagi Wanita

Kulit terlihat kusam

Nah, inilah tanda penuaan alami. Seiring pertambahan usia, kulit mulai kehilangan elastisitas tekstur dan cahayanya. Maka, tak jarang wajah sering terlihat kusam dan lelah. Inilah tanda penuaan paling umum yang banyak banyak ditemui pada wanita terutama menjelang 45 tahun ke atas.

Garis halus bawah mata

Setelah memasuki usia 40, biasanya akan mulai timbul garis halus di bawah mata. Hal itu bisa dilihat dari keriput yang mulai menyerang di area mata. Ini juga merupakan tanda umum, yang tak dapat dihindari. Garis halus dapat terjadi juga di sekitar bibir.

Payudara mengendur

Ini juga gejala yang umumnya terjadi pada wanita saat mulai menua. Setelah usia 45, payudara akan mulai mengendur. Memang agak sulit mengencangkan seperti semula, meski sudah olahraga.

penyebab penuaan dini

Sakit otot

Mulai memasuki usia 50-an, tulang juga akan mulai kehilangan kepadatan dan ukurannya. Inilah penyebab mengapa banyak wanita menderita sakit otot pada usia tersebut.

Rambut memutih

Setelah kulit yang mulai kehilangan elastisitas, rambut yang memutih dan ditumbuhi uban juga adalah gejala penuaan setelah usia 45. Meskipun, hal ini bisa saja terjadi tergantung dari kondisi genetic. Bagi sebagian besar wanita, rambut memutih bisa mulai awal 50-an.

Kualitas pendengaran berkurang

Kualitas pendengaran yang berkurang biasa terjadi, saat wanita biasanya memasuki usia 60-an. Meski, lagi-lagi ini akan bergantung pada kekuatan fisik masing-masing, dan biasanya juga kondisi genetis.

Mulai tampak keriput di tangan

Keriput tak hanya di wajah, tapi juga di tangan juga akan mulai tampak. Ya jangan salah, kulit tangan juga bisa mengalami penuaan dini dengan timbulnya keriput.

**

Meski, usia menua, kesehatan anda tetap di atas segalanya. Perubahan fisik tentu tak dapat dihindari, namun dengan menjalani hidup sehat dan penuh bahagia, justru akan membuat jiwa anda tetap awet muda. Meski secara fisik sudah tak sekuat dulu, menghabiskan masa tua dengan hal-hal positif juga akan membuat anda tetap bersemangat.

Selamat menjalani hidup sehat dan jangan lupa bahagia 🙂

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu