Manfaat Kulit Jeruk Untuk Membasmi Komedo

DOKTERCANTIK.COM – Dari beragam masalah kulit wajah yang sering dialami para wanita, yang paling menganggu adalah masalah komedo. Nampaknya sepele tapi bila tak segera diatasi, komedo akan membuat kulit wajah menjadi kusam dan kasar. Tak ada yang mau kan bila wajahnya jadi tak cerah dan mulus bercahaya?

Penyebab utama dari komedo ini adalah menumpuknya sel kulit mati ditambah lagi dengan produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Minyak ini akan menutupi pori-pori wajah dan membuat kulit tersumbat sehingga terbentuklah komedo. Selain itu faktor polusi dan kelembaban udara juga berpotensi loh menyebabkan komedo.

Ada banyak cara alami yang diklaim ampuh untuk mengatasi komedo yang menganggu. Salah satu cara alami mengatasi komedo yang cukup populer adalah menggunakan kulit jeruk yang bermanfaat untuk membuka pori-pori wajah yang tersumbat dan mengeluarkan komedo di baliknya.

Manfaat Kulit Jeruk Untuk Membasmi Komedo

Kulit jeruk memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk perawatan kulit dan rambut. Kandungan serat pada kulit jeruk ternyata 4 kali lebih tinggi dibandingkan kandungan serat pada buah jeruk. Selain itu. pada kulit jeruk juga terkandung zat anti kanker, anti inflamasi dan anti diabetes. Rebecca Wood, penulis buku “The New Whole Foods Encyclopedia”,  menyatakan bahwa dalam satu buah jeruk beserta kulitnya terkandung lebih dari 60 jenis flavonoids dan 170 fitonutrien yang berbeda.

Untuk perawatan wajah, penggunaan kulit jeruk akan mengangkat komedo dan sel kulit mati di kulit wajah. Selain itu, kulit jeruk juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori wajah, membantu mengatasi noda bekas jerawat, dan menghaluskan kulit hingga tampak makin bersinar.

Cara Menggunakan Kulit Jeruk Untuk Mengatasi Komedo

Memanfaatkan kulit jeruk dalam mengatasi komedo sebenarnya cukup mudah. Ada dua cara yang sering diterapkan yaitu kulit jeruk sebagai sebagai masker wajah alami maupun menggunakan air rendaman kulit jeruk. Simak caranya berikut ini.

Rahasia Kecantikan Wajah Dengan Kulit Jeruk

Masker Kulit Jeruk

Siapkan kulit jeruk segar yang baru dikupas, masukkan ke blender dan tambahkan sedikit air. Blender campuran kulit jeruk dan air hingga membentuk pasta.  Bersihkan wajah anda. Oleskan pasta kulit jeruk secara merata di wajah terutama di daerah yang sarat dengan komedo. Pijat-pijat kulit wajah dengan lembut. Biarkan semalam. Di pagi hari, bilas dengan air hangat hingga bersih dan tepuk-tepuk wajah dengan handuk bersih yang lembut.

Rendaman Kulit Jeruk

Setelah komedo menghilang dari wajah anda, terapkan cara berikutnya untuk mengecilkan pori-pori wajah dan mencegah komedo datang kembali. Caranya sangatlah mudah. Potong-potong kecil kulit jeruk yang sudah disiapkan dan rendam dalam air hangat selama semalam. Esok harinya, gunakan air rendaman kulit jeruk tersebut untuk membasuh wajah.

**

Nah, demikianlah cara menghilangkan komedo dengan menggunakan kulit jeruk. Sekarang, setiap kali mengkonsumsi jeruk, jangan buang kulitnya ya. Buah jeruk relatif mudah diperoleh baik di pasar tradisional maupun di supermarket dengan harga terjangkau, selain itu cara membuat maskernya pun sangat mudah. Terapkan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang anda idam-idamkan yaitu kulit wajah halus mulus bebas komedo.

Penting untuk diingat, jangan lupa untuk membersihkan wajah secara rutin terlebih lagi setelah beraktivitas di luar ruangan. Kotoran dan debu di wajah yang tidak dibersihkan akah membuat komedo balik lagi ke wajah cantikmu. Eits, jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup agar kulit wajah kenyal terhidrasi.

Selamat mencoba, Cantikers!

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Komentar Pembaca untuk “Manfaat Kulit Jeruk Untuk Membasmi Komedo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *