Cara Merawat Wajah Sesuai Tipe Kulit

DOKTERCANTIK.COM – Kulit sehat dan indah merupakan hal terpenting yang harus mendapat perhatian khusus dari kaum wanita, yang bertujuan untuk memilih perawatan atau produk kecantikan yang cocok buat tipe kulitnya.

Pada dasarnya, manusia memiliki lima jenis tipe kulit yaitu kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif dan jenis kulit kombinasi. Setelah anda mengenal jenis kulit sendiri, barulah dapat melakukan satu perawatan atau pemakaian produk kecantikan yang cocok untuk tipe kulit anda.

Cara Merawat Wajah Sesuai Tipe Kulit

Berikut ini diberikan beberapa tips praktis untuk perawatan kecantikan wajah berdasarkan jenis atau tipe kulit :

1). Kulit normal

Kulit normal terdiri dari dua jenis yaitu normal tidak kering dan berminyak. Ciri – cirinya adalah pori – pori terlihat jelas, setelah dicuci memakai sabun yang tepat terasa halus dan nyaman ketika anda raba, pada siang hari wajah terlihat segar atau bersih meskipun anda sedang berkeringat, mudah tumbuh jerawat, dan pada malam hari, perawatan cream malam membuat kulit normal anda terasa nyaman (tidak kering).

Perawatan jenis kulit normal bisa memakai produk kecantikan berupa pembersih muka/facial wash yang bersifat lembut. Selanjutnya dinginkan kulit wajah dan leher dengan memberikan percikan toner yang menyegarkan. Terakhir pakailah pelembab wajah disertai pijatan ringan dengan jari.

2). Kulit sensitif

Mempunyai ciri – ciri sebagai berikut, mudah teriritasi, kusam dan terasa kering, gatal, perih setelah dibersihkan dengan facial wash, namun jarang ditumbuhi jerawat, apabila malas melakukan perawatan wajah akan muncul beberapa kulit mati yang terkelupas seperti kulit bersisik dan berwarna putih, terasa gatal dan perih setelah memakai toner atau cream malam yang kurang cocok sehingga kulit mengalami iritasi ringan hingga parah.

Untuk merawat kulit sensitif, jangan terlalu sering mencuci wajah dengan sabun berbahan kimia keras, pakailah lotion atau pelembab dan pembersih ringan dengan kandungan hipoalergenik. Pelembab berfungsi menguatkan kulit dan mencegah iritasi. Pastikan memakai pelembab tanpa kandungan parfum atau pewangi karena justru bisa memicu timbulnya iritasi kulit.

3). Kulit kering

Ditandai dengan kulit terasa kering dan tipis, pori – pori kulit sangat halus, kulit terasa kencang dan bersisik atau kering setelah mencuci wajah apalagi memakai sabun yang salah, sering muncul sisa kulit mati yang belum terbuang secara sempurna, tampak seperti tambalan sisik. Tidak pernah berjerawat. Pemakaian toner di siang hari atau cream malam akan terasa perih di kulit jika salah memilih produk kosmetik.

Untuk perawatan kulit kering sangatlah mudah, pakailah cream pembersih dari bahan lembut. Biarkan beberapa menit pada kulit sebelum dibersihkan dengan memakai kapas. Lalu bilas wajah dengan air dingin (air es lebih bagus) untuk membersihkan sekaligus mendinginkan kulit. Gunakan cream pelembab untuk menjaga kelembaban kulit anda sesering mungkin.

4). Kulit berminyak

Kondisi kulit sangat berminyak apalagi ketika cuaca panas di siang hari. Kulit tampak mengkilap tetapi terasa halus dan cukup nyaman saat dibersihkan memakai facial wash. Mudah tumbuh jerawat membandel, pori – pori terlihat besar, kulit semakin mengkilap dan berminyak setelah memakai cream malam.

Untuk perawatan jenis kulit berminyak bisa dimulai dengan langkah awal yaitu mencuci wajah dengan memakai facial wash yang lembut, berfungsi mengangkat kotoran dan minyak tanpa menghilangkan kelembaban alami dari kulit. Atau rendamlah kapas dalam cairan astringent dan usap dengan lembut pada bagian wajah dan leher secara rata, hal ini berfungsi merefresh dan mendinginkan kulit.

Meskipun mengandung minyak berlebihan, jenis kulit ini juga perlu lotion atau pelembab wajah, pilihlah pelembab yang ringan atau lembut dan berbentuk cairan. Pelembab jenis ini bermanfaat untuk mencegah kulit menjadi mengkilap ketika harus tampil di siang hari.

5). Kulit kombinasi

Kombinasi kulit normal, berminyak dan kering, cirinya adalah kulit bagian pipi lebih kering dari bagian lainnya, kulit berminyak di daerah sekitar T-zone, pada umumnya kulit wajah terasa sangat kering dan halus setelah dibersihkan dengan memakai facial wash.

Sering berjerawat di bagian T-zone, mengkilap disiang hari terutama pada bagian T-zone, pemakaian cream malam hanya pada bagian pipi saja (atau yang dirasa kering), kebanyakan kaum perempuan usia remaja mempunyai jenis kulit ini.

Untuk merawat kulit jenis kombinasi, cucilah wajah dengan rajin setiap pagi hari dengan memakai facial wash, yang berfungsi membersihkan kulit dan mencegah munculnya komedo pada T-zone.

Pada malam hari sebelum tidur, pakailah cream pembersih untuk melembabkan kulit yang kering. Cara ini berfungsi menyeimbangkan antara kekeringan dan kelebihan minyak pada wajah anda. Pakai cairan astrigent untuk daerah berminyak dan penyegar kulit ringan untuk daerah kering. Selanjutnya usapkan dengan tipis pelembab pada seluruh kulit wajah dan muka, terutama pada bagian kulit yang kering.

**

Itulah 5 jenis kulit dan cara merawatnya secara rutin sehingga anda terhindar dari masalah kulit seperti berjerawat, kulit kusam, kering dan bersisik. Cobalah menganalisa lebih teliti, termasuk dalam jenis mana kulit wajah anda? Setelah itu barulah memilih perawatan yang tepat untuk memperoleh kulit wajah yang sehat dan indah.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu