Ragam Manfaat dan Khasiat Royal Jelly

DOKTERCANTIK.COM – Lebah memang sudah dipercaya sejak lama mendatangkan kebaikan untuk kesehatan dan kecantikan manusia. Anda tentunya sudah paham bagaimana peran madu dalam dunia kecantikan dan kesehatan bukan? Nah, selain madu, elemen lain terkait lebah yang tidak kalah berkhasiat yaitu royal jelly. Lalu, apa sebenarnya royal jelly itu?

Berkenalan dengan Royal Jelly

Royal jelly merupakan cairan berbentuk susu yang berguna sebagai makanan bagi larva lebah selama 3 hingga 4 hari. Cairan ini dihasilkan kelenjer hypopharyngeal lebah-lebah pekerja. Larva lebah biasa memang mendapatkan makanan royal jelly ini 3 hingga 4 hari, namun untuk calon ratu mendapatkan royal jelly lebih banyak  karena ia bisa mengkonsumsinya hingga dewasa.

Taukah Anda bahwa pada dasarnya, umur ratu lebah jauh lebih lama dibandingkan dengan lebah biasa. Ia bisa hidup sampai berusia 3 hingga 6 tahun, sementara lebah biasa hanya bisa bertahan hidup sekitar 8 minggu. Ratu lebah juga memiliki tubuh yang lebih besar dan mampu menghasilkan banyak telur. Bahkan, selama hidupnya, ia bisa menghasilkan 3 juta telur.

Menurut beberapa penelitian, hal ini disebabkan karena ratu lebah mendapatkan makanan berupa royal jelly lebih banyak dibandingkan lebah-lebah biasa. Dengan kata lain, royal jelly yang dikonsumsi ratu lebah bisa membuatnya hidup lebih lama, bertubuh subur alias gemuk, dan produktif.

Bagaimana royal jelly membuat sang ratu lebah tetap tumbuh subur, sehat dan panjang umur, begitu jugalah royal jelly mampu membuat manusia awet muda, sehat, dan energik. Penasaran bukan?

Ragam Manfaat dan Khasiat Royal Jelly

Kandungan dan Khasiat Royal Jelly

Khasiat royal jelly bagi kecantikan dan kesehatan tidak luput dari kandungan yang terdapat di dalamnya. Royal jelly kaya akan gelatin yang berfungsi sebagai pembentuk kolagen. Seperti yang kita ketahui, kolagen sangat berperan dalam membuat tubuh energik dan segar, serta memperlambat proses penuaan, baik pada kulit atau tulang.

Selain gelatin, royal jelly juga mengandung vitamin B kompleks, A, C, E, asam lemak esensial, asam amino, asam folat, asam nukleat, serta gammaglobulin dan asam decanoic yang dipercaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh serta membuat tubuh tetap segar, energik, dan awet muda.

Khasiat royal jelly untuk kesehatan dan kecantikan ini sudah dikenal luas tidak hanya di Indonesia, tapi di berbagai negara di dunia. Prof. Belvefer, seorang dokter ahli dari Perancis mengungkapkan bahwa royal jelly mampu meremajakan sel-sel tubuh. Sehingga kulitpun bisa awet muda dan tidak gampang keriput. Royal jelly juga mencegah timbulnya kekusaman dan pigmentasi atau bercak hitam pada kulit.

Begitu juga dengan Dr. A. Saenz yang mengungkapkan dalam makalahnya Biology, Biochemistry And The Therapeutic Effecs Of Royal Jelly In Human Pathology bahwa royal jelly ini mampu meningkatkan kualitas hidup seseorang yang telah berusia lanjut.

Selain itu, royal jelly juga berkhasiat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti kondisi tubuh yang lemah, kurangnya nafsu makan, masalah pencernaan, gangguan saraf, asma, migren, parkinson, dan beberapa gangguan kesehatan lainnya.

Yang jelas, khasiat royal jelly terhadap kecantikan dan kesehatan tidak perlu dipertanyakan lagi karena memang sudah terbukti secara ilmiah dan sudah banyak penelitian yang membahas bagaimana kandungan dan khasiatnya.

Royal jelly murni saat ini banyak dijual dipasaran atau toko kesehatan dengan harga yang lumayan mahal seperti halnya madu. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena khasiatnya yang hampir sama dengan madu. Selain royal jelly murni, Anda tentunya juga bisa membeli produk kecantikan yang mengandung royal jelly.

Cara Penyimpanan Royal Jelly

Jika royal jelly murni tidak habis dipakai, maka simpanlah dalam freezer untuk mempertahankan khasiat dan kandungan gizinya. Suhu optimal untuk penyimpanan royal jelly yaitu 20o C. Selain dalam freezer, Anda juga bisa menyimpan royal jelly dalam botol kaca dengan cara mencampurkannya dengan madu murni terlebih dahulu dengan perbandingan 1:9.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *