3 Vitamin Terbaik Untuk Awet Muda

DOKTERCANTIK.COM – Penuaan merupakan hal alami terjadi pada manusia seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan karena menurunnya fungsi organ tubuh, mulai dari kulit hingga organ dalam. Meskipun penuaan pasti terjadi, namun Anda masih bisa mensiasati bagaimana agar penuaan itu tidak terjadi sebelum waktunya dan bagaimana agar menekan terjadinya penuaan.

Pada kenyataannya, penuaan dini inilah yang sering dialami banyak wanita. Mereka masih berusia 20 tahun namun jika dilihat dari penampilannya ia sudah berumur 35 tahun. Inilah yang disebut dengan penuaan dini, yaitu menua sebelum waktunya. Selain itu, setiap orang juga menginginkan awet muda, yaitu terlihat lebih muda dari usianya. Ia berusia 40 tahun tapi jika dilihat dari penampilannya ia masih berusia 20 tahun.

 

Penuaan yang terjadi dengan cepat bisa disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat seperti tidak rajin berolahraga dan pola atau menu makan yang tidak sehat. Pola makan yang tidak sehat inilah yang termasuk penyebab paling besar terjadinya penuaan. Nah, jalan terbaik untuk mencegah penuaan pun bisa dilakukan dengan pola dan menu makan yang sehat ini.

TERKAIT:  12 Khasiat Tea Tree Oil untuk Kecantikan

Salah satu elemen terbaik dari makanan yang langsung menunda dan mencegah terjadinya penuaan dini yaitu vitamin. Ada berbagai jenis vitamin yang dipercaya bisa membuat awet muda dan menekan terjadinya penuaan dini, namun 3 jenis vitamin berikut berada di urutan paling utama.

3 Vitamin Terbaik Untuk Awet Muda

Apa saja 3 vitamin paling handal untuk awet muda tersebut? Simak ulasannya berikut ini :

Vitamin C (Asam Askorbat)

Khasiat vitamin C untuk awet muda sebenarnya tidak perlu dipertanyakan lagi karena sudah diketahui sejak lama dan telah terbukti secara ilmiah. Dalam kecantikan, vitamin C sangat berperan penting dalam menjaga kecantikan kulit. Beberapa masalah kulit seperti kering, berminyak, jerawat, bekas, luka, hingga garis-garis penuaan bisa hilang jika vitamin C dalam tubuh tercukupi. Dengan kulit yang sehat, cantik dan tanpa penuaan, secara otomatis Anda telah awet muda.

TERKAIT:  Kandungan dan Manfaat NourishSkin

Selain untuk kecantikan, vitamin C sangat berkhasiat dalam menangkal segala penyakit dalam tubuh, mulai dari penyakit ringan hingga mematikan. Sumber terbaik mendapatkan vitamin C yaitu jeruk, lemon, pepaya, jambu biji, tomat, mangga, dan beberapa jenis buah lainnya.

Vitamin E (Tokoferol)

Sama halnya dengan vitamin C, vitamin E juga bisa membuat Anda awet muda dengan cara mencegah terjadinya penuaan dan keriput pada kulit. Vitamin E bisa meningkatkan produksi kolagen sehingga juga bermanfaat baik bagi kulit. Selain itu, kulit kusam karena radikal bebas atau cahaya matahari, kasar, kering, atau bersisik juga bisa di atasi dengan mengkonsumsi vitamin E.

Selain kulit, vitamin E juga baik bagi kesehatan mata, terlebih dalam mengatasi masalah katarak. Sumber vitamin E terbaik bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan, minyak sayur, sereal, bayam, daging rendah lemak, buah-buahan, dan telur.

Vitamin K

Vitamin K bisa membuat awet muda lantaran ia sangat baik dalam menjaga kekuatan tulang. Seiring bertambahnya usia, tulang juga bisa mengalami penuaan dan keropos, akibatnya aktivitas yang serba padat mulai terganggu.

TERKAIT:  Rahasia Agar Senantiasa Awet Muda

Selain mempertahankan fungsi tulang, vitamin K juga bisa menjaga keelastisan kulit, menyamarkan lingkar hitam pada mata, menghilangkan bekas luka, dan membantu melancarkan peredaran darah dan nutrisi ke kulit. Sumber vitamin K terbaik bisa Anda dapatkan dari selada, bayam, kentang, anggur, alpukat, kiwi, kacang-kacangan dan hati sapi.

***

Tiga jenis vitamin di atas tidak hanya bisa Anda dapatkan lewat makanan. Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen agar vitamin tersebut semakin tercukupi dalam tubuh. Hanya saja, mengkonsumsi suplemen bisa menimbulkan efek samping tertentu bagi tubuh jika tidak sesuai dosis atau kelebihan.

Untuk itu, jika Anda memutuskan mengkonsumsi suplemen, maka konsultasilah terlebih dahulu dengan dokter. Atau, jika ingin metode paling aman, maka manfaatkan makanan di atas untuk mendapatkan khasiat vitamin.