7 Kebiasaan yang Bisa Mengurangi Kerutan Di Wajah

DOKTERCANTIK.COM – Setiap orang pasti akan menjadi tua. Namun apabila penuaan ini terjadi di usia dini, tentu sangat menganggu. Munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit dapat mempengaruhi penampilan, sehingga membuat kita menjadi kurang percaya diri.

Salah satu tanda penuaan dini yang paling umum adalah timbulnya kerutan dan garis-garis halus di wajah. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya kerutan, seperti berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan menerapkan pola hidup sehat.

Nah, berikut 7 kebiasaan baik yang dapat mengurangi kerutan di wajah, kami ulas secara lengkap di bawah ini. Simak ya:

7 Kebiasaan yang Bisa Mengurangi Kerutan Di Wajah

Gunakan pelembab dan krim tabir surya

Perawatan dasar yang dapat dilakukan untuk mencegah munculnya kerutan adalah menggunakan pelembab dan krim tabir surya. Pemakaian pelembab ini sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit. Sedangkan krim tabir surya berguna untuk melindungi kulit dari efek sinar UV matahari.

Tidur dengan posisi terlentang

Kebiasaan tidur terlentang ternyata bisa membantu mengurangi kerutan di kulit. Posisi tidur menyamping dapatt memicu kerutan di dagu dan pipi. Sedangkan posisi tengkurap menimbulkan kerutan di daerah alis. Oleh karena itu, biasakanlah tidur terlentang.

Vitamin C

Sejumlah penelitian mengemukakan bahwa vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, dimana kolagen ini bertugas untuk menjaga kekenyalan kulit. Selain itu, vitamin C juga melindungi kulit dari efek paparan sinar UV A dan UV B dari sinar matahari.

Vitamin C dapat anda temukan di beberapa jenis buah-buahan, seperti jeruk dan stroberi. Anda juga bisa menggunakan krim yang mengandung vitamin C dalam bentuk ascorbyl palmitate atau L-ascorbic.

Dark chocolate

Apa anda termasuk salah seorang yang menghindari konsumsi coklat karena takut gemuk? Perlu anda ketahui, ternyata coklat dapat mencegah munculnya kerutan di kulit. Jenis coklat yang disarankan adalah dark chocolate.

Di dalam dark chocolate terkandung zat antioksidan, yaitu catchecin dan epichatecin yang berperan melindungi kulit dari efek radikal bebas, melembabkan kulit, dan melancarkan peredaran darah.

8 Kebiasaan Buruk Penyebab Keriput Dini

Perbanyak konsumsi ikan

Selain dapat meningkatkan kinerja sel-sel otak, mengonsumsi ikan juga berguna mengurangi kerutan di wajah. Jenis ikan yang disarankan adalah ikan salmon. Kandungan proteinnya yang tinggi dapat meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega 3 yang menjaga kelembaban kulit dan membuat wajah tampak awet muda.

Hindari mencuci muka dengan sabun terlalu sering

Kebiasaan mencuci muka dengan sabun terlalu sering dapat menyebabkan kulit kering. Minyak alami di dalam kulit akan berkurang, sehingga kulit pun rentan mengalami kerutan.

Pilihlah krim yang mengandung AHA

Jika anda hendak membeli krim antiaging, maka pilihlah yang mengandung senyawa AHA (alpha hydroxy acids). Kandungan AHA ini berguna untuk mengurangi kerutan halus di kulit, mengecilkan pori-pori, mengangkat sel-sel kulit mati, dan membantu meningkatkan produksi kolagen. Kendati demikian, AHA juga membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar UV. Jadi, jika anda menggunakan krim yang mengandung AHA, maka jangan lupa mengoleskan tabir surya setiap bepergian.

**

Demikian 7 kebiasaan yang bisa mengurangi kerutan di wajah. Dengan menerapkan kebiasaan baik ini, anda bisa mengurangi gejala dan tanda penuaan dini di wajah. Semoga bermafaat.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu