Cara Membuat Masker Beras Untuk Perawatan Kulit Wajah

DOKTERCANTIK.COM – Selama ini beras dikenal sebagai sumber karbohidrat bagi tubuh. Pokoknya, belum berasa kenyang jika belum makan nasi yang terbuat dari beras. Nah, selain mengenyangkan, ternyata beras ini mempunyai fungsi lain yaitu digunakan sebagai bahan alami dalam perawatan kulit dan kecantikan wanita.

Bedak atau masker wajah yang terbuat dari beras sudah digunakan sejak dahulu kala oleh putri bangsawan untuk merawat kulit agar halus, mulus dan cerah alami. Ya, ternyata beras memiliki kandungan yang dapat menjadi masker pemutih wajah yang ampuh. Dengan catatan, yang digunakan adalah beras asli yang tidak mengandung pengawet, pemutih, dan bahan berbahaya lainnya.

Cara Membuat Masker Beras Untuk Perawatan Wajah

Manfaat Masker Beras Untuk Perawatan Kulit

Dengan penggunaan masker beras secara rutin, maka banyak sekali manfaatnya yang akan kita dapatkan. Tentu saja dibutuhkan kesabaran dalam menjalani prosesnya karena penggunaan bahan alami dalam perawatan kecantikan sangatlah berbeda dengan produk kecantikan berbahan kimia, di mana hasilnya lebih cepat terlihat.

Berikut adalah manfaat masker beras untuk perawatan kulit:

– Membantu memutihkan kulit secara alami
– Mencegah radikal bebas (sinar UV) penyebab kerusakan
– Mempercepat proses regerenasi sel-sel kulit yang baru
– Mencerahkan kulit dari lapisan terdalam
– Menghilangkan flek hitam dan bintik bekas jerawat
– Mengatasi minyak berlebih pada wajah
– Membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat
– Menghaluskan kulit kasar dengan kandungan scrubnya.

Cara Membuat Masker Beras Untuk Perawatan Kulit

Dalam membuat masker beras untuk perawatan kulit, ada beberapa langkah yang bisa dijadikan panduan. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Membuat tepung beras

  • Siapkan bahan utama untuk membuat masker beras yaitu 2 sampai 3 genggam beras. Pastikan beras yang digunakan adalah beras asli tanpa tambahan pemutih, pengawet dan bahan berbahaya lainnya.
  • Rendam beras tersebut hingga beras terasa lunak dan mudah untuk dihaluskan. Bisa juga dengan merendam beras semalaman dan besok paginya barulah ditiriskan.
  • Haluskan beras, bisa dengan cara manual yaitu ditumbuk hingga halus atau menggunakan mesin penghancur misalnya blender.
  • Jemur beras yang telah dihaluskan tadi hingga benar-benar kering. Simpan dalam wadah yang bersih dan kering lalu tutup rapat agar lebih awet dan tahan lama.
  • Tepung beras siap digunakan menjadi masker beras untuk perawatan wajah.

2. Membuat masker beras

  • Ambil 2 hingga 3 sendok tepung beras yang sudah dibuat tadi, campur dengan madu secukupnya. Aduk secara merata hingga berbentuk pasta
  • Sebagai pengganti madu juga bisa menggunakan susu murni, minyak zaitun, yoghurt, perasan lemon atau bahkan putih telur
  • Buatlah masker beras secukupnya saja untuk sekali pemakaian. Untuk pemakaian masker beras berikutnya, silakan membuat campuran yang baru lagi

3. Penggunaan masker beras

  • Pastikan wajah dalam keadaan bersih dari debu, keringat dan minyak sebelum menerapkan masker beras, akan lebih baik lagi jika dibasuh dengan air hangat hingga pori-pori wajah terbuka
  • Oleskan masker beras ke seluruh bagian wajah, diamkan selama 20 sampai 30 menit atau hingga masker benar-benar kering
  • Bilas wajah dengan air hangat hingga bersih lalu dengan air dingin agar pori-pori wajah kembali menutup
  • Keringkan wajah dengan handuk yang lembut sambil ditepuk-tepuk, jangan digosok ya karena kulit wajah bisa iritasi

Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan bebas dari jerawat, lakukan secara rutin setidaknya seminggu sekali. Setelah penggunaan masker wajah dari beras, oleskan pelembab agar kulit wajah tidak kering. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi air setidaknya 8 gelas sehari agar kulit tetap terhidrasi dan selalu lembab.

Oya, selain digunakan sebagai masker wajah alami, masker beras ini juga bisa diterapkan sebagai bahan perawatan kulit tubuh. Cara penggunaannya pun sama seperti penerapannya di wajah.

Selamat mencoba ya, Cantikers!

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *