Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin K

Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin KVitamin K memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh kita yang antara lain adalah membantu proses pembekuan darah, mengurangi sakit saat menstruasi, mengurangi adanya pendarahan di dalam, penghambatan bilier dan arus menstruasi yang berlebih. Vitamin K terdiri dari kumpulan mineral yang mengandung 2-methilo-naphthoquinone derivatives.

Tiga bentuk vitamin K yang dikenal adalah K1 (phylloquinone, phytonadione, phytonactone), K2 (menaquinones yang dibentuk dari bakteri natural di dalam jaringan perut, dan K3 (menadione).

Vitamin K menyediakan lebih dari 80 nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Nutrisi tersebut termasuk mineral, antioksidan, neuronutrients, enzim, vitamin, amino acid, ekstrak herbal, carotenoids, bioflavonoids dan bahan penunjang lainya.

Vitamin K dikenal sebagai vitamin yang dapat larut dalam jaringan lemak dan banyak terdapat pada jaringan perut tubuh manusia. Peran paling penting dari vitamin K adalah mengontrol pembekuan darah yang berguna untuk menghindari kehabisan darah saat terdapat luka di tubuh.

Vitamin K bermanfaat membantu penyerapan kalsium yang berasal dari makanan, hal ini berarti bahwa vitamin ini juga sangat membantu dalam pembentukan dan perawatan tulang yang sehat.

Kekurangan Vitamin K

Seseorang yang kekurangan akan asupan vitamin K pasti akan mengalami gangguan dalam proses pembekuan darah atau ketika mereka terluka. Gejala yang mungkin timbul adalah masa mentruasi yang berlarut-larut, gusi berdarah, pendarahan pada jaringan saluran pencernaan, mimisan, mudah terluka, urine yang bercampur dengan darah, waktu pembekuan darah yang lama, hemorrhaging dan anemia.

Di sisi lain, kekurangan kandungan vitamin K2 dapat menyebabkan berbagai gangguan pada tulang. Gejala yang mungkin saja timbul adalah osteopenia (tulang yang hilang), penurunan ketebalan tulang (osteoporosis) dan tulang retak. Kekurangan vitamin K2 tersebut juga akan berakibat pada pelepasan kalsium yang berlebih pada jaringan lunak. Proses pelepasan kalsium tersebut akan dapat menyebabkan gangguan pada katup jantung bila dibiarkan secara terus menerus.

Sumber Vitamin K

Beberapa bahan makanan yang merupakan sumber utama vitamin K adalah parsley, kale, bayam, brussel, lobak swiss, kacang hijau, asparagus, brokoli, mustard hijau, thyme, selada romaine, sage, oregano, kubis, seledri, ketimun, bawang prei, kembang kol, tomat dan blueberry.

Beberapa bahan makanan yang telah melewati fase fermentasi, seperti keju, merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin K.

Manfaat Vitamin K

Berikut adalah beberapa manfaat dari vitamin K:

  • Pembekuan darah
    Fungsi utama dari vitamin K adalah untuk mengatur proses pembekuan darah karena vitamin ini memiliki peran penting dalam proses penggabungan prothrombium. Proses ini akan dilakukan secara otomatis ketika ada luka pada pembuluh darah kita. Pembekuan pada darah terdiri atas beberapa set molekul yang terus beredar pada pembuluh darah di dalam tubuh. Vitamin K membantu pembekuan darah dengan mengantarkan kalsium dari tubuh. Vitamin K2 berfungsi untuk meningkatkan gangguan pada darah yang sering disebut dengan sindrom myelodyplastic.
  • Osteoporosis
    Gejala osteoporosis adalah suatu gejala dimana ketebalan tulang kita berkurang. Gangguan ini sering terjadi pada saat kita berumur lebih dari 50 tahun, pada wanita biasanya ditemukan pada saat mereka melewati fase post-menstruasi. Sindrom ini akan menyebabkan berbagai komplikasi dan bergerak terus secara diam-diam bila dibiarkan secara terus menerus. Untuk mencegahnya, kita perlu banyak memakan sayur-sayutan serta bahan makanan yang banyak mengandung vitamin K.
  • Mengurangi siklus menstruasi yang berlebih
  • Mencegah rasa mual dan muntah pada wanita yang sedang mengandung
  • Mencegah terjadinya pendarahan internal terutama pada jaringan perut
  • Mengontrol gula darah

Betapa pentingnya manfaat dari vitamin K. Ayo, cukupi kebutuhan vitamin K anda dengan mengkonsumsi makanan sumber vitamin K sebagaimana dijelaskan di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!