Perawatan Wajah Dengan Facial

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu kunci utama dari perawatan kulit dan wajah adalah selalu menjaga kebersihan kulit. Mencuci wajah, menerapkan masker, dan facial merupakan cara-cara yang dilakukan untuk selalu menjaga kebersihan kulit wajah. Untuk kali ini, yuk mari membahas tentang perawatan wajah dengan facial yang akan membuat kulit wajah makin bersih dan kinclong.

Apa sih facial itu?

Facial merupakan proses membersihkan kulit wajah secara mendalam dengan meluruhkan sel-sel kulit mati di wajah, sekaligus mengangkat minyak berlebih, kotoron dan debu yang tersumbat di pori-pori wajah. Perawatan wajah dengan facial sangat membantu dalam mengatasi komedo yang terjebak dalam pori-pori dan tidak bisa dikeluarkan dengan scrub wajah.

Kapan facial perlu dilakukan?

Perawatan wajah dengan facial memang disarankan untuk dilakukan secara rutin tetapi jangan terlalu sering. Kulit wajah bisa menjadi iritasi karena terlalu sering diutak-atik. Cukup lakukan facial sekali atau dua kali dalam sebulan.
Perawatan facial berbeda untuk setiap jenis kulit, karena itu pastikan ya jenis kulitmu terlebih dahulu.

Di mana melakukan facial?

Meskipun facial bisa juga dilakukan sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami, tetapi ada juga yang hanya mau jika facial dilakukan di klinik kecantikan atau dokter kulit terpercaya. Selain itu, facial juga bisa dilakukan di salon. Tergantung pilihan kamu mau memilih yang mana.

Loading...

READ:  Manfaat Facial Secara Teratur Bagi Kulit Wajah

Langkah-langkah facial

  • Pembersihan. Proses pembersihan kulit wajah dilakukan dengan pembersih yang cocok dengan jenis kulit kamu apakah kering, berminyak, kombinasi, normal atau sensitif.
  • Scrubbing. Nah untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah, dilakukan scrubbing.
  • Massage. Proses massage atau memijat kulit wajah penting dilakukan agar peredaran darah jadi lancar dan otot wajah jadi rileks. Penting untuk diingat, jangan melakukan massage jika kulit wajah kamu sedang berjerawat ya karena akan memperparah dan menambah jerawat di wajah.
  • Ekstraksi komedo. Komedo kadang-kadang terjebak dalam pori-pori kulit dan tidak bisa dibersihkan dengan scrub saja, jadi komedo pun dikeluarkan dengan menggunakan alat bantu. Pastikan alat bantu yang digunakan dalam keadaan bersih.
  • Masker wajah. Agar kulit wajah tidak iritasi, masker wajah pun diterapkan sekaligus sebagai penutup rangkaian dari perawatan wajah dengan facial.

Bisakah facial sendiri di rumah?

Sebenarnya facial juga dapat dilakukan di rumah, dengan langkah-langkah yang sama dengan facial di salon, yaitu membersihkan wajah, mengelupas kulit mati, mengangkat komedo, menerapkan masker wajah dan melembabkan wajah. Baca tentang tips dan langkah praktis facial di rumah ya untuk lebih jelasnya.

READ:  3 Manfaat Kunyit Untuk Perawatan Kulit

Tips penting sebelum facial

Jika kamu tertarik untuk melakukan perawatan kulit wajah dengan facial, ada tips-tips penting yang harus kamu ketahui sebelum melakukan facial. Ini dia tipsnya berikut ini.

1. Penting untuk memperhatikan kenyamanan tubuh saat facial sedang berlangsung, jadi pastikan kondisi kamu  sedang fit ya.
2. Jika ingin melakukan chemical peeling sebagai rangkaian perawatan facial, disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari berlebih.
3. Sebaiknya memilih klinik kecantikan terpercaya atau dokter kulit. Jika berniat melakukan facial sendiri di rumah, sebaiknya pastikan cocok dengan type kulit kamu.
4. Eh jangan salah, tidak semua masalah kulit wajah bisa diselesaikan dengan facial loh. Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu kondisi kulit kamu ya dengan dokter kulit.
5. Kadang kala, proses pengeluaran komedo terasa sakit bahkan sampai mengeluarkan air mata saat dipencet. Jangan ragu ngomong ke terapisnya ya jika memang tidak bisa menahan sakitnya.
6. Sehabis perawatan facial, biasanya wajah akan terasa bengkak dan memerah. Jangan khawatir, efek ini akan hilang dalam waktu satu atau dua hari, dengan catatan proses facialnya dilakukan dengan benar ya.
7. Sebaiknya kurangi  kontak langsung debu dengan kulit sehabis facial karena kulit masih sensitif dan pori-pori wajah masih terbuka. Pakailah masker untuk menutupi kulit wajah.

READ:  7 Penyebab Rambut Jadi Lepek

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *