Mengenal Jenis Masker Wajah Dan Kegunaannya

DOKTERCANTIK.COM – Kondisi kulit wajah selalu menjadi perhatian utama para wanita karena wajah merupakan salah satu aset penting bagi penampilannya. Perawatan wajah secara rutin meruakan hal yang wajib dilakukan agar kulit wajah senantiasa cerah dan bercahaya. Salah satu metoda perawatan wajah yang paling banyak diterapkan wanita adalah perawatan dengan masker wajah baik masker alami maupun masker instan yang dibeli di toko kosmetik.

Masker wajah siap pakai ini menjadi alternatif pilihan bagi wanita yang tidak punya banyak waktu untuk membuat sendiri masker wajah alami. Banyak sekali ragam masker wajah yang beredar di pasaran, kita dituntut cermat dan teliti dalam memilih masker wajah agar tidak menimbulkan masalah pada kulit wajah nantinya.

Yang paling penting adalah memilih masker wajah yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit wajah. Yuk simak tips memilih produk masker wajah yang cocok untuk jenis kulitmu, seperti yang kami ulas berikut ini:

Mengenal Jenis Masker Wajah Dan Kegunaannya

Masker jenis clay (liat)

Jenis masker ini sangat baik untuk kulit wajah tipe berminyak dan rentan berjerawat karena mampu membersihkan kulit secara mendalam (deep cleansing). Masker clay akan menyerap kelebihan minyak dari wajah sekaligus menarik kotoran dari dalam pori-pori wajah. Saat memakai masker clay, usahakan jangan sampai keras dan kering total untuk menghindari iritasi dan dehidrasi pada kulit.. Saat masker mulai mengering dan retak, segera basuh wajah dengan air hangat hingga bersih.

Masker jenis peel off (dikelupas)

Jika anda mengalami masalah komedo dan jerawat, sebaiknya memilih masker wajah peel off. Masker ini akan membantu membuka pori-pori wajah yang tersumbat sehingga komedo gampang dikeluarkan. Selain itu, kandungan asam salisilat pada masker peel off akan membantu mengatasi jerawat di wajah.

Mengenal Jenis Masker Wajah Dan Kegunaannya

Masker malam (Overnight mask)

Masker jenis ini merupakan salah satu masker wajah yang populer karena lebih praktis dan hemat waktu. Umumnya, penggunaan masker wajah langsung dibilas setelah kering, akan tetapi pada masker malam bisa dipakai semalaman hingga keesokan pagi sehingga tidak perlu menunggu. Penggunaan masker malam juga membantu meningkatkan hidrasi pada kulit pada saat kulit beregenerasi di malam hari.

Masker jenis krim (Cream mask)

Untuk anda yang memiliki tipe kulit kering dan kusam, disarankan unuk memilih masker jenis krim karena kaya akan kandungan pelembab dan minyak yang akan menghidrasi dan melembabkan kulit wajah. Sebagai bonus, anda juga akan mendapatkan manfaat ati aging dari maker jenis ini.

Masker jenis lembaran (sheet mask)

Masker jenis lembaran ini berasal dari Korea dan sedang tren kecantikan saat ini. Masker ini berupa selembar kapas tipis yang direndam dalam larutan bahan perawatan, yang bisa membantu menyerap bahan-bahan tersebut ke dalam kulit.

masker wajah sheet mask

Masker jenis gel (gel mask)

Jangan salah kaprah ya menganggap bahwa kulit berminyak tidak butuh pelembab. Masker wajah berbasis gel sangat cocok untuk kulit berminyak anda karena kandungan minyaknya lebih sedikit. Masker gel juga bisa membantu mendinginkan kulit wajah yang panas dan iritasi ringan. Simpanlah masker gel ke dalam kulkas agar mendapatkan efek mendinginkan yang ekstra.

Masker jenis thermal (thermal mask)

Masker jenis ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kulit wajah, yaitu mampu menghangatkan kulit, detoksifikasi kulit dan membersihkan pori-pori wajah secara mendalam sehingga kulit jadi lebih bersih, segar dan tampak awet muda.

Masker untuk eksfoliasi (exfoliating mask)

Masker untuk ekfoliasi merupakan pilihan terbaik bagi wajah kusam karena akan melapisi kembali lapisan teratas kulit dan membuatnya wajah kembali cerah bersinar. Ada banyak pilihan masker ekfoliasi mulai dari bahan biji-bijian hingga asam buah-buahan dan enzim,

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *