Beberapa Rahasia Perawatan Kecantikan Tradisional Indonesia

Rahasia Perawatan Kecantikan Tradisional IndonesiaBukan rahasia lagi bila perempuan Indonesia terkenal dengan kecantikan mereka yang unik. Bahkan setiap suku-suku di pelosok tanah air memiliki rahasia kecantikan turun-temurun yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Dari kekayaaan budaya tradisional inilah kerap kali produk kosmetik untuk kecantikan dan perawatan kulit kita temukan.

Berikut adalah beberapa cara merawat kecantikan tradisional dari beberapa suku di Indonesia.

Kulit Bercahaya ala Suku Bugis

Perempuan-perempuan Bugis terkenal senang merawat kulit agar putih dengan memolesi tubuh mereka dengan bedak. Berbagai macam bedak diolah dari tumbuh-tumbuhan seperti sirih, daun pandan, gingseng, bahkan jeruk nipis.

Yang paling terkenal adalah bedak sirih yang terbuat dari campuran sirih, gambir, tepung beras, kunyit, dan buah pinang muda. Campuran dari tumbuh-tumbuhan itu  kemudian dioleskan ke tubuh 2 atau 3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang cerah.

Adapun bedak hitam atau orang Bugis menyebutnya bedak lotong yang terbuat dari  beras biasa, akar ginseng, daun pandan dan jeruk nipis. Cara membuatnya cukup mudah. Beras disangrai hingga hangus lalu masukkan akar ginseng dan daun pandan. Campuran tadi kemudian diaduk hingga harum.

Setelah itu tumbuk hingga halus dan diamkan sampai dingin. Setelah itu, anda bisa mengoleskan bedak tersebut di permukaan kulit yang gelap. Untuk hasil yang maksimal, usahakan mengoleskan bedak tersebut secara rutin sebelum mandi. Kulit putih bercahaya ala suku Bugis siap anda dapatkan.

Timung, Spa ala Suku Banjar

Untung merawat kesehatan kulit sekaligus untuk relaksasi, biasanya kaum perempuan senang melakukan spa. Spa merupakan singkatan yang diambil dari istilah latin salos per aqua yang artinya sehat melalui terapi air.

Sejak zaman Mesir Kuno, Ratu Cleopatra yang terkenal akan kecantikannya senang melakukan spa untuk merawat kecantikan tubuhnya dengan menggunakan sari dari rempah-rempah.

Ada banyak metode spa yang berasal dari belahan dunia. Indonesia pun tak ketinggalan. Suku Banjar di Kalimantan Selatan terkenal dengan metode spa khas Banjar yang dikenal dengan sebutan Timung.

Timung atau Batimung berasal dari bahasa Banjar Kulua yang berarti mandi tradisional ala orang Banjar. Tradisi Timung ini sudah diwariskan secara turun temurun untuk menghilangkan keringat dan untuk kesehatan.

Awalnya batimung dilakukan oleh pasangan yang akan menikah. Tapi seiring berjalannya waktu, batimung dilakukan oleh siapapun dan kapanpun sebagai terapi untuk kesehatan dan kecantikan.

Cara melakukan timung cukup mudah dan bisa anda praktekkan sendiri di rumah. Pertama-tama taburi tubuh anda dengan menggunakan rempah-rempah timung asli Kalimantan Selatan. Beberapa rempah-rempah dan akar-akaran memang hanya bisa ditemukan di Kalimantan Selatan.

Rempah-rempah yang telah diolesi di tubuh akan meresap ke dalam kulit sampai beberapa hari. Konon, rempah-rempah ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit.

Bau wangi dari rempah-rempah ini dapat bertahan di kulit sampai beberapa hari. Dengan mencoba Timung, bisa dipastikan tubuh anda akan wangi dan sudah pasti sehat.

Ramuan Cantik dari Suku Jawa

Masyarakat Jawa tak hanya terkenal dengan jamu sebagai minuman kesehatan tapi juga beberapa ramuan yang dipercaya dapat mempercantik wajah. Perempuan-perempuan Jawa mewariskan ramuan itu dari masa ke masa dari generasi ke generasi.

Beberapa ramuan bahkan menjadi acuan bagi perusahaan kosmetik dalam negeri untuk meniru ramuan yang dipercaya dapat mempercantik siapapun yang memakainya. Beberapa ramuan tersebut cukup akrab di telinga kita.

Beras Kencur

Beras kencur telah terkenal akan khasiatnya sampai ke pelosok negeri. Beras Kencur sendiri dibedakan menjadi dua yaitu sebagai jamu minum dan lulur. Untuk jamu lulur biasanya beras kencur akan ditambah dengan mangir atau kunyit. Lulur dengan beras kencur dan mangir akan membuat kulit terasa lebih kencang, cerah, dan halus. Beras kencur untuk lulur biasanya dijual dalam bentuk tablet kering, saat kita akan memakainya sebaiknya dicairkan terlebih dahulu dengan air.

Bubuk Bengkoang

Selain Beras Kencur adapun Bubuk Bengkoang yang terbuat dari sari-sari bengkoang. Ramuan ini berfungsi untuk memutihkan, meremajakan, dan mencerahkan kulit. Bubuk bengkoang dapat kita buat sendiri dengan cara memarut bengkoang, kemudian diperas.  Air bengkoang kemudian diendapkan.

Setelah mengendap pisahkan air dari sari endapan bengkoang lalu jemur sari bengkoang hingga kering. Anda bisa menggunakan ramuan tersebut sebagai masker.

***********

Nah, itulah beberapa rahasia cantik dari berbagai suku yang ada di Indonesia. Tertarik memiliki kecantikan yang sehat dan alami? Anda dapat mencobanya dari sekarang.





  • http://www.adsenseamin.blogspot.com amin

    Menurut anda, resep-resep diatas aman tidak ? Kalau untuk buat kulit lebih putih tapi tidak pucat bisa / tidak ?
    Kulit wanita indonesia cenderung kuning langsat tapi bukan putih pucat, jadi cocok ya dengan resep diatas ?