4 Cara Memanfaatkan Asam Jawa Sebagai Pemutih Kulit

DOKTERCANTIK.COM – Cantik seringkali diidentikkan kulit yang mulus dan cerah, terutama kulit wajah. Wajah yang cerah atau putih juga memberikan kesan yang bersih dan sehat. Nah, untuk mendapatkan predikat cantik tersebut, para wanita rela melakukan berbagai cara buat memutihkan kulit.

Ada yang rela mengeluarkan uang banyak demi mendapatkan perawatan kecantikan untuk kulit putih di salon-salon kecantikan ternama, dan ada juga yang memilih untuk menggunakan produk-produk pemutih yang beredar di pasaran. Padahal tidak semua produk yang beredar di pasaran aman untuk kita gunakan.

Memang produk-produk tersebut menjanjikan kita hasil yang menggiurkan dengan mendapatkan kulit wajah putih dalam waktu singkat, nah disitulah sebenarnya masalahnya. Merubah warna kulit dalam waktu singkat hanya bisa dilakukan oleh bahan-bahan kimia. Dengan kata lain, produk-produk pemutih kebanyakan berbahaya untuk kulit kita karena mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Nah, buat kamu yang ingin melakukan perawatan kecantikan dengan biaya hemat dan aman, kamu kamu bisa kok mendapatkan kulit wajah yang putih cerah dengan bahan alami. Ada bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah? Ada kok.

Banyak malah bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, salah satunya dengan menggunakan asam jawa. Kamu tahu asam jawa kan? Para wanita pasti tau lah ya? Sebab asam jawa merupakan salah satu rempah yang berguna sebagai penyedap rasa makanan.

4 Cara Memanfaatkan Asam Jawa Sebagai Pemutih Kulit

Khasiat asam jawa untuk kulit wajah putih

Tidak hanya bermanfaat dalam dunia masak-memasak saja, asam jawa ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan, khususnya untuk mendapatkan kulit wajah yang putih dan cerah. Manfaat asam jawa untuk kecantikan ini berasal dari kandungan yang terdapat di dalamnya seperti kandungan serat, enzim, vitamin B, asam alpha hydroxyl serta vitamin C.

Kandungan mana yang paling berkhasiat untuk mendapatkan kulit wajah yang putih? Yup, kandungan vitamin C. Pernah dengar suntik vitamin C kan? Itu lho salah satu tren kecantikan untuk memutihkan kulit. Nah, di dalam asam jawa terkandung vitamin C tersebut, jadi kita bisa memanfaatkan vitamin C untuk memutihkan kulit.

Kandungan penting lainnya yaitu alpha hydroxyl. Kandungan asam ini berperan dalam mengangkat sel-sel kulit mati sehingga bisa menghilangkan bekas-bekas hitam akibat luka, jerawat atau masalah kulit wajah kusam lainnya.

Cara memanfaatkan asam jawa untuk memutihkan wajah

Tidak hanya sebagai masker, Asam jawa bisa kita olah  dengan berbagai cara untuk mendapatkan kulit wajah yang putih dan cerah secara alami. Kita bisa memanfaatkan asam jawa untuk beberapa perawatan. Berikut manfaat asam jawa untuk mendapatkan kulit wajah yang putih serta cara membuatnya.

Pertama, pembersih wajah

Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, pastinya kita harus menjaga kebersihan wajahkan? Hal ini untuk  mencegah bakteri dan debu menempel di kult dan menyebabkan kulit menjadi kusam. Nah, asam jawa ini bisa kita manfaatkan untuk pembersih wajah. Caranya? Rendam asam dalam air dan gunakan air rendaman untuk mencuci wajah sebagai bilasan.

Kedua, sebagai masker wajah

Kita juga bisa mengolah asam jawa sebagai masker wajah, caranya? Siapkan sepotong asam jawa. Haluskan dan campurkan dengan susu hingga membentuk pasta. Aplikasikan pada wajah sebagai masker. Biarkan kering dan bilas hingga bersih.

Ketiga, scrub wajah

Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, kita harus menyingkirkan kulit-kulit mati yang ada di wajah. Untuk itu, kita bisa menjadikan asam jawa sebagai scrub. Caranya, cukup dengan menggosokkan asam jawa pada wajah.

Keempat, jus asam jawa

Selain merawat kulit dari luar, kita tentunya juga harus merawat kulit dari dalam, caranya adalah dengan memenuhi nutrisi kulit untuk menjaga kesehatan sel-sel kulit. Asam jawa juga bisa kita jadikan untuk merawat kulit wajah dari dalam. Caranya dengan mengkonsumsi jus asam jawa.

Untuk membuat jus asam jawa, bersihkan 3 buah asam jawa yang akan dipakai jus, buang seluruh bijinya, kemudian rendam dalam sedikit air hangat. Kamu bisa meminumnya secara teratur untuk hasil yang maksimal. Apabila jus ini dirasa terlalu pekat atau asam, kamu bisa menambahkan sedikit air atau campuran madu.

Nah, itulah manfaat serta cara-cara mengolah asam jawa untuk mendapatkan kulit wajah yang putih cerah secara alami. Selamat mencoba ya. Tapi ingat, karena terlalu terobsesi untuk putih kita terkadang kalap sehingga melakukan perawatan dengan frekuensi yang sangat sering.

Khusus untuk penggunaan asam jawa, jangan terlalu sering ya, sebab asam jawa bisa menyebabkan kulit kering. Jadi lakukan maksimal dua kali seminggu saja agat kulit putih yang kamu harapkan tidak dibarengi dengan kulit kering.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu