5 Tips Mencegah Keriput Pada Telapak Tangan

DOKTERCANTIK.COM – Tanda pertama yang akan muncul atau tampak saat Anda sudah memasuki usia 40an yaitu selain munculnya kerutan atau garis wajah, juga akan muncul kerutan pada bagian buku-buku jari atau tonjolan pada kuku dan kulit tangan.

Tanda-tanda seperti ini pastinya akan sangat mengganggu penampilan Anda terlebih untuk  wanita yang sangat mementingkan penampilan mereka.

Untuk mengatasi kerutan pada wajah, Anda dapat menggunakan produk wajah tentunya, tapi bagaimana dengan bagian tangan? Jangan khawatir, pada artikel berikut kami akan berikan beberapa tips mengurangi keriput pada telapak tangan yang disebabkan oleh usia.

5 Tips Mencegah Keriput Pada Telapak Tangan

1. Krim Tangan

Krim tangan adalah pilihan ekonomis dan sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi kerutan pada telapak tangan. Anda dapat menggunakan krim tangan yang kaya akan built-in untuk memberikan perlindungan dari sengatan matahari.

Jika krim tangan mengandung spektrum SPF, ini akan mencegah dan memperlambat tanda-tanda penuaan, termasuk bintik-bintik cokelat dan keriput,” jelas dokter kulit Dr Francesca Fusco dari New York City. 

Selain itu, krim tangan pada emolien menjaga kulit tetap terhidrasi yang akan memperlambat kerusakan akibat radikal bebas, demikian kata Dr Frederic Brandt, New York dan Miami.

Krim tangan yang mengadung antioksidan, akan menghaluskan kulit dan mengurangi keriput. Krim tangan yang mengandung antioksidan menjadi pilihan krim yang paling ideal.

2. Sunscreen

Berkendara dan berkebun adalah dua penyebab utama kulit mendapat paparan sinar matahari lebih yang bisa menyebabkan kerutan dan munculnya bercak hitam pada kulit.

Menurut Fusco, paparan sinar UV dari pengering kuku juga menjadi penyebab lain yang mengejutkan. Selain menerapkan sunscreen SPF-infused krim tangan, gunakan sarung tangan untuk melindungi kulit dari sinar matahari untuk mencegah kulit keriput, terbakar dan berbintik.

3. Hand Sanitizer

Alkohol dalam produk sanitizer berpotensi menyebabkan tangan lebih mudah kering dan beberapa wanita menggunakan ini berkali-kali setiap harinya dan menyebabkan potensi kerusakan pada kulit tangan.

Bahkan mencuci sabun dan air biasa secara berlebihan dapat membuat kulit kering, menyebabkan iritasi dan peradangan dan dapat menyebabkan penuaan dini,” kata Dr Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di Mount Sinai Medical Center.

4. Kuteks

Warna mempengaruhi penampilan seseorang dan ini juga termasuk untuk pemilihan kuteks.  Memilih warna dan bentuk nail polish akan membantu menyamarkan keriput pada tangan Anda.

“Selain itu menjaga kutikula tetap terhidrasi dan akan mencegah ridging,” kata Brandt. Ridging adalah proses dimana kuku mulai menipis dan menguning yang menjadi tanda-tanda penuaan yang paling jelas.

5. Laser

Untuk pilihan akhir menghilangkan kulit keriput pada tangan bahkan seluruh wajah yaitu dengan menggunakan perawatan laser. Anda dapat mengunjungi salon kecantikan untuk mendapatkan perawatan ini yang hasilnya akan lebih cepat terlihat.

Ingat, pastikan mengunjungi salon atau klinik yang memiliki sertifikat profesional dan populer untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

**

Selain melakukan perawatan dari luar,  perawatan dari dalam tubuh juga sangat penting untuk mengurangi kerutan pada tangan Anda. Mengkonsumsi sayuran dan buah serta minum air yang cukup akan membantu untuk merawat kulit dari dalam tubuh.

Semoga bermanfaat.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu