4 Cara Efektif agar Berat Badan Turun dengan Alami

DOKTERCANTIK.COM – Berat badan turun menjadi idaman semua orang yang saat ini masih memiliki tubuh yang kelebihan berat alias kegemukan. Mereka mungkin sudah sadar bahwa kegemukan berpengaruh negatif pada tubuh. Misalnya, beresiko terkena penyakit yang membahayakan, bentuk tubuh yang kurang proporsional, maupun tampil kurang percaya diri di hadapan orang banyak.

Oleh karena itu, tidak sedikit dari mereka, baik pria maupun wanita yang menggunakan berbagai macam cara untuk menurunkan berat badannya. Bahkan, beberapa di antaranya memberanikan diri untuk melakukan cara-cara yang ekstrem, seperti melakukan operasi atau sedot lemak.

Cara seperti itu memang sangat cepat menurunkan berat badan secara instan. Namun, cukup beresiko bagi kesehatan tubuh, serta biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Anda tidak perlu melakukan cara ekstrem seperti itu. Lebih baik mempraktikkan beberapa macam cara sederhana, alami, dan sehat agar berat badan turun, seperti yang diuraikan di bawah ini.

4 Cara Efektif agar Berat Badan Turun dengan Alami

Berkomitmen pada diri sendiri

Sebelum memulai langkah atau cara fisik yang nyata, Anda harus berkomitmen dan berjanji pada diri sendiri untuk selalu berdisiplin dengan melakukan cara-cara alami dan sehat agar berat badan turun.

Jauhilah rasa malas, berpikiran negatif, dan pesimis. Gantilah dengan rasa disiplin, rajin, berpikiran positif, dan selalu optimis. Dijamin, semua langkah yang Anda kerjakan untuk membakar timbunan lemak dan kalori di dalam tubuh akan berhasil.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi

Cara agar berat badan turun yaitu melakukan diet. Anda cukup menurunkan porsi makan setiap harinya, saat makan pagi, siang, dan malam. Terutama makanan yang mengandung lemak, kalori, dan karbohidrat yang berat. Sebagai gantinya, Anda bisa memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan segar dalam setiap menu makan. Itulah cara diet yang sehat serta tidak menyiksa tubuh.

Berbagai macam sayuran dan buah-buahan kaya akan kandungan protein, mineral, zat besi, vitamin, dan yang lainnya. Semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk tubuh. Pakailah menu yang lebih bervariasi dalam setiap makan sehari-hari agar tidak membosankan.

Berolahraga secara teratur

Cara selanjutnya agar berat badan turun, yaitu berolahraga. Berolahraga tidak perlu memaksakan diri. Anda hanya membutuhkan sekitar waktu 30 – 45 menit untuk berolahraga dengan porsi yang ringan dahulu, bagi Anda yang masih pemula. Memang, pembakaran lemak dan kalori saat berolahraga ringan seperti itu tidak optimal. Namun, jika dilakukan secara teratur dan disiplin tentu saja timbunan kalori dan lemak di dalam tubuh Anda akan terkikis sedikit-demi sedikit.

Macam olahraga yang bisa Anda praktikkan, antara lain berjalan kaki baik dengan ritme yang lamban atau santai, sedang, ataupun cepat. Selain jalan kaki, Anda dapat melakukan olahraga jogging, yaitu berlari-lari di pagi hari sambil menghirup udara segar.

Sebelum melakukannya, Anda harus melakukan pemanasan terlebih dahulu, terutama pada bagian kaki. Anda dapat meregangkan otot di sekitar pergelangan kaki, betis, dan paha.

Mengkonsumsi air putih

Jangan pernah lupakan untuk mengkonsumsi air putih yang sehat dan bermineral. Air putih seperti itu sangat dibutuhkan tubuh sebagai asupan cairan agar tidak mengalami dehidrasi saat melakukan beragam cara seperti yang ditulis di atas agar berat badan turun.

Konsumsilah air putih minimal 8 gelas sehari. Perlu Anda ketahui bahwa air putih sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh Anda. oleh karena itu, konsumsilah air putih yang sehat dan menyegarkan.

**

Itulah beberapa cara yang bisa Anda praktikkan agar berat badan turun dengan alami dan sehat. Semoga bermanfaat ya.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu