5 Cara Efektif Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik

DOKTERCANTIK.COM – Permasalahan kulit yang sering dialami sebagian besar orang adalah kulit kering dan bersisik. Walau terlihat sederhana, nyatanya masalah kulit kering ini dapat berujung pada penuaan dini. Selain itu, kulit kering dan bersisik juga akan menganggu penampilan anda dan menurunkan kepercayaan diri saat bersosialisasi.

Ada banyak hal yang memicu kulit menjadi kering, seperti faktor genetik, kurangnya asupan cairan, efek paparan sinar UV, dan kurangnya asupan nutrisi. Faktor-faktor penyebab kulit kering ini umumnya dapat diatasi dengan mudah, asalkan anda rutin melakukan perawatan untuk kulit kering dan bersisi.

Nah, jika saat ini kamu sedang mengalami masalah kulit kering dan bersisik, ada baiknya kamu mencoba beberapa perawatan kulit ini. Berikut 5 tips efektif mengatasi kulit kering dan bersisik:

5 Cara Efektif Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik

Gunakan pelembab

Cara paling sederhana untuk mengatasi kulit kering adalah mengaplikasikan pelembab. Pada dasarnya, kulit kering disebabkan sel-sel kulit mati yang menumpuk dan kurangnya nutrisi pada kulit. Lotion pelembab membantu menutrisi kulit dan meningkatkan kadar kelembaban kulit. Usahakan untuk rutin menggunakan pelembab sebelum tidur malam, saat di ruang ber-AC, dan bila beraktivitas di luar ruangan.

Kurangi konsumsi makanan yang berkadar gula tinggi

Makanan berkadar gula tinggi dapat memicu terjadinya dehidrasi dan menghambat proses produksi kolagen alami pada kulit. Dimana kolagen ini merupakan protein yang berperan dalam menjaga kekenyalan dn kelembutan kulit.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi berlebihan. Sebaliknya, perbanyak konsumsi buah dan sayuran untuk menutrisi kulit.

Scrubbing

Seperti yang telah disebutkan di atas, penyebab utama kulit kering adalah penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Apabila sel-sel kulit mati ini menumpuk, maka pertumbuhan sel kulit yang baru akan terhambat. Untuk mengatasi kondisi ini, cuci muka saja tidak cukup.

Kamu harus melakukan perawatan kulit scrubbing untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Scrubbing tidak hanya bisa dilakukan di salon kecantikan, kamu juga dapat melakukan scrubbing di rumah dengan membuat ramuan sendiri. Biasanya bahan alami yang berpotensi untuk proses scrubbing adalah gula.

Tips Mencegah dan Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Perbanyak konsumsi air putih

Selain perawatan dari luar, kamu juga butuh perawatan dari dalam. Salah satunya dengan memperbanyak konsumsi air putih. Khasiat air putih untuk kulit tak perlu diragukan lagi. Air putih membantu proses hidrasi kulit, meningkatkan kelembaban, serta menghilangkan keriput-keriput yang muncul pa kulit. Idealnya air putih dikonsumsi sebanyak 8-10 gelas perhari.

Lulur mandi dengan susu

Jika kadar kekeringan kulitmu sudah terlalu parah, ada baiknya kamu mencoba perawatan ekstra yaitu mandi susu. Susu telah dimanfaaatkan sejak puluhan tahun lalu sebagai perawatan kulit.

Kandungan di dalam susu berkhasiat untuk menghaluskan, melembabkan, dan meningkatkan kekenyalan kulit. Kamu bisa membuat ramuan susu kental, lalu mengoleskannya pada seluruh kulit. Atau, kamu juga bisa berendam di air susu. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka kelembaban kulitmu akan kembali.

**

Demikianlah beberapa tips untuk mengatasi kulit kering dan bersisik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya Cantikers.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *