DOKTERCANTIK.COM – Mempunyai wajah awet muda tentunya adalah idaman semua orang. Dimana pada umumnya, wanita lebih cenderung rajin merawat kulitnya, guna memperoleh wajah yang tetap awet muda meskipun usia bertambah. Berbagai carapun ditempuh mulai dari penggunaan kosmetik, terapi, hingga operasi. Sayangnya, tidak semua cara tersebut membuahkan hasil yang memuaskan. Bahkan terkadang wajah malah menjadi semakin menjadi rusak.

Sebenarnya untuk tampil awet muda, anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami, karena bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping bagi kulit. Salah satu bahan alami yang berkhasiat untuk meremajakan kulit adalah jeruk nipis.

Nah, ingin tahu mengapa jeruk nipis ampuh dalam meremajakan kulit? Simak beberapa kandungan dari jeruk nipis yang berperan untuk membuat kulit wajah menjadi awet muda, berikut ini:

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah Awet Muda

Kandungan Jeruk Nipis

Jeruk nipis (Ciltrus aurantifolia) merupakan buah yang biasa digunakan untuk bumbu dapur, penghilang bau amis, serta mengobati sakit batuk dan demam. Selain itu, kandungan dalam jeruk nipis juga sangat berkhasiat untuk membuat wajah awet muda.

Berdasarkan penelitian, jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi dibandingkan jenis buah jeruk lainnya. Kandungan lain pada buah jeruk adalah vitamin A, vitamin B1, AHA (alpha hydroxy acids),  minyak atsiri (flavonoid, linalool, limonene), asam sitrat, asam amino, glikosida, asam sitrun, karbohidrat, kalsium, sulfur, fosfor, zat besi, dan mineral.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kulit Wajah Awet Muda

Jeruk nipis sangat berkhasiat dalam merawat kecantikan kulit wajah. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk-produk kecantikan yang menggunakan ekstrak jeruk nipis sebagai bahan dasar pembuatan produk tersebut.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis sangat bermanfaat untuk kulit awet muda, mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi sel-sel kulit, menguatkan pembuluh darah, serta menjaga elastisitas (kekencangan) kulit.

Sedangkan kandungan AHA (alpha hydroxy acids) berguna untuk membuka pori-pori kulit, sehingga kulit dapat bernafas bebas dan memicu pembentukan kulit yang lebih sehat.

Jeruk nipis juga dipercaya dapat menggangkat komedo dan menghilangkan jerawat.

Cara Penggunaan Jeruk Nipis Sebagai Terapi Kulit

Untuk memperoleh manfaat dari jeruk nipis, anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau menggunakannya sebagai masker wajah.

  1. Konsumsi langsung

Jeruk nipis dapat dikonsumsi secara langsung dengan cara mencampurkan perasan jeruk nipis di dalam air dingin. Anda dapat menambahkan gula untuk mengurangi rasa asam dari jeruk nipis. Konsumsilah secara rutin, maka anda akan merasakan perubahan pada kulit wajah setelah sekitar dua minggu. Dimana wajah akan terlihat lebih segar dan cerah, serta jerawat berkurang.

  1. Masker Wajah

Untuk memperoleh hasil yang lebih optimal, anda dapat menggunakan jeruk nipis sebagai masker wajah. Namun cara ini akan sedikit menimbulkan rasa perih di wajah karena efek kandungan asam dari jeruk nipis.

Caranya adalah dengan meneteskan air perasan jeruk nipis di kapas. Kemudian oleskan merata pada kulit wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Cara lain yang tidak menimbulkan perih adalah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis pada putih telur. Lalu aduk hingga rata dan oleskan pada wajah. Tunggu hingga mengering, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

***

Demikian tips awet muda dengan jeruk nipis. Semoga bermanfaat.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»