Tips dan Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Tips dan Cara Mengatasi Bibir Pecah-PecahBibir merupakan bagian yang paling sensitif dari seluruh lapisan kulit kita sehingga tidak mengherankan jika bibir sering mengalami gangguan seperti bibir kering bersisik, retak atau pecah-pecah yang menyebabkan rasa sakit.

Aneka masalah pada bibir bisa terjadi karena cuaca kering, over exposure terhadap suhu ekstrim, dehidrasi, kebiasaan sering menggigit bibir, atau akibat kekurangan vitamin B2 (riboflavin). Selain itu, bibir kering, bengkak, atau retak juga dapat disebabkan oleh alergi, infeksi, obat-obatan dan sejumlah masalah medis lainnya.

 

Kita dapat mengatasi masalah bibir pecah-pecah dengan menggunakan obat berbahan kimia atau dengan obat herbal. Pengguanaan obat herbal bahkan terbukti lebih efektif dalam menyembuhkan bibir pecah-pecah atau gangguan lainnya pada bibir.

TERKAIT:  3 Rahasia Awet Muda Meriam Belina

Tips dan Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Berikut adalah beberapa cara mengatasi bibir pecah-pecah untuk meringankan rasa sakit yang anda alami:

Oleskan Minyak Jelly dan Minyak Kelapa

Gunakan minyak jelly untuk mempercepat proses penyembuhan bibir pecah-pecah sekaligus mencegah hilangnya kelembaban bibir anda. Selain itu gunakan minyak kelapa sebagai bahan pengobatan alami untuk bibir pecah-pecah dengan cara mengoleskannya sedikit ke bibir yang bermasalah beberapa kali sehari.

Gunakan Madu

Madu terkenal dengan sifat antibakterinya dan mampu menyembuhkan bibir pecah-pecah dengan cepat, sementara lanolin mempercepat kesembuhan bibir yang luka.

Pakai Lidah Buaya dan Mentimum

Sebagaimana diketahui, manfaat herbal dari lidah buaya (aloe vera) adalah dapat menyembuhkan berbagai masalah pada kulit. Oleh sebab itu untuk menyembuhkan bibir pecah-pecah, cobalah mengolesi gel lidah buaya pada bibir anda setiap hari. Sering menggosok bibir dengan sepotong mentimun segar juga sangat efektif mengobati bibir pecah-pecah, untuk hasil yang lebih baik usahakan dilakukan setiap hari.

TERKAIT:  6 Hal Penting Untuk Diperhatikan Saat Facial

Beri Perlakukan Khusus

Cara lain untuk mengatasi bibir pecah-pecah dengan menghindari minuman seperti jus jeruk dan alkohol karena kedua hanya akan memperparah bibir pecah-pecah anda. Jangan terlalu sering menjilat/membasahi bibir Anda karena dapat menghilangkan kelembaban pada permukaan bibir sehingga menyebabkan permukaan bibir menjadi kering. Biasakan membersihkan permukaan bibir sebelum tidur untuk mengangkat sel kulit yang mati karena hal ini juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah.

Minum Banyak Air

Salah satu penyebab utama bibir kering atau pecah-pecah karena dehidrasi, oleh karena itu dianjurkan untuk minum setidaknya 2-3 liter air setiap hari untuk menjaga kelembaban bibir anda.

*********

Semoga beberapa tips dan cara mengatasi bibir pecah-pecah di atas bermanfaat untuk anda. Salam cantik!