7 Manfaat Kunyit untuk Perawatan Kecantikan

DOKTERCANTIK.COM – Kunyit atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan turmeric merupakan salah rempah yang berasal dari daerah tropis, yaitu Asia yang telah dimanfaatkan sejak ratusan tahun yang lalu.

Kunyit mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin C, kurkuminoid, maupun zat antiseptik yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit seperti campak, alergi, bisul, kanker hingga muntaber. Tidak hanya itu, kandungan antiseptik alami dalam kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati ruam-ruam dan gatal serta mengobati kulit yang terbakar sinar matahari.

Ternyata manfaat kunyit tidak berhenti di situ saja. Kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk ke
cantikan tubuh dan wajah. Berikut adalah ulasan tentang 7 manfaat kunyit bagi kecatikan wanita, simak yuk

manfaat kunyit untuk perawatan kecantikan

1. Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sangat umum dan membutuhkan perawatan yang khusus untuk menyembuhkannya. Anda dapat memanfaatkan kunyit untuk mengurangi jerawat dan juga mencegah jerawat datang kembali.

Caranya adalah membuat masker wajah dari kunyit. Campurkan satu sendok makan bubuk kunyit dengan yogurt dan madu. Aduk rata hingga berubah menjadi pasta yang kental dan oleskan pada wajah secara merata.

Diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih. Usahakan tidak membiarkan masker terlalu lama pada wajah karena kunyit mengandung pewarna alami yang sulit hingga jika dibiarkan terlalu lama.

2. Mengatasi Kulit Berminyak

Wajah yang berminyak beresiko mengalami beberapa masalah kulit, seperti wajah yang kusan dan berjerawat. Masker ebrbahan kunyit dapat Anda buat untuk mengatasi kulit berminyak

Campurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dengan 2 sendok makan air perasan lemon atau jeruk nipis dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

3. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini dapat terjadi melalui tanda-tanda pada kulit seperti kerutan halus. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan kunyit adalah dengan membuat masker dari bubuk kunyit yang dicampur dengan 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan susu dan 1 sendok makan jus tomat. Kenakan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

Kandungan masker ini akan mencegah penuaan dini dengan menyamarkan kerutan halus pada wajah Anda dan membuat wajah Anda senantiasa lembab. Lakukan secara teratur.

4. Mengatasi Pigmentasi Berlebih

Kulit yang sering terpapar sinar matahari secara langsung beresiko terbakar dan timbul bercak-bercak hitam. Efek anti inflamasi dan antiseptik alami dalam kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hal tersebut.

Caranya campur bubuk kunyit dengan jus timun dan oleskan pada kulit selama 20 hingga 30 menit, biarkan hingga mengering dan bilas hingga bersih.

5. Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kepala berketombe dan tambut yang sering rontok, manfaatkan parutan kunyit yang diletakkan di kulit kepala dan diamkan lalu bilas hingga bersih.

6. Menghaluskan Kulit Tumit dan Siku

Kulit di daerah tumit dan siku rentan kering dan kusam. Anda dapat memanfaatkan kunyit untuk membuat kulit tumit dan siku lembut. Caranya campur bubuk kunyit dengan minyak kelapa, lalu oleskan pada bagian tumit dan siku.

Pijat ringan dan biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

7. Mengangkat Sel Kulit Mati

Kulit wajah maupun tubuh yang jarang dirawat cenderung banyak memiliki sel kulit mati. Cara untuk mengatasinya adalah dengan membuat scrub dari kunyit. Camput bubuk kunyit dengan tepung chickpea dan gosok lembut pada kulit Anda, lalu bilas hingga bersih.

Lakukan secara rutin untuk mendapatkan kulit yang lembut dan bersih.

***

Itulah 7 manfaaat kunyit bagi kecantikan Anda. Semoga bermanfaat.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu