Cara Mengelupas Kulit Mati Pada Wajah

DOKTERCANTIK.COM – Perawatan wajah sebelum tidur sangat penting dilakukan karena saat kita tidur, sel-sel tubuh melakukan proses pergantian sel-sel rusak dan mati akan berganti dengan sel baru yang lebih baik termasuk di dalamnya adalah sel kulit wajah. Sel yang sudah mati ini akan mengelupas dan meluruh secara perlahan dan terjadilah regenerasi kulit.

Nah, kulit wajah yang tidak dibersihkan sebelum tidur akan sulit untuk berkembang dan berganti, akibatnya kulit wajah kamu akan tampak kusam dan tidak bercahaya. Jika terjadi secara terus menerus maka kulit wajah akan menebal, komedo menumpuk dan wajah pun jadi makin kusam serta rentan mengalami jerawat.

Selain membersihkan wajah sebelum tidur, cara lain untuk membantu pengelupasan sel kulit mati adalah rutin melakukan eksfoliasi setiap seminggu sekali. Cara ini akan membantu kulit wajah makin cerah, kenyal dan lembut.

Cara Mengelupas Kulit Mati Pada Wajah

Ada beberapa metode yang dapat diterapkan dalam mengelupas kulit mati di wajah, simak caranya berikut ini;

A. Menggunakan produk exfoliating gel

Proses pengelupasan kulit mati di wajah sangat bermanfaat untuk kulit wajah berminyak karena akan membantu mengurangi minyak berlebih di wajah sekaligus membantu membersihkan pori-pori wajah.

Sedangkan untuk kulit wajah yang kering, pengelupasan kulit mati dengan exfoliating gel akan membantu menghaluskan permukaan kulit wajah sehingga pelembab wajah akan terserap maksimal dan melembabkan kulit wajah yang kering.

  • Sebelum melakukan eksfoliasi kulit, penting untuk membasuh wajah dengan air agar kulit jadi lembab dan tidak terluka. Gosok kulit wajah menggunakan kain lembut seperti kain tetra atau flanel. Lakukan secara perlahan saja.
  • Bisa juga menggunakan produk pengelupas kulit yang aman dan sesuai tipe kulit wajah. Umumnya, tekstur produk ini berbutir-butir. Oleskan exfoliating gel, cream, atau scrub ke seluruh permukaan wajah kecuali area sekitar mata dan bibir hingga merata. Gosok dan pijat kulit wajah dengan lembut selama 10 detik agar butiran tersebut mengangkat sel kulit mati di wajah.
  • Bilas wajah dengan air hangat hingga tidak ada lagi sisa produk eksfoliasi tertinggal di kulit wajah. Lalu basuh kembali dengan air dingin agar pori-pori wajah kembali tertutup.
  • Keringkan wajah dengan handuk bersih atau kain bersih yang lembut, sambil ditepuk-tepuk ya bukannya digosok.

Cara Mengelupas Kulit Mati Pada Wajah

B. Menggunakan bahan alami

Meskipun banyak produk perawatan eksfoliasi yang beredar di pasaran, tetap saja ada yang memilih eksfoliasi menggunakan bahan-bahan alami. Ini juga direkomendasikan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif atau alergi dengan bahan-bahan kimia.

Nah, eksfoliasi juga bisa loh dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Bahkan bahan-bahan alami untuk eksfoliasi kulit ini pasti kamu miliki di dapur, cek yuk!

  • Gula pasir. Ternyata gula pasir juga bisa digunakan sebagai bahan eksfoliasi kulit wajah. Caranya adalah dengan menyiapkan 1 sdm gula pasir dan 2 sdm madu atau minyak zaitun. Campurkan kedua bahan hingga merata. Oleskan di kulit wajah dan pijat dengan lembut.
  • Oatmeal. Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, oatmeal juga bisa digunakan untuk mengelupas kulit mati di wajah kamu. Caranya adalah, campurkan 1 sdm oatmeal dan 2 sdm madu atau minyak zaitun. Aduk hingga tercampur rata. Oleskan di kulit wajah sambil dipijat lembut.
  • Garam dapur. Selama ini, garam hanya populer sebagai penyedap rasa masakan. Sekarang kamu bisa menggunakannya sebagai bahan alami untuk mengelupas kulit mati di wajah. Caranya, campurkan 1 sdm garam, 1 sdm minyak zaitun dan 2 sdm buah pisang. Lumatkan dan aduk hingga rata. Pakai seperti masker wajah selama 2-3 menit, pijat kulit wajah lalu bilas dengan air bersih.
  • Teh hijau. Caranya sangat mudah. Cukup campurkan 1 sdm bubuk teh hijau dengan sedikit air hangat. Oleskan di wajah seperti memakai masker wajah alami kemudian pijat kulit wajah secara perlahan dan bilas.

**

Penting untuk diperhatikan agar tidak terlalu sering mengelupas kulit wajah. Terlalu sering melakukan eksfoliasi akan membuat kulit wajah jadi kering kering dan mudah keriput padahal yang kamu harapkan adalah kulit wajah yang halus mulus bukan?

Jadi, eksfoliasi kulit wajah cukup dilakukan maksimal dua kali dalam seminggu. Dan jangan lupa juga untuk selalu mengoleskan pelembab wajah setiap kali selesai melakukan pengelupasan kulit wajah.

Selamat mencoba ya, Cantikers!

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *